... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

In Depth

Analisis: Dibalik Pencabutan Banding Ahok

Foto: Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok saat sidang (foto: Poskota News)

KIBLAT.NET – Pencabutan banding sebagaimana dimaksudkan oleh Ahok telah menuai spekulasi, ada apa gerangan?Tentu suatu hal yang tidak lazim dilakukan, terlebih lagi sebelumnya yang bersangkutan demikian semangat untuk banding.

Jika alasannya menunjuk pada suatu pengalaman sebelumnya bahwa putusan Pengadilan Tinggi justru menambah hukuman pidana tentu dapat dibenarkan.

Namun, perlu untuk diperhatikan tentang upaya Jaksa untuk banding pula. Bandingnya Jaksa semakin menarik untuk dikritisi, jika dimaksudkan agar Pengadilan Tinggi memvonis sesuai tuntutan Penuntut Umum, yakni 1 tahun pemidanaan dengan masa percobaan selama 2 tahun.

Kita berasumsi, jika terjadi hal demikian dapat kita katakan telah terjadi “mutasi banding”. Sekali lagi ini suatu hal yang tidak lazim. Telah terjadi pergeseran paradigma banding yang tentu tidak sesuai dengan makna dan tujuan banding. Analisis saya terhadap mutasi banding ini adalah sebagai berikut:

Pertama, seandainya upaya banding Jaksa gagal, maka hampir dapat dipastikan Jaksa tidak akan kasasi. Dengan demikian putusan menjadi inkraht.

Kedua, terhadap putusan yang telah inkraht tersebut, Ahok akan mengajukan PK dan/atau Grasi. Disini akan terlihat, apakah PK terlebih dahulu atau Grasi terlebih dahulu atau keduanya dimajukan berbarengan.

Menjadi pertanyaan, bagaimana jika Grasi terlebih dahulu atau Grasi dan PK disampaikan berbarengan? Akankah salah satunya mampu merubah “nasib” Ahok?

Jawaban atas pertanyaan ini tentulah tidaklah sesulit jika Ahok mengajukan upaya banding.

BACA JUGA  Menag Fachrul Razi, Jerami Terakhir di Punggung Jokowi?

Demikian pendapat saya.

 

Jakarta, 23 Mei 2017

DR.H. Abdul Chair Ramadhan, SH, MH.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Dari Keutuhan NKRI hingga Kemerdekaan Palestina, IMM Keluarkan 19 Resolusi Sambut Harkitnas

Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasaiswa Muhammadiyah (DPP IMM) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) dalam menyongsong momentum Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) di kota Medan, Senin (22/05).

Selasa, 23/05/2017 07:18 0

Indonesia

IMM Sebut ‘Kebangkitan Nasional’ Masih Memprihatinkan

Ketua DPP IMM Bidang Hikmah, Muhammad Solihin memandang bahwa kondisi bangsa di hari kebangkitan nasional masih sangat memprihatinkan. Menurutnya, ancaman kedaulatan dan perpecahan masih mengintai bangsa Indonesia.

Selasa, 23/05/2017 06:36 0

Indonesia

Soal Makar Minahasa, Mustofa Kritik Pernyataan Kapolda Sulut

Aktivis muda Muhammadiyah, Mustofa Nahrawardaya mengkritisi pernyataan Kapolda Sulawesi Utara terkait usaha sekelompok orang yang menyuarakan "Minahasa Merdeka". Ia mengatakan seharusnya pernyataan tersebut seharusnya tidak keluar dari seorang aparat penegak hukum.

Selasa, 23/05/2017 06:01 0

Indonesia

Cornelis Disarankan Pelajari Sikap Para Pemimpin Muslim

"Sebagai pemimpin daerah, ia harus mencontoh para pemimpin muslim yang tidak ada melakukan apa yang dilakukannya, yaitu telah menyudutkan suatu agama dan kelompok tertentu," ujarnya pada Kiblat.net, saat ditemui di Jakarta Selatan, Ahad (21/05).

Senin, 22/05/2017 23:00 0

Indonesia

Situs Humas Polri Dihack, Diduga Terkait Chat Firza Husein

Akun Instragam yang menamakan diirinya dengan @army_anons mengumumkan meretas situs Humas Polri yang beralamatkan Humas.polri.go.id pada Senin (22/05). Sampai saat ini (pukul 22.00 WIB), website tersebut masih belum bisa diakses.

Senin, 22/05/2017 22:13 0

News

Ramadhan 2017 Suhu Panas Meningkat, Berikut Daftar Durasi Puasa di Seluruh Dunia

Greenland dan Islandia akan mengalami rentang puasa terlama yaitu berkisar 21 jam. Sedangkan yang paling singkat dengan rentang waktu puasa 11 jam adalah Argentina dan Australia.

Senin, 22/05/2017 21:03 0

Indonesia

Pakar: Jokowi Tak Bisa Hanya Biarkan Deklarasi Minahasa Merdeka

Pengamat hukum tata Negara, Margarito Kamis, menilai bahwa deklarasi “Minahasa Merdeka” hanya sekadar ekspresi kekecewaan atas ditahannya Ahok setelah terbukti bersalah dalam kasus penistaan agama. Apalagi, setelah mereka merasa Presiden Joko Widodo yang merupakan sahabat Ahok, tidak melakukan upaya untuk membebaskan gubernur non aktif itu.

Senin, 22/05/2017 21:00 0

Indonesia

Diajak Rapat DPR Soal Pembatasan Miras, Pemerintah Mangkir

Anggota Komisi I DPR RI, Arwani Thomafi, mengungkapkan bahwa pemerintah masih belum menyetujui beberapa usulan DPR untuk membatasi peredaran minuman beralkohol. Ia juga menyayangkan sikap pemerintah yang tidak pernah hadir dalam rapat Panitia Kerja (Panja).

Senin, 22/05/2017 20:35 0

Indonesia

Mustofa Nahra: Gubernur Cornelis Bisa Dikenakan UU ITE

Pernyataan provokatif Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis nampaknya berbuntut panjang. Aktivis Muhammadiyah, Musthofa Nahrawardaya menilai Cornelis tidak bisa menempatkan dirinya sebagai pemimpin daerah yang mengayomi banyak orang.

Senin, 22/05/2017 20:10 1

Indonesia

Mahasiswa Dihadang Menuju Istana, Orator: Apa Kita Harus Pakai Baju Kotak-kotak?

Langkah massa dari mahasiswa terhenti di depan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK RI) di Jl. Medan Merdeka Barat No. 3. Jakarta Pusat.

Senin, 22/05/2017 18:49 0

Close