... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kongkalikong Donald Trump dengan Rusia Akan Diselidiki

Foto: Mantan Direktur FBI, Robert Mueller.

KIBLAT.NET, Washington – Departemen Kehakiman AS menunjuk seorang mantan kepala FBI sebagai penasihat khusus untuk memimpin penyelidikan dugaan campur tangan Rusia dalam pemilihan 2016 dan kolusi dengan tim Donald Trump.

Wakil Jaksa Agung Rod Rosenstein menunjuk Robert Mueller -seorang tokoh yang memiliki pamor luas yang memimpin FBI selama satu dekade setelah serangan 11 September- untuk mengambil alih penyelidikan FBI tentang “upaya pemerintah Rusia dalam mempengaruhi pemilihan presiden 2016 dan hal-hal yang terkait.”

“Berdasarkan keadaan yang unik, kepentingan umum mengharuskan saya untuk menempatkan penyelidikan ini di bawah wewenang seseorang yang melakukan tingkat independensi dari rantai komando normal,” kata Rosenstein dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu (17/05).

Sebelumnya, Presiden AS diduga berusaha menghentikan penyelidikan politik tersebut setelah memberhentikan kepala FBI James Comey. Trump meminta Comey untuk membatalkan penyelidikannya terhadap seorang mantan ajudan.

Trump secara konsisten juga menolak dugaan kolusi antara tim kampanyenya dan Moskow sebagai “berita palsu”. Dalam pidatonya, ia menyebut dirinya telah diperlakukan tidak adil dibanding pemimpin AS lainnya selama masa jabatannya yang masih muda.

Mueller, nantinya akan diberi wewenang untuk melakukan penyelidikan independen dengan staf khusus yang dipilihnya. Ia tidak diharuskan untuk berkonsultasi dengan atau memberitahukan informasi kepada jaksa agung atau wakil jaksa agung selama proses penyelidikan. Ia juga berwenang untuk mengadili kejahatan yang didapat dari penyelidikan tersebut.

Reporter: Ibas Fuadi
Sumber: Al-Jazeera

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Jika Banding Hanya untuk Ahok, Itu Diskriminatif

Banding yang dilakukan jaksa kasus Ahok menjadi perhatian anggota Komisi III DPR RI, Arsul Sani. Ia menegaskan, jika banding hanya diajukan dalam kasus Ahok, menurutnya hal itu termasuk diskriminatif.

Kamis, 18/05/2017 10:41 0

Indonesia

Komisi Hukum MUI: Minahasa Merdeka Tak Lepas dari Pembiaran Separatisme Papua

"Karenanya, pemerintah dan aparat penegak hukum dalam hal ini adalah kepolisian harus segera menindak dan mengambil langkah tegas. Karena jika dibiarkan, perilaku ingin merdeka ini bisa menular," ujar KH. Ikhsan Abdullah.

Kamis, 18/05/2017 10:10 0

Indonesia

Kemenag Gelar Sidang Isbat Ramadhan 1438 H pada 26 Mei

Sidang akan digelar di Auditorium HM. Rasjidi, Kantor Kementerian Agama RI

Kamis, 18/05/2017 09:22 0

Indonesia

Komisi III DPR: Banding Jaksa Kasus Ahok Perlu Dikritisi

Tidak pernah ada jaksa banding karena hukumannya lebih berat dari tuntutan

Kamis, 18/05/2017 08:34 0

Opini

Jaminan Istimewa Wagub Djarot untuk Ahok, Sebuah Anomali Penegakan Hukum

Adanya penyataan jaminan dari pejabat Negara “dapat dianggap” sebagai dukungan kepada seseorang yang didakwa melakukan kejahatan mengganggu ketertiban umum

Rabu, 17/05/2017 20:02 0

Indonesia

Tak Lengkap, Berkas Perkara Habib Rizieq Dikembalikan ke Polda Jabar

Berkas perkara kasus dugaan penodaan lambang negara yang menjerat Habib Rizieq Shihab dikembalikan ke Poda Jawa Barat, atau yang dikenal P19. Kapala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, Setia Untung Arimuladi, menjelaskan bahwa berkas belum lengkap.

Rabu, 17/05/2017 18:00 0

Indonesia

Akademisi: Pernyataan Aminuddin Ma’ruf Cederai Warga Sulteng

“Seharusnya seorang ketua mestinya membuat pernyataan dalam membawa kata sambutan. Harusnya pernyataan tersebut harus dilengkapi data atau riset yang pernah dilakukan,” Kata Rusmawaty kepada Kiblat.net saat dihubungi via WA pada Rabu (17/5).

Rabu, 17/05/2017 17:10 0

Indonesia

Forkom PPMKI Laporkan Ketua PMII Aminuddin Ma’ruf ke Mapolda Sulteng

“Jika dalam waktu 1x24 jam, Ketua PB PMII tidak meminta maaf kepada masyarakat Sulteng khususnya Kota Palu maka Kami akan mengambil tindakan untuk membubarkan Kongres PMII yang sedang berlangsung,” tegas Ismail.

Rabu, 17/05/2017 16:35 0

Indonesia

Tuduh Sulteng Pusat Radikal Islam, Ketua PMII Didemo

Ketua PMII Aminuddin Ma'ruf diberi waktu satu kali 24 jam untuk meminta maaf

Rabu, 17/05/2017 13:42 0

Indonesia

Polisi Klarifikasi Foto DPO Habib Rizieq Hoax, Zuhairi Misrawi Dibully

Di lini massa twitter, salah satu yang terlibat dalam menyebarkan foto hoax tersebut adalah pentolan Jaringan Islam Liberal (JIL) @Zuhairimisrawi. Banyak netizen yang berkomentar pedas menanggapi postingan hoax dari tokoh liberal tersebut, salah satunya @Andrew.

Rabu, 17/05/2017 12:59 0