Vonis Hakim Lebih Tinggi dari Tuntutan, Ini Kata JPU

KIBLAT.NET, Jakarta – Vonis Majelis Hakim sidang kasus penistaan agama dengan tersangka Ahok melebihi tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU). JPU menuntut Ahok dengan pasal 156 yang hanya hukuman percobaan, ternyata Majelis Hakim menjatuhkan vonis dengan landasan pasal 156a yang memaksa Ahok mendekam di jeruji besi selama dua tahun.

Dalam hal ini, ketua JPU kasus Ahok, Ali Mukartono menilai bahwa hal tersebut dimungkinkan dan hanya perbedaan pandangan saja.

“Tuntutan lebih tinggi itu dimungkinkan. Dan semua memiliki pendapat masing-masing,” kata Ali kepada awak media usai sidang Ahpk di Gedung Kementrian Pertanian, Jakarta Selatan pada Selasa (09/05).

“Perbedaan pendapat boleh selama dalam koridor surat dakwaan. karena itu (vonis lebih tinggi dari tuntutan -red) tercantum dalam surat dakwaan,” sambungnya.

Dalam menyikapi banding yang akan diajukan pengacara Ahok, Ali mengatakan bahwa JPU masih akan mempersiapkan diri untuk banding tersebut.

“Akan pikir-pikir lagi dalam seminggu ini. Nanti kita akan ketemu timnya (Ahok -red), sekarang kan lagi di Cipinang,” tukasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Hunef Ibrahim

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat