... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

JITU Gelar Diskusi Publik Angkat Kasus Kriminalisasi Jurnalis Ranu Muda

Foto: Jurnalis Islam Bersatu (JITU) menggelar diskusi publik terkait Ranu ancaman kriminalisasi jurnalis di Hotel Sofyan Tebet.

KIBLAT.NET, Jakarta – Jurnalis Islam Bersatu (JITU) bekerjasama dengan Pusat Edukasi, Rehabilitasi, dan Advokasi Yayasan Perisai Nusantara Esa menggelar diskusi publik bertema “Ranu dan Ancaman Kriminalisasi Jurnalis”. Acara diselenggarakan di Hotel Sofyan Inn, Tebet, Jakarta, pada Ahad (21/05/2017).

Hadir pada kesempatan itu, Dewan Syuro JITU Mahladi Murni, Pengacara Publik LBH Pers Gading Yonggar, Anggota Komisi I DPR Arwani Thomafi, Sekretaris PP Pemuda Muhammadiyah Pedri Kasman, Advokat Senior Munarman, dan Pengurus Majelis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah Mustofa Nahrawardaya.

Pimpinan Redaksi (Pimred) Kelompok Media Hidayatullah (KMH), Mahladi Murni menyampaikan, Ranu Muda Adi Nugroho terkategori melakukan tugas jurnalistik saat terjadi sweeping sebuah tempat hiburan malam oleh ormas Laskar Umat Islam Solo (LUIS) beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan bahwa definisi jurnalistik adalah kegiatan mencari, mengedit berita yang dipublikasikan di media baik cetak maupun elektronik.

“Dari definisi tersebut Ranu termasuk kategori jurnalis,” ujarnya.

Hal itu, sambung Mahladi, karena Ranu bekerja di sebuah media yang memiliki legalitas, melakukan aktivitas jurnalistik, dan apalagi juga sebagai redaktur pelaksana dalam struktur redaksi.

Terkait pertanyaan apakah dibenarkan seorang jurnalis mengikuti rapat dengan narasumber sebagaimana Ranu yang diundang oleh LUIS sebelum melaksanakan aksinya, Mahladi mengatakan, hal itu adalah suatu yang wajar.

Mantan jurnalis Harian Republika ini mencontohkan, bagaimana biasanya jurnalis juga mengikuti pengarahan dari kepolisian ketikan akan melakukan penggerebekan suatu tindak kejahatan.

BACA JUGA  Terkait New Normal, PKS Kritik Keras Rencana Pembukaan Sekolah

Termasuk, lanjutnya, ikut bersama dalam satu kendaraan dengan narasumber.

Hanya saja, setelah tiba di lokasi sang jurnalis melakukan tugasnya dalam peliputan seperti memotret, mencari informasi sebanyak mungkin, yang mana membuat jurnalis tidak sempat membantu korban.

“Karena memang biasanya mendahulukan tugas jurnalistiknya. Itu juga yang dilakukan Ranu,” imbuhnya.

Selain itu, lanjut Mahladi, yang menegaskan bahwa apa yang dilakukan Ranu adalah aktivitas jurnalistik karena usai kejadian Ranu telah membuat dan mempublikasi hasil liputannya.

“Paginya sudah membuat artikel tentang liputannya semalam. Jelas Ranu melakukan tugas jurnalistik,” tandasnya.

Namun, Dewan Syuro Jurnalis Islam Bersatu (JITU) ini menyayangkan, pihak kepolisian yang menganggap Ranu bagian dari ormas LUIS yang melakukan sweeping terhadap tempat maksiat Social Kitchen.

Untuk diketahui, saat ini kasus Ranu sedang bergulir di persidangan. Ranu dituntut oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dengan hukuman 6 bulan penjara. Sedangkan pembacaan putusan akan dibacakan oleh hakim pada 29 Mei mendatang.

