... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Sambut Ramadhan, Ribuan Obor Terangi Kota Poso

KIBLAT.NET, Poso – Ribuan umat Islam Kabupaten Poso mengikuti pawai obor menyambut Bulan Suci Ramadhan, yang diselenggarakan oleh Dewan Pimpinan Daerah Front Pembela Islam (DPD FPI) Kabupaten Poso bekerjasama dengan seluruh elemen dan Ormas Islam Kabupaten Poso.

Diselenggarakan pada Kamis malam (18/05/2017), masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Acara yang diikuti sekitar 6000 umat Islam ini serentak turun ke jalan memekikkan takbir dan mengecam pelaku penista Al-Quran dan pendukungnya.

Massa mulai berkumpul sehabis Salat Magrib di Masjid Agung Baiturrahman Poso. Sekitar pukul 19.30 wita (setelah Salat Isya), Pawai Obor ini pun dibuka dengan arahan dan ucapan basmalah dan takbir oleh Ketua MUI Kabupaten Poso, KH. Arifin Tuamaka, S.Ag.

Ketua MUI Kabupaten Poso ini menegaskan bahwa momentum dan semangat menyambut Bulan Suci Ramadhan kali ini harus menjadikan umat Islam bersatu dan semangat beribadah.

“Alhamdulillah kita patut bersyukur kepada Allah karena malam ini kita diberikan kesempatan untuk hadir bersama-sama ditempat ini dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan, oleh karena itu pawai obor malam ini adalah menujukkan satu semangat umat Islam untuk bersatu. Jadi kan momentun ini sebagai penyemangat untuk beribadah di bulan Ramadhan . Oleh karena itu kepada anak-anakku semua mari kita tertib kita tebarkan bahwa kita benar-benar rahmatan lil alamin,” kata Haji Airifin saat memberikan arahan sebelum pawai dimulai.

BACA JUGA  Wiranto Terima Kompensasi Rp 37 Juta Akibat Jadi Korban Penusukan

Selanjutnya, kaum muslimin berjalan kaki menuju rute pawai yang telah diatur panitia. Ribuan massa kaum muslimin kota Poso tumpah ruah di jalan mengikuti pawai dengan khidmat.

Disela-sela pawai, para orator menyampaikan orasinya mengecam Ahok penghina Al-Quran beserta pendukungnya. Serta mengajak kaum muslimin untuk bersatu melawan kedzaliman orang kafir.

“Saat ini umat muslim Poso memberikan dukungan penuh atas hukum yang telah ditetapkan kepada Ahok. Walaupun para pendukung Ahok memberi dukungan kepada Ahok dan menyatakan bahwa Ahok adalah orang yang dizalimi. Saudaraku obor-obor yang kita bakar ini bukan sembarang obor dan lilin mereka yang kita padamkan bukanlah lilin-lilin biasa. Umat Islam harus bersatu dan harus bisa memberi dukungan kepada ulama-ulama yang dizalimi dan kepada dien yang dinistakan,” tegas Ustadz Amin Adnan selaku orator pada acara pawai tersebut.

Sementara itu, ketua DPD FPI Poso, Ustadz Sugianto Kaimuddin menyatakan umat Muslim Poso siap perang jika para pendukung Ahok mengancam dan tidak mendukung supremasi hukum yang telah ditetapkan kepada Ahok.

“Saudara-saudaraku sekalian yang dirahmati Allah, di Poso kita buktikan bahwa kita masih kuat dan bersatu. Bagi mereka yang ingin menghancurkan Islam apalagi yang mengancam akan membunuh orang muslim Poso sebagaimana yang tersebar di FB dan viral beberapa hari ini. Malam ini kita bakar obor –obor kita dan kita padamkan lilin-lilin pendukung Ahok,” tegas Sugianto dalam orasinya.

BACA JUGA  Baleg DPR Hapus RUU P-KS Dari Prolegnas Prioritas 2020

Penjagaan ketat dilakukan oleh gabungan Polisi dan TNI baik berpakain seragam maupun berpakaian sipil. Aparat terlihat di setiap sudut sekitar lokasi pawai. Kapolres Poso, AKBP Bogiek Sugiyarto,SH mengapresiasi kegiatan pawai ini karena berlansung tertib dan aman.

Finish di alun-alun Sintuwu Maroso sekitar pukul 21.30 wita. Pawai ditutup dengan orasi dan doa penutup yang disampaikan oleh Ketua MUI Kabupaten Poso. Massapun membubarkan diri dengan tertib dan aman.

