... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Muhaimin Iskandar: Persatuan Mensyaratkan Keadilan dan Penegakan Hukum

Foto: Aksi massa pendukung Ahok di depan Rutan Cipinang berlangsung rusuh

Kiblat.net – Jakarta, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar mengungkap hasil pertemuannya elit politik dan tokoh agama. Salah satu poinnya, dia menyerukan keadilan dan penegakan hukum yang fair demi terciptanya persatuan.

Pertemuan yang digelar di rumah Cak Imin di bilangan Ciganjur, Jakarta Selatan itu menelurkan ‘Seruan Merah Putih’. Ada delapan poin dalam seruan tersebut.

“Pertama, para pemimpin perlu memperlihatkan kepada publik bahwa kita dapat bergandengan tangan bersama-sama memberi jalan keluar bagi persoalan bangsa,” ujar Cak Imin usai pertemuan di Ciganjur, Jagakarasa, Jakarta Selatan, Selasa (23/5/2017).

Kedua, Muhaimain melanjutkan, tugas pemimpin adalah memberi teladan dan inspirasi. Melalui seruan itu dia mengajak semua umat dan kosntituen, untuk menjaga tali persaudaraan dan bereaksi proporsional. Menurutnya, perbedaan adalah hal yang alamiah dan sehat. Namun dalam setiap reaksi, tidak boleh melampui rambu-rambu penegakan hukum.

Ketiga, tokoh-tokoh agama dapat membantu menyiarkan kepada umat bahwa perbedaan adalah rahmat, yang perlu diterima dengan baik. Keempat, terlepas dari banyaknya problem yang dihadapi oleh bangsa Indonesia, kami optimis bahwa kita akan mampu keluar dari situasi yang sulit.

“Sejarah telah menunjukan bahwa bangsa Indonesia selalu menemukan solusi bagi krisis politik, ekonomi maupun sosialnya. Tugas para pemimpin adalah mempercepat proses ini,” lanjutnya.

Keenam, semua komponen bangsa harus melakukan intropeksi diri untuk mendinginkan situasi. Selanjutnya, dia mengatakan agar pertemuan semacam ini perlu ditindaklanjuti secara rutin, dan bukan hanya ditingkat pimpinan, tapi juga sampai ke akar rumput.

BACA JUGA  Menag Sebut Sertifikasi Penceramah Tidak Wajib

Terakhir, pihaknya mendorong negara untuk menegakan hukum dan keadilan, agar dapat memelihara persatuan. “Persatuan di sebuah negara majemuk, mensyaratkan adanya keadilan dan penegakan hukum yang fair,”tutupnya.

Seperti diketahui, penegakan hukum dan keadilan oleh aparat akhir-akhir ini tengah mendapatkan sorotan. Pasalnya, publik mencatat adanya perbedaan perlakuan polisi terhadap aksi-aksi dan kegiatan yang dilakukan umat Islam dan pendukung terpidana penista agama, Ahok.

Reporter: Furqon Amrulloh
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Iran

Jejak Panjang Garda Revolusi dalam Mempengaruhi Hasil Pemilu di Iran

Jejak Panjang Garda Revolusi Dalam Mempengaruhi Hasil Pemilu di Iran

Rabu, 24/05/2017 14:15 0

Inggris

Kisah di Balik Bom Manchester: Pengakuan Seorang Gadis Diselamatkan Sopir Taksi Muslim

Seorang gadis dari kota Manchester -tempat terjadinya pemboman saat konser- memberikan pembelaan terhadap Muslim terhadap serangan rasis dalam sebuah tweet.

Rabu, 24/05/2017 13:53 0

Video Kajian

Tabligh: Mengubah Konsep Wahyu

KIBLAT.NET – Tabligh: Mengubah Konsep Wahyu. Banyak dari kalangan yang selalu ingin merubah originalitas wahyu...

Rabu, 24/05/2017 12:33 0

Artikel

Bersiap Menjemput Ramadhan

Jika nasehat di atas dikaitkan dengan bulan Ramadhan, maka orang yang beruntung adalah orang yang Ramadhannya tahun ini lebih baik dibanding tahun lalu

Selasa, 23/05/2017 21:00 0

Suriah

ISIS Mulai Larang Anggotanya Gunakan Medsos

Organisasi Daulah Islamiyah (ISIS) baru-baru ini mengeluarkan surat edaran resmi kepada anggotanya melarang penggunaan media sosial. Hal ini untuk menghindari pantauan koalisi pimpinan AS.

Selasa, 23/05/2017 20:15 0

Manhaj

Bertahap (Tadarruj) Dalam Menegakkan Syariat Islam

Namun demikian perlu diperhatikan juga bahwa penerapan konsep tadarruj di sini benar-benar terukur sesuai dengan realitas masyarakat setempat. Tadarruj dilakukan memang butuh masa untuk melakukan edukasi kepada masyarakat, bukan karena ingin menghindar tegaknya syariat, apalagi dalam rangka membenarkan hukum jahiliyah. Sebab, menolak syariat jelas-jelas perbuatan yang membatalkan iman.

Selasa, 23/05/2017 20:10 0

Uncategorized

9 Cara Terbaik Menyambut Bulan Suci Ramadhan

“Dulu para sahabat, selama enam bulan sebelum datang Ramadhan, mereka berdoa agar Allah mempertemukan mereka dengan bulan Ramadhan. Kemudian, selama enam bulan sesudah ramadhan, mereka berdoa agar Allah menerima amal mereka selama bulan Ramadhan.”

Selasa, 23/05/2017 19:15 0

Tazkiyah

Mujahid, Sang Pemburu Keajaiban

Mujahid melihat keduanya (Harut dan Marut) dalam keadaan tergantung terbalik seperti dua gunung yang sangat besar. Saat mujahid melihatnya, ia berucap, “Subhânallâhi Khâliqihumâ (Mahasuci Allah, Pencipta keduanya).”

Selasa, 23/05/2017 15:00 0

Rohah

Laki-laki Hamil, Kok Bisa?

Setelah menikah dan hidup bersamanya, aku terkejut melihat perutnya yang membesar. Pada awalnya, kami mengira ia terkena penyakit busung lapar, Ternyata dia hamil.

Selasa, 23/05/2017 13:45 0

Analisis

Analisis: Dibalik Pencabutan Banding Ahok

Pencabutan banding sebagaimana dimaksudkan oleh Ahok telah menuai spekulasi, ada apa gerangan?

Selasa, 23/05/2017 09:12 0

Close