Reporter: Yahya G. Nasrullah/INA


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Opini

Analisis Yuridis Kasus Firza Husein

Proses hukum terhadap Firza Husein (FH) menuai polemik di masyarakat. Polemik tersebut berujung adanya dugaan terjadinya “kriminalisasi” terhadap Imam Besar Islam Indonesia, yang mulia Dr. (Cand) Habib Rizeq Shihab, Lc, MA (HRS). Anggapan yang berkembang di masyarakat tentu tidaklah tanpa dasar, melainkan adanya berbagai keganjilan dalam proses pengungkapan dan pemeriksaan yang berujung ditetapkannya FH sebagai tersangka tindak pidana pornografi. Lebih lanjut keganjilan yang muncul itu dikaitkan dengan HRS.

Senin, 22/05/2017 08:51 0

Arab Saudi

Kunjungi Arab Saudi, Trump Jual Senjata Senilai 110 Milyar Dolar

Departemen Pertahanan AS Pentagon pada hari Sabtu (20/05) kemarin menyatakan bahwa Amerika Serikat dan Arab Saudi telah mencapai kesepakatan jual beli senjata.

Ahad, 21/05/2017 19:18 0

Arab Saudi

Lindungi Zakir Naik dari India, Raja Salman Berikan Kewarganegaraan Saudi

Kewarganeraan tersebut diberi langsung atas perintah Raja Salman Bin Abdul Aziz Al Saud.

Ahad, 21/05/2017 18:43 0

Video Kajian

DR. Zain An Najah: Syarat Menunda Nikah

KIBLAT.NET – DR. Zain An Najah: Syarat Menunda Nikah. Banyak kalangan yang ingin menunda pernikahan...

Ahad, 21/05/2017 17:09 0

Yaman

AS Klaim Tewaskan Anggota Al-Qaidah Yaman, Ternyata…

Tapi kemudian pesawat tak berawak itu melepaskan muatan misilnya, dan dalam sekejap, pertemuan mendadak itu berubah menjadi mimpi buruk dengan panas, asap, dan pecahan peluru. Delapan orang semuanya terbunuh.

Ahad, 21/05/2017 11:20 0

Analisis

Al-Qaidah dan ISIS di Mata Intelijen AS (Bag. 2)

Banyak yang sepakat bahwa ISIS kehilangan banyak wilayah namun para analis IC memperingatkan kemampuan kelompok itu dalam melancarkan insurjensi baik di Iraq maupun Suriah. Dan faktanya, para loyalis al-Baghdadi sudah mulai melakukan perang gerilya dan melancarkan serangan-serangan teror yang spektakuler di arena pertempuran di dalam wilayah basis mereka.

Ahad, 21/05/2017 09:41 0

Arab Saudi

Tiba di Arab Saudi, Trump Disambut Raja Salman

Pesawat Trump mendarat di Bandara Raja Khalid. Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz, menyambut langsung presiden yang pernyataan-pernyataannya anti Islam itu.

Sabtu, 20/05/2017 17:34 1

Analisis

Teror (Syiah) Iran di Bahrain, Sebuah Analisis

Ideologi Gerakan Loyalitas Sanadi mencerminkan usaha Iran untuk mengekspor revolusi. Misalnya, Sanadi mengatakan kepada sebuah surat kabar pro-Hizbullah Lebanon pada tahun 2014, bahwa ideologi ILM meniru model Ayatollah Ruhollah Khomeini, pendiri dan pemimpin tertinggi Republik Iran.

Jum'at, 19/05/2017 16:00 0

Suriah

Koalisi AS Bom Konvoi Milisi Pro Rezim di Suriah Selatan

Para pejabat di Departemen Pertahanan AS mengatakan bahwa pesawat koalisi pimpinan AS, Kamis (18/05), menargetkan konvoi pasukan pro rezim Suriah di dekat perbatasan dengan Yordania. Konvoi itu diduga menuju kamp militer koalisi AS yang menjadi tempat pasukan AS dan Inggris melatih oposisi Suriah pro Barat.

Jum'at, 19/05/2017 15:00 0

Video Kajian

Khutbah Jum’at: Ketika Islam Memimpin Peradaban

KIBLAT.NET – Ditilik dari tinta sejarah, Islam pernah mencetak sebuah peradaban keemasan. Sayang, kini kita...

Jum'at, 19/05/2017 14:14 0

Close