Reporter: Ahmad Sutedjo
Editor: Hunef Ibrahim


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

2 comments on “Sambut Ramadhan, Ribuan Obor Terangi Kota Poso”

  1. Rifaat Alwi

    Buah jihad Poso masih terasa hingga kini

  2. Rifaat Alwi

    Masya Allah. Poso ku berjaya.

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Analisis

Teror (Syiah) Iran di Bahrain, Sebuah Analisis

Ideologi Gerakan Loyalitas Sanadi mencerminkan usaha Iran untuk mengekspor revolusi. Misalnya, Sanadi mengatakan kepada sebuah surat kabar pro-Hizbullah Lebanon pada tahun 2014, bahwa ideologi ILM meniru model Ayatollah Ruhollah Khomeini, pendiri dan pemimpin tertinggi Republik Iran.

Jum'at, 19/05/2017 16:00 0

Suriah

Koalisi AS Bom Konvoi Milisi Pro Rezim di Suriah Selatan

Para pejabat di Departemen Pertahanan AS mengatakan bahwa pesawat koalisi pimpinan AS, Kamis (18/05), menargetkan konvoi pasukan pro rezim Suriah di dekat perbatasan dengan Yordania. Konvoi itu diduga menuju kamp militer koalisi AS yang menjadi tempat pasukan AS dan Inggris melatih oposisi Suriah pro Barat.

Jum'at, 19/05/2017 15:00 0

Video Kajian

Khutbah Jum’at: Ketika Islam Memimpin Peradaban

KIBLAT.NET – Ditilik dari tinta sejarah, Islam pernah mencetak sebuah peradaban keemasan. Sayang, kini kita...

Jum'at, 19/05/2017 14:14 0

Turki

Kota Pertama untuk Anak Yatim Suriah Dibuka di Turki

Organisasi Raf Qatar dan IHH mengumumkan pembukaan kota pertama untuk mengurus anak yatim Suriah di dalam wilayah Turki, setelah pembangunan yang telah berlangsung selama hampir dua tahun.

Jum'at, 19/05/2017 11:14 0

Suriah

Ahrar Al-Syam Menarik Diri dari Jarabulus

Gerakan Ahrar Al-Syam mengumumkan menarik diri dari Kota Jarabulus, pedesaan Aleppo utara, yang dikontrol penuh oleh faksi Free Syrian Army (FSA) yang dukungan Turki, Kamis (18/05). Langkah ini demi menjaga nyawa warga sipil, sebagaimana disebutkan dalam pernyataan gerakan tersebut.

Jum'at, 19/05/2017 10:36 0

Yaman

Pemerintah Yaman: Paspor Keluaran Hutsi Tidak Sah untuk Berhaji

Pemerintah Yaman yang diakui secara internasional memperingatkan bahwa paspor yang dikeluarkan oleh pemberontak Syiah Hutsi yang menguasai ibukota tidak sah untuk digunakan musim haji tahun ini.

Jum'at, 19/05/2017 09:05 0

Malaysia

Dikabarkan Pergi dari Malaysia, Dimana Zakir Naik Saat Ini?

Pakar perbandingan agama, Dr Zakir Naik dikabarkan telah meninggalkan Malaysia. Hal itu disampaikan oleh Wakil Perdana Menteri Ahmad Zahid Hamidi

Jum'at, 19/05/2017 00:44 0

Suriah

Suriah dan Irak Bahas Kerja Sama Militer

Rezim Suriah dan Irak kembali membahas kerja sama militer untuk menghadapi ancaman kelompok "teroris" menurut pengeritan kedua negara tersebut. Kerja sama ini dalam rangka menghadapi musuh bersama dan mengembalikan stabilitas kawasan.

Kamis, 18/05/2017 23:00 0

Afghanistan

Pasukan ISIS di Balik Serangan di Stasiun TV Jalalabad

Daulah Islamiyah (ISIS) mengaku bertanggung jawab atas serangan di stasiun TV dan radio nasional di kota Jalalabad, ibukota provinsi Nangarhar, pada Rabu (17/05). Serangan ini dilaporkan hanya menewaskan seorang penjaga keamanan, di samping tiga penyerang dan melukai sedikitnya 17 orang, lapor Reuters.

Kamis, 18/05/2017 22:30 0

Mesir

Rezim Mesir Larang Penggunaan Speaker Saat Salat Tarawih

Menteri Gomaa mengumumkan melarang penggunaan speaker saat Salat Tarawih dan ceramah agama selama Ramadhan. Alasannya, suara tersebut menimbulkan ketidaknyamanan bagi pelajar, lansia dan orang sakit serta mengganggu orang istirahat.

Kamis, 18/05/2017 22:00 0

Close