... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Koalisi AS Bom Konvoi Milisi Pro Rezim di Suriah Selatan

Foto: Wilayah Suriah selatan mencakup, Qunaitra, Daraa dan Suwaida

KIBLAT.NET, Aleppo – Para pejabat di Departemen Pertahanan AS mengatakan bahwa pesawat koalisi pimpinan AS, Kamis (18/05), menargetkan konvoi pasukan pro rezim Suriah di dekat perbatasan dengan Yordania. Konvoi itu diduga menuju kamp militer koalisi AS yang menjadi tempat pasukan AS dan Inggris melatih oposisi Suriah pro Barat.

Pasukan yang berkonvoi militer itu diyakini milisi Syiah di Suriah. Mereka bergerak menuju kamp militer asing di perbatasan Yordania-Suriah.

Koalisi AS mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa bahwa serangan terjadi di daerah yang di dalamnya didirikan pangkalan militer pasukan khusus Inggris dan AS untuk melatih pasukan lokal menghadapi ISIS.

“Konvi itu dalam perjalanan dan tidak menanggapi peringatan untuk tidak mendekat pasukan koalisi di daerah Tanif. Akhirnya serangan itu diluncurkan,” kata pejabat Dephan AS kepada AFP dengan syarat namanya tidak disebutkan.

Sementara itu, pejabat kedua mengatakan bahwa pasukan yang dibom tersebut konvoi milisi Syiah.

Para pejabat Pentagon mengatakan bahwa jumlah kendaraan dan pasukan konvoi tersebut sangat banyak. Namun yang menjadi sasaran hanyalah mobil-mobil terpantau radar.

Pada bagiannya, seorang pejabat yang bertanggung jawab atas operasi ini menekankan bahwa serangan ini bukan berarti pihaknya mengubah strategi. Ia menegaskan, strategi koalisi masih sama, yaitu fokus memerangi ISIS.

Terkait serangan ini, lembaga pengawas HAM Suriah (SHOR) melaporkan sedikitnya delapan militan tewas akibat serangan udara ini. Mayoritas mereka bukan warga negara Suriah.

BACA JUGA  Para Komandan Oposisi di Suriah Selatan Berkumpul di Ibukota Yordania

Perlu diketahui, AS dan Inggris juga menjalankan misi mereka di Suriah Selatan dengan bekerja sama dengan Yordania. Mereka merekrut faksi-faksi oposisi yang sudah diseleksi untuk dilatih dan disenjatai. Misi itu diklaim dalam rangka memerangi ISIS.

Selain program pelatihan, AS juga mengendalikan faksi oposisi melalui ruang operasi yang dikenal “Operasi Muek”. Kelompok bersenjata yang terlibat dalam operasi ini harus tunduk dengan arahan koalisi AS.

Reporter: Sulhi El-Izzi
Sumber: France24

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Ratusan Umat Islam Kumpulkan Tanda Tangan Tolak Kriminalisasi Ulama

Para jamaah bakda Shalat Jum'at ramai-ramai membubuhkan tanda tangannya di selembar kain panjang di depan Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat. Mereka terlihat antusias dalam mengikuti aksi yang dilanjutkan dengan long march menuju kantor Komnas HAM.

Jum'at, 19/05/2017 14:20 0

Video Kajian

Ketika Islam Memimpin Peradaban (Ust. Miftahul Ihsan, Lc. )

KIBLAT.NET – Ditilik dari tinta sejarah, Islam pernah mencetak sebuah peradaban keemasan. Sayang, kini kita...

Jum'at, 19/05/2017 14:14 0

Indonesia

BIN: Surat Larangan Berjenggot Tidak Benar

Zaelani menambahkan, surat edaran yang benar telah diterbitkan sebelumnya di internal BIN pada 5 April 2017. Yaitu peraturan yang berkaitan dengan penggunaan pakaian dinas dan ketentuan penampilan pegawai. Untuk itu, ia berharap klarifikasi ini dapat memperjelas keadaan yang sebenarnya. ‎

Jum'at, 19/05/2017 09:25 0

Indonesia

Pendukung Ahok Minta UU Penodaan Agama Dicabut, KSHUMI: Anti-Kebhinekaan

Dua oknum pro-Ahok, Gita Putri Damayana dan Gita Syahrani membuat petisi agar pasal 156a tentang penodaan agama dicabut.

Jum'at, 19/05/2017 00:38 0

Indonesia

Makanan Rutan Sebabkan Al Khaththath Jatuh Sakit

Sejak dipenjara, pola makanannya tak bisa terkontrol. Mengingat, terbatasnya menu dan minimnya jatah makan di Rutan Mako Brimob.

Kamis, 18/05/2017 23:58 0

Indonesia

Meski Telah Minta Maaf, Ketua PMII Tetap Dihukum Adat

Wakil Ketua Adat Kota Palu, Arifin Sunusi menyatakan bahwa menerima permohonan maaf atas pernyataan Ketua Umum PB PMII Aminudin Ma’ruf saat sambutannya pada pembukaan kongres PMII, Selasa lalu.

Kamis, 18/05/2017 23:15 0

Indonesia

Sebut Sulteng Pusat Islam Radikal, Ketua PMII Akhirnya Minta Maaf

Permohonan maaf disampaikan langsung dihadapan masyarakat dan tokoh-tokoh adat setempat di Masjid Agung Darussalam, Palu usai Sholat Maghrib, Rabu (17/05)

Kamis, 18/05/2017 22:07 0

Indonesia

Perjuangan Berat Ummu Hafiz Upayakan Perawatan Medis Bagi Muhammad Al Khaththath

Upaya izin untuk perwatan medis dilakukan sejak siang sampai malam hari

Kamis, 18/05/2017 21:47 0

Indonesia

Sakit Parah di Tahanan Mako Brimob, Begini Kondisi Muhammad Al Khaththath

Istri Al Khaththath, Ummu Hafiz juga meluruskan informasi yang menyebut Al Khaththath terus menerus buang air besar (BAB)

Kamis, 18/05/2017 21:19 0

Indonesia

Istri Al Khaththath: Sejak Rabu Malam Ustadz Muntah-muntah, Shalat Pun Tiduran

Tensinya tinggi, kepalanya pusing, dan ke kamar mandi pun harus dipapah

Kamis, 18/05/2017 20:51 0