... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Titian

Abdullah Nashih Ulwan, Tokoh Pendidikan Islam Asal Aleppo

Foto: Syaikh Abdullah Nashih Ulwan rahimahullah

KIBLAT.NET – Syam adalah bumi yang diberkahi. Selain itu negeri ini juga memiliki kedudukan tersendiri di dalam Al-Quran yang mulia dan juga hadits-hadits Nabi.  Syam, khususnya Aleppo adalah kota yang banyak melahirkan para ulama ahlusunnah terkemuka. Salah satunya adalah yang akan kita bahas di sini.

Ulama ini adalah orang yang pertama kali memperkenalkan mata pelajaran Tarbiyah Islamiyah sebagai pelajaran dasar di sekolah. Dan pada perkembangan selanjutnya, pelajaran Tarbiyah Islamiyah menjadi mata pelajaran wajib yang harus dipelajari murid-murid di sekolah menengah di seluruh Suriah atau Syam. Ia juga  aktif sebagai da’i di sekolah dan masjid di kota kelahirannya, Aleppo.

Ia adalah putra dari Syekh Said Ulwan yang terkenal sebagai ulama dan dokter yang disegani. Dirinya juga mewarisi keberanian mendakwahkan Islam sekalipun kepada pemerintah Syiah Nushairiyah. Di dalam tubuhnya mewarisi darah keberanian shahabat Ali bin Abi Thalib radiyallahu ‘anhu. Sebab jika dirunut, nasabnya sampai kepada keponakan Nabi sekaligus khulafurrasyidin keempat ini.

Siapakah dia? Dia adalah Syaikh Abdullah Nashih Ulwan rahimahullah, ulama pemberani dan tokoh pendidikan Islam asli Aleppo, Suriah

Mengenal Syaikh Abdullah Nashih Ulwan

Lahir pada tahun 1928 empat tahun pasca runtuhnya Khilafah Utsmaniyah. Putra asli Suriah ini terlahir di daerah Qodhi Askar. Hidup dalam suasana keluarga religius yang terkenal kesalehan dan kemurahan hatinya. Selain itu, jika dirunut silsilah nasab, Nashih Ulwan termasuk keturunan shahabat Ali bin Abi Thalib radiyallahu anhu dari jalur Ali Zainal Abidin bin Ali Bin Hussein bin Ali bin Abi Thalib.

Qadhi Askar,Aleppo

Qadhi Askar,Aleppo

Sedari kecil, Nashih Ulwan sudah dididik sang ayahanda, syaikh Said Ulwan rahimahullah yang dikenal sebagai dokter dan ahli obat-obatan. Orang-orang di sekitarnya mengenal baik syaikh Said Ulwan sebagai dