... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Sahabat Rasulullah Berkulit Hitam yang Pertama Syahid di Perang Badar

Foto: Ilustrasi.

KIBLAT.NET, Jakarta – Nama Mihja’ bin Salih Radhiyallahu ‘anhu mungkin tidak akrab terdengar. Namun, budak kulit hitam yang dibebaskan oleh Umar bin Khattab Radhiyallahu ‘anhu ini ternyata memiliki keiistimewaan tersendiri di antara para sahabat Rasulullah Shallahu ‘alaihi wa sallam.

Mihja’ diketahui menjadi salah satu orang yang pertama memeluk Islam ketika dakwah Rasulullah di Makkah. Ia juga menjadi salah satu dari mereka yang berhijrah karena Allah Ta’ala ke Madinah.

Menurut At-Tabaqat Al-Kubra dari ibn Sa’ad Radhiyallahu ‘anhu, garis keturunan Mihja’ kembali ke Yaman. Ia menjadi budak di Hijaz bersama para pria dan wanita lainnya sebelum dibebaskan oleh Umar.

Di Makkah, orang-orang Quraisy sering menghina Rasulullah karena sering duduk-duduk dan menjalin hubungan dengan para orang-orang miskin yang sebelumnya diperbudak. Maka, Allah Ta’ala bersabda dalam Surat Al-An’am ayat 52: “Dan janganlah kamu mengusir orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan petang hari, sedang mereka menghendaki keridhaan-Nya.”

Menurut Abdullah bin Abbas Radhiyallahu ‘anhu dalam Zad Al-Masir fi ‘ilm At-Tafsir karya Ibnul Jauzi, orang-orang yang dimaksud oleh Allah tersebut adalah Bilal, Suhayb, Khabbab, ‘Ammar, , Salman, ‘Amir bin Quhayrah dan Salim, dan Mihja’.

Mihja’, oleh Imam Ath-Thabari dan lainnya juga disebut-sebut sebagai orang pertama yang syahid dalam Perang badar tahun 2 Hijriyah.

Sementara itu, Imam Al-Hakim di Al-Mustadrak ‘ala As-Shahihain dan dishahihkan oleh Imam As-Suyuti dalam Al-Jami’ As-Saghir menjelaskan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alihi wa sallam pernah berkata, “Orang kulit hitam yang terbaik ada tiga, yaitu Bilal, Luqman (yang disebutkan dalam Al Qur’an) dan Mihja.”

Editor: Ibas Fuadi
Sumber: Muslim Matters

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Amerika

Tak Ada Kejelasan soal Penyelesaian Krisis Palestina dalam Pertemuan Trump-Abbas

Presiden Trump secara terbuka mungkin mengutarakan niatnya untuk menyelesaikan krisis Palestina. Di hadapan Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Trump juga membicarakan komitmennya mengenai hal itu untuk memulai perundingan Israel-Palestina.

Ahad, 07/05/2017 12:37 0

Turki

Desakan Ekstradisi Gulen Berlanjut, Erdogan Bakal Sambangi AS

Pemerintah Turki terus mendesak Washington untuk melakukan penangkapan sementara dan mengekstradisi Fethullah Gulen. Gulen diduga menjadi dalang upaya kudeta militer di Turki pada 14 Juli 2016 lalu.

Ahad, 07/05/2017 11:00 0

Indonesia

Orasi Gubernur Kalbar Diduga Pemicu Penolakan Ketum FPI

Orasi Gubernur Kalbar diduga memicu penolakan atas kehadiran Ketua Umum DPP FPI, KH Achmad Sobri Lubis (ALS)

Ahad, 07/05/2017 10:19 0

Indonesia

Banyak Umat Islam Ingin Revolusi, UBN: Kita Bangun Infrastrukturnya

Aksi Simpatik 55 dinilai menjadi aksi puncak GNPF MUI dalam menuntut proses hukum yang adil terhadap terdakwa penista agama, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Ustadz Bachtiar Nasir mengungkapkan, setelah Aksi Simpatik 55 ini, potensi umat Islam jangan sampai padam.

Ahad, 07/05/2017 09:50 0

Indonesia

Dihadang 2000 Aparat, Begini Kronologi Penolakan Ketum FPI di Kalbar

KH Achmad Sobri Lubis (ASL) langsung balik ke Jakarta setelah dihadang oleh aparat sesaat begitu tiba di Bandara Supadio, Pontianak

Ahad, 07/05/2017 09:11 0

Indonesia

“Kakek Tiga Serangkai” di ABI 5: Jika Putusan Ahok Tak Adil, Allah yang Balas

Seluruh badannya seolah-olah diselimuti warna putih. Dari rambut, jenggot, hingga busananya, seluruhnya putih. Hanya tiga benda yang melekat di tubuhnya yang berwarna hitam. Yaitu kaca mata, tas dan sandal.

Ahad, 07/05/2017 09:10 0

Video Kajian

Tadzkirah : Petaka Lisan

KIBLAT.NET – Mungkin kalian sudah tak asing dengan istilah menjaga lisan. Namun, pertanyaan besarnya adalah...

Ahad, 07/05/2017 09:03 0

Somalia

Sudah Jadi Korban Malah Disalahkan, Begini Nasib Pasukan AS di Somalia

Pejabat-pejabat Pentagon sendiri mengkonfirmasi pada hari Jum'at (05/05) kemarin, bahwa seorang anggota pasukan khusus Navy SEAL tewas dan dua lainnya terluka akibat terjangan peluru ketika melancarkan sebuah operasi di bagian barat ibukota Mogadishu.

Ahad, 07/05/2017 08:33 0

Video News

Islamic Book Fair 2017; Pesta Buku Bagi yang Haus Ilmu

KIBLAT.NET – Besok adalah hari terakhir bagi kalian yang ini berkunjung ke acara tahunan Islamic...

Sabtu, 06/05/2017 16:22 0

Suriah

Jaisyul Islam Hentikan Operasi Militer Terhadap Tahrir Al-Syam

Sebanyak 156 merupakan korban dari pejuang faksi-faksi dengan rincian 67 dari Jaisyul Islam dan 89 dari dua faksi lainnya (HTS dan Faylaq Ar-Rahman0," jelas Abdel Rahman seraya menunjukkan sisanya yang berjumlah 13 merupakan korban sipil.

Sabtu, 06/05/2017 10:50 0