... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Ramadhan 2017 Suhu Panas Meningkat, Berikut Daftar Durasi Puasa di Seluruh Dunia

Foto: Peta Dunia

KIBLAT.NET – Bulan Ramadhan 1438 H tinggal menghitung hari. Bulan suci penuh berkah ini selalu dinanti-nantikan oleh kaum Muslimin di seluruh penjuru dunia. Ibadah puasa yang dijalankan selama siang hari di bulan Ramadhan menjadi momen berharga bagi umat Islam.

Namun, kemiringan sumbu rotasi bumi dalam mengitari matahari membuat durasi waktu puasa di setiap negara di belahan dunia berbeda-beda. Maka tak heran, bila ada negara yang memiliki waktu siang lebih lama ketimbang malam ataupun sebaliknya. Sehingga, situasi tersebut berimbas pada durasi puasa di dunia.

Selain itu, tahun ini Ramadan datang saat musim panas di belahan bumi utara sehingga menyebabkan waktu siang yang lebih panjang. Sebaliknya, di belahan bumi bagian selatan mengalami musim dingin sehingga waktu puasa akan lebih singkat.

Menurut astrolog, belahan bumi bagian utara tidak hanya mengalami puasa dengan kurun waktu terpanjang. Akan tetapi, juga mengalami masa-masa paling panas setidaknya dalam kurun 33 tahun terakhir.

Ini karena Matahari melewati Tropic of Cancer di belahan bumi utara. Sehingga, menjadikannya puncak musim panas di belahan bumi utara dan musim dingin di belahan bumi bagian selatan.

Tahun lalu, durasi puasa di seluruh dunia berkisar antara 11 hingga 22 jam. Namun di tahun 1438 H/ 2017 M, durasi puasa justru lebih pendek dari Ramadhan sebelumnya yaitu antara 11 jam hingga 21 jam.

BACA JUGA  Takmir Masjid Beberkan Alasan UGM Tolak Ustadz Abdul Somad

Ramadhan tahun ini juga dikatakan sebagai yang terpanas dalam sejarah karena sebagian besar dunia berada di bawah musim panas. Sementara, diperkirakan suhu di beberapa bagian Arab Saudi mungkin mencapai 60 derajat. Suhu udara akan berkisar antara 45 dan 50 derajat celcius di Al-Kharj dan, Al-Ahsa, Riyadh, Madinah dan Qassim.

Greenland dan Islandia akan mengalami rentang puasa terlama yaitu berkisar 21 jam. Sedangkan yang paling singkat dengan rentang waktu puasa 11 jam adalah Argentina dan Australia.

Baca halaman selanjutnya: Laman Gulfnews telah melakukan...

Halaman Selanjutnya 1 2
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Pakar: Jokowi Tak Bisa Hanya Biarkan Deklarasi Minahasa Merdeka

Pengamat hukum tata Negara, Margarito Kamis, menilai bahwa deklarasi “Minahasa Merdeka” hanya sekadar ekspresi kekecewaan atas ditahannya Ahok setelah terbukti bersalah dalam kasus penistaan agama. Apalagi, setelah mereka merasa Presiden Joko Widodo yang merupakan sahabat Ahok, tidak melakukan upaya untuk membebaskan gubernur non aktif itu.

Senin, 22/05/2017 21:00 0

Indonesia

Diajak Rapat DPR Soal Pembatasan Miras, Pemerintah Mangkir

Anggota Komisi I DPR RI, Arwani Thomafi, mengungkapkan bahwa pemerintah masih belum menyetujui beberapa usulan DPR untuk membatasi peredaran minuman beralkohol. Ia juga menyayangkan sikap pemerintah yang tidak pernah hadir dalam rapat Panitia Kerja (Panja).

Senin, 22/05/2017 20:35 0

Indonesia

Mustofa Nahra: Gubernur Cornelis Bisa Dikenakan UU ITE

Pernyataan provokatif Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis nampaknya berbuntut panjang. Aktivis Muhammadiyah, Musthofa Nahrawardaya menilai Cornelis tidak bisa menempatkan dirinya sebagai pemimpin daerah yang mengayomi banyak orang.

Senin, 22/05/2017 20:10 1

Indonesia

Mahasiswa Dihadang Menuju Istana, Orator: Apa Kita Harus Pakai Baju Kotak-kotak?

Langkah massa dari mahasiswa terhenti di depan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK RI) di Jl. Medan Merdeka Barat No. 3. Jakarta Pusat.

Senin, 22/05/2017 18:49 0

Indonesia

Demo Mahasiswa Tuntut Janji-janji Jokowi

Mahasiswa dari berbagai kampus di Indonesia turun ke jalan menuntut keadilan terhadap Presiden Joko Widodo, Senin (22/05). Mereka menagih janji-janji Jokowi selama masa kampanye yang akan mensejahterahkan rakyat.

Senin, 22/05/2017 17:43 0

Indonesia

Mahasiswa Turun ke Jalan, Ajukan 7 Gugatan ke Jokowi

Massa aksi, yang merupakan gabungan mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) mengajukan 7 tuntutan kepada pemerintah Jokowi, yang disingkat dengan TUGU RAKYAT (Tujuh Gugatan Rakyat):

Senin, 22/05/2017 16:24 0

Indonesia

9 Pesan Amien Rais untuk Presiden Jokowi

Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah menggelar "Refleksi 19 Tahun Reformasi-Menggembirakan Demokrasi Tribute to Amien Rais" di kantor PP Muhammadiyah Jakarta, Sabtu (20/05).

Senin, 22/05/2017 13:40 0

Indonesia

Kasus Ranu, Pemuda Muhammadiyah: Kenapa Pemilik Kafe Tidak Diproses?

Sekretaris Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Pedri Kasman mengkritisi profesionalitas penegak hukum dalam kasus penangkapan wartawan Panjimas.com, Ranu Muda. Ia mempertanyakan kenapa pemilik kafe Sosial Kitchen tidak diperiksa.

Senin, 22/05/2017 13:15 0

Indonesia

Pemuda Muhammadiyah Minta Jokowi Bentuk Tim Pencari Fakta Teror Novel Baswedan

Permintaan itu disampaikan melalui surat kepada presiden Jokowi dan Komnas HAM

Senin, 22/05/2017 11:55 0

Indonesia

Penanganan Kasus Penyiraman Air Keras Terhadap Novel Baswedan Dinilai Banyak Keganjilan

Selain ganjil, penanganan teror terhadap Novel terkesan lamban. Padahal Densus 88 Polisi "hebat" dalam menangani kasus terorisme

Senin, 22/05/2017 10:59 0

Close