... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Ahok Tak Dijatuhi Hukuman Maksimal, Yunahar Ilyas: Itu Vonis Moderat

Foto: Prof. Dr. Yunahar Ilyas

KIBLAT.NET, Jakarta – Ketua PP Muhammadiyah, Prof Dr Yunahar Ilyas mengungkap bahwa vonis yang dijatuhkan kepada Basuki Tjahja Purnama adalah moderat. Hal itu diutarakannya setelah hakim kasus penodaan agama tidak menjatuhkan hingga hukuman maksimal.

“Ini vonis yang menurut saya cukup moderat. Artinya, hakim mendengarkan aspirasi umat Islam. Sehingga, menggunakan pasal 156a bahwa telah terbukti penodaan agama. Sehingga dinyatakan bersalah dan divonis dua tahun penjara langsung masuk,” ungkapnya saat ditemui Kiblat.net, pada Selasa (09/05) di Gedung MUI Pusat, Jakarta Pusat.

Selain itu, alasan lain vonis tersebut bersifat moderat adalah pertimbangan hakim atas hal-hal yang meringankan Ahok. Menurut Yunahar, riwayat Ahok yang belum pernah dihukum dan selalu hadir dalam persidangan merupakan salah satu alasan hakim menjatuhkan vonis 2 tahun penjara.

“Hakim tidak menggunakan hukuman maksimal. Makanya disebut moderat. Jadi ia juga mempertimbangkan hal-hal yang meringankan bagi ahok yang dia belum pernah dihukum, dan yang bersangkutan koparatif selama persidangan,” sambungnya.

Sebagaimana diketahui, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara menyatakan Ahok bersalah dan melanggar pasal 156a atas tindakan penodaan terhadap agama Islam.  Vonis yang dijatuhkan berupa 2 tahun penjara dan ditahan di LP Cipinang.

Kendati demikian, Yunahar menambahkan bahwa secara pribadi ia menghargai keputusan hakim. Ia juga tidak mempermasalahkan bila pihak Ahok ingin mengajukan banding ke pengadilan tinggi. Menurutnya, usaha tersebut bukan berarti akan menunda penahanannya di LP Cipinang.

“Hak dia bisa mengajukan banding ke pengadilan tinggi bahkan bisa sampai kasasi. Tetapi itu tidak menunda penahanan karena ini sedang dalam proses diisolasi ke Cipinang,” pungkasnya.

Reporter: Syafi’i Iskandar
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Tengah Malam, Ahok Dipindah dari Rutan Cipinang ke Mako Brimob

Menurut Kepala Rutan Cipinang Asep Sutandar, pemindahan Ahok ke Mako Brimob untuk alasan keamanan dan kenyamanan penghuni rutan.

Rabu, 10/05/2017 10:21 0

Indonesia

Pakar: Tuduh HTI Anti Pancasila Tanpa Proses Pengadilan Langgar Undang-undang

Ajaran yang bertentangan dengan Pancasila disini adalah, ateisme, komunisme/marxisme, dan leninisme

Rabu, 10/05/2017 09:48 0

Indonesia

Pembubaran Ormas HTI Tidak Bisa Tiba-Tiba, Harus Lalui 4 Tahapan

"Proses pembubaran ormas itu tidak bisa ujug-ujug ya, ada tahapannya bisa dibaca di pasal 61, ada empat yang terlebih dahulu dilakukan sebelum pembubaran ormas itu,"

Rabu, 10/05/2017 09:27 0

Indonesia

Ahok Divonis 2 Tahun, HTI: Alhamdulillah, Perjuangan Umat Tidak Sia-sia

Juru bicara Hizbut Tahrir Indonesia, Muhammad Ismail Yusanto mengapresiasi Majelis Hakim yang berani memutuskan perkara penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dengan hukuman 2 tahun penjara.

Rabu, 10/05/2017 08:40 0

Indonesia

Saksi Pelapor Doakan Hakim Agar Istiqomah dalam Kebenaran

Wilyudin Dani, salah satu saksi pelapor kasus penistaan agama yang dilakukan Ahok meminta kepada masyarakat Indonesia untuk mendoakan kepada Hakim agar selalu Istiqomah dalam menegakkan kebenaran.

Rabu, 10/05/2017 08:08 0

Indonesia

JPU: Ahok Bukan Napi, Dia Tahanan Rutan Cipinang

"Menurut informasi, saat ini sedang melakukan proses administrasi di Cipinang," katanya kepada wartawan usai sidang vonis Ahok di Auditorium Gedung Kementrian Pertanian pada Selasa (09/05).

Rabu, 10/05/2017 07:30 0

Indonesia

Ahok Divonis 2 Tahun, Ini Kata MUI

Ketua Bidang Hukum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Basri Babadan mengatakan bagi pihak yang belum puas dengan putusan hakim agar menyerahkannya pada proses hukum. Termasuk pihak terdakwa maupun JPU bisa melalui proses banding hingga kasasi.

Rabu, 10/05/2017 07:00 0

Indonesia

Banding Ahok, Pemuda Muhammadiyah Beri Dukungan Hakim dan JPU

"Kami sangat mendukung Majelis Hakim dan mendukung jaksa penuntut umum untuk menghadapi banding dari pengacara Ahok," tambahnya.

Rabu, 10/05/2017 06:30 0

Indonesia

Tak Terima Putusan Hakim, Pengacara Ahok Ajukan Banding

"Kami bisa memaklumi tapi tidak bisa menerima. Setelah ini ke Cipinang untuk pergurusan berkas untuk banding," ujarnya.

Rabu, 10/05/2017 05:55 0

Indonesia

Kakek Ini Mengaku Kecewa Ahok Divonis 2 Tahun

Vonis 2 tahun penjara oleh Majelis Hakim terhadap Ahok disambut dengan teriakan takbir dari massa umat Islam. Banyak dari massa yang menangis bahagia, tapi tak sedikit pula yang kurang puas atas keputusan hakim tersebut. Pasalnya, kasus penistaan agama, menurut mereka, harusnya dipenjara 5 tahun.

Rabu, 10/05/2017 05:44 0

Close