... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Militer Irak Klaim Rebut 90% Mosul

Foto: Peta Mosul.

KIBLAT.NET, Baghdad – Kementerian Pertahanan Irak mengklaim bahwa pasukannya telah mengambil alih sekitar 90% kota Mosul. Perebutan kota itu secara penuh pun diklaim dalam waktu dekat, lansir Al-Jazeera pada Selasa (16/05).

Kepala komando militer Irak mengatakan bahwa pasukannya telah mencapai lingkungan Ar-Rifa’i dan Al-Eribi (daerah utara di Mosul barat). Kemajuan ini memberikan kontribusi untuk menekan sisa-sisa pasukan ISIS di kota Mosul Tua.

Seorang komandan pasukan dinas anti teror Irak, Samir Ali, menambahkan bahwa pasukan gabungan saat ini tengah menggulirkan pertempuran sengit di jalan-jalan lingkungan Ar-Rifa’i. Dua gedung sekolah dan sebuah markas polisi berhasil direbut.

Ia melanjutkan bahwa pasukan gabungan juga meraih kemajuan di lingkungan “17 Juli”. Kawasan ini sangat penting bagi ISIS karena menjadi titik tolak gerakan tersebut merebut seluruh Mosul pada 2014 silam.

Pada bagiannya, Perdana Menteri Irak Haidar Al-Abadi mengatakan bahwa pasukannya meraih kemajuan besar di front tempur. Ruang ISIS, katanya, semakin menyempit hari demi hari. Kami berjalan cepat dengan meminimalkan korban sipil, sebagaimana klaimnya.

Perdana menteri dari kelompok Syiah itu menekankan bahwa tidak ada negosiasi dengan ISIS. Pilihannya hanya dua; menyerah atau perang.

Sementara itu di hari yang sama, sumber keamanan Irak mengatakan bahwa pasukan pemerintah mengalami kemajuan lambat di kawasan Iqtishadiyin dan 17 Juli dari front utara. Sudah tiga hari pertempuran di dua kawasan itu berlangsung.

BACA JUGA  Protes Anti-Pemerintah Meningkat, Kedubes AS di Irak Diserang Roket

Reporter: Sulhi El-Izzi
Sumber: Al-Jazeera

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Tak Lengkap, Berkas Perkara Habib Rizieq Dikembalikan ke Polda Jabar

Berkas perkara kasus dugaan penodaan lambang negara yang menjerat Habib Rizieq Shihab dikembalikan ke Poda Jawa Barat, atau yang dikenal P19. Kapala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, Setia Untung Arimuladi, menjelaskan bahwa berkas belum lengkap.

Rabu, 17/05/2017 18:00 0

Indonesia

Akademisi: Pernyataan Aminuddin Ma’ruf Cederai Warga Sulteng

“Seharusnya seorang ketua mestinya membuat pernyataan dalam membawa kata sambutan. Harusnya pernyataan tersebut harus dilengkapi data atau riset yang pernah dilakukan,” Kata Rusmawaty kepada Kiblat.net saat dihubungi via WA pada Rabu (17/5).

Rabu, 17/05/2017 17:10 0

Indonesia

Forkom PPMKI Laporkan Ketua PMII Aminuddin Ma’ruf ke Mapolda Sulteng

“Jika dalam waktu 1x24 jam, Ketua PB PMII tidak meminta maaf kepada masyarakat Sulteng khususnya Kota Palu maka Kami akan mengambil tindakan untuk membubarkan Kongres PMII yang sedang berlangsung,” tegas Ismail.

Rabu, 17/05/2017 16:35 0

Indonesia

Tuduh Sulteng Pusat Radikal Islam, Ketua PMII Didemo

Ketua PMII Aminuddin Ma'ruf diberi waktu satu kali 24 jam untuk meminta maaf

Rabu, 17/05/2017 13:42 0

Indonesia

Polisi Klarifikasi Foto DPO Habib Rizieq Hoax, Zuhairi Misrawi Dibully

Di lini massa twitter, salah satu yang terlibat dalam menyebarkan foto hoax tersebut adalah pentolan Jaringan Islam Liberal (JIL) @Zuhairimisrawi. Banyak netizen yang berkomentar pedas menanggapi postingan hoax dari tokoh liberal tersebut, salah satunya @Andrew.

Rabu, 17/05/2017 12:59 0

Analisis

Al-Qaidah dan ISIS di Mata Intelijen AS (Bag. 1)

Banyak yang sepakat bahwa ISIS kehilangan banyak wilayah namun para analis IC memperingatkan akan kemampuan kelompok itu dalam melancarkan insurjensi baik di Iraq maupun Suriah. Dan faktanya, para pejuang loyalis al-Baghdadi sudah mulai melakukan perang gerilya dan melancarkan serangan-serangan teror yang spektakuler di arena pertempuran di dalam wilayah basis mereka.

Rabu, 17/05/2017 12:09 0

Indonesia

Advokat GNPF-MUI: Polisi Harus Serius Sikapi Seruan Minahasa Merdeka

"Saya rasa itu perlu disikapi pihak kepolisan. Kita mengkhawatirkan terjadinya hal hal yang tidak diinginkan pada bangsa ini," kata Nasrullah kepada Kiblat.net di Gedung AQL, Jakarta Selatan pada Selasa (16/05).

Rabu, 17/05/2017 08:58 0

Video Kajian

Tadzkirah: Hukum Meninggalkan Puasa Ramadhan

KIBLAT.NET – Tadzkirah: Hukum Meninggalkan Puasa Ramadhan. Ramadhan sebentar lagi akan tiba. Umat muslim yang...

Rabu, 17/05/2017 08:57 0

Indonesia

Upaya Makar Minahasa Merdeka Tak Ditindak, Ombudsman: Polisi Diskriminatif

"Sangat jelas terkesan diskriminatif, perhatian polisi terhadap kelompok-kelompok yang dianggap menciptakan instabilitas ini nampaknya hanya sepihak saja yang ditindak"

Rabu, 17/05/2017 08:07 0

Indonesia

Ombudsman: Refrendum Minahasa Merdeka Pemufakatan Makar Secara Terbuka

Anggota Ombudsman La Ode Ida mendesak polisi mengusut upaya makar Minahasa Merdeka

Rabu, 17/05/2017 07:52 0

Close