... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Keluarga Dilarang Dampingi Al Khaththath di RS, TPM: Itu Pelanggaran HAM

Foto: Sekjen FUI Muhammad-Al-Khaththath (foto: Indowarta)

KIBLAT.NET, Jakarta – Pelarangan keluarga untuk mendamping Al Khaththath di rumah sakit mulai dipersoalkan. Ketua Tim Pembela Muslim (TPM), Ahmad Michdan menegaskan bahwa larangan tersebut merupakan tindakan pelanggaran terhadap HAM.

“Itu pelanggaran hak asasi. Sebetulnya, seorang yang ditahan meskipun belum menjadi napi ia tentu mempunyai hak untuk dibesuk oleh keluarganya. Apa lagi dia dalam keadaan sakit,” tegas Ahmad Michdan kepada Kiblat.net di 88 Tower, Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.

Sementara itu, nasib Al Khaththath rupanya juga telah didengar oleh Komnas HAM. Berdasarkan keterangan Michdan, pada Selasa (23/05) Komnas HAM mengirimkan surat meminta penangguhan penahanan Al Khaththath untuk kedua kalinya.

“Tadi sebelum ke sini saya juga mengingatkan kepada (pihak kepolisian) supaya istrinya bisa besuk. Ya, apalagi dia dalam keadaan sakit. Hari ini pun, Komnas HAM juga telah mengirimkan surat penangguhan terkait proses penahananya. Ini sudah yang kedua kali,” sambungnya.

Sebagaimana diketahui, Al Khaththath yang sejak Kamis pekan lalu mendapatkan perawatan di RS Bhayangkara yang tidak jauh dari Mako Brimob, setelah sehari sebelumnya mengalami muntah-muntah. Perawatan diperoleh, setelah adanya desakan kepada kepolisian dari pihak keluarga dan TPM.

Namun, Ummu Hafiz istri dari Muhammad Al Khaththath tetap dilarang kepolisian untuk mendampingi suaminya yang terbaring di rumah sakit. Keluarga justru dipaksa pulang setelah menghantarkan Al Khaththath ke RS Bhayangkara.

Michdan menjelaskan bahwa pelarangan tersebut mengundang tanda tanya atas tindakan yang dilakukan oleh oknum penyidik. Menurutnya, usaha untuk pembebasan sekjen FUI itu akan terus berlanjut. TPM pun mengutamakan agar Al Khaththath bisa menjalankan ibadah puasa Ramadhan bersama keluarga.

“Tindakan akan berlanjut. Kita akan memprioritaskan pertama, bukan hanya bisa dibesuk. Tapi juga bagaimana supaya Ramadhan ini ustadz Khaththath bisa ditangguhkan penahanannya. Kalau tidak bisa saja kemudian kami mempersoalkan. Apakah oknum penyidikan telah melanggar haknya?,” pungkasnya.

 

 

Reporter: Syafi’i Iskandar
Editor: Jon Muhammad

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Artikel

Bersiap Menjemput Ramadhan

Jika nasehat di atas dikaitkan dengan bulan Ramadhan, maka orang yang beruntung adalah orang yang Ramadhannya tahun ini lebih baik dibanding tahun lalu

Selasa, 23/05/2017 21:00 0

Suriah

ISIS Mulai Larang Anggotanya Gunakan Medsos

Organisasi Daulah Islamiyah (ISIS) baru-baru ini mengeluarkan surat edaran resmi kepada anggotanya melarang penggunaan media sosial. Hal ini untuk menghindari pantauan koalisi pimpinan AS.

Selasa, 23/05/2017 20:15 0

Manhaj

Bertahap (Tadarruj) Dalam Menegakkan Syariat Islam

Namun demikian perlu diperhatikan juga bahwa penerapan konsep tadarruj di sini benar-benar terukur sesuai dengan realitas masyarakat setempat. Tadarruj dilakukan memang butuh masa untuk melakukan edukasi kepada masyarakat, bukan karena ingin menghindar tegaknya syariat, apalagi dalam rangka membenarkan hukum jahiliyah. Sebab, menolak syariat jelas-jelas perbuatan yang membatalkan iman.

Selasa, 23/05/2017 20:10 0

Uncategorized

9 Cara Terbaik Menyambut Bulan Suci Ramadhan

“Dulu para sahabat, selama enam bulan sebelum datang Ramadhan, mereka berdoa agar Allah mempertemukan mereka dengan bulan Ramadhan. Kemudian, selama enam bulan sesudah ramadhan, mereka berdoa agar Allah menerima amal mereka selama bulan Ramadhan.”

Selasa, 23/05/2017 19:15 0

Tazkiyah

Mujahid, Sang Pemburu Keajaiban

Mujahid melihat keduanya (Harut dan Marut) dalam keadaan tergantung terbalik seperti dua gunung yang sangat besar. Saat mujahid melihatnya, ia berucap, “Subhânallâhi Khâliqihumâ (Mahasuci Allah, Pencipta keduanya).”

Selasa, 23/05/2017 15:00 0

Rohah

Laki-laki Hamil, Kok Bisa?

Setelah menikah dan hidup bersamanya, aku terkejut melihat perutnya yang membesar. Pada awalnya, kami mengira ia terkena penyakit busung lapar, Ternyata dia hamil.

Selasa, 23/05/2017 13:45 0

Analisis

Analisis: Dibalik Pencabutan Banding Ahok

Pencabutan banding sebagaimana dimaksudkan oleh Ahok telah menuai spekulasi, ada apa gerangan?

Selasa, 23/05/2017 09:12 0

News

Ramadhan 2017 Suhu Panas Meningkat, Berikut Daftar Durasi Puasa di Seluruh Dunia

Greenland dan Islandia akan mengalami rentang puasa terlama yaitu berkisar 21 jam. Sedangkan yang paling singkat dengan rentang waktu puasa 11 jam adalah Argentina dan Australia.

Senin, 22/05/2017 21:03 0

Asia

Zakir Naik Dikabarkan Jadi Warga Negara Saudi, IRF Angkat Bicara

Islamic Research Foundation (IRF) yayasan yang didirikan oleh Dr Zakir Naik menepis kabar tersebut.

Senin, 22/05/2017 14:56 0

Amerika

Ingatan Netizen: Trump Pernah Menghina Arab Saudi

Namun, ada yang menarik pada status Twitter Donald Trump sebelumnya. Pada 2014 silam, Trump pernah menulis status bernada penghinaan terhadap negeri pemilik dua tanah suci tersebut. Status ini dibuat sebelum dirinya dinobatkan menjadi Presiden Amerika Serikat pengganti Obama.

Senin, 22/05/2017 12:37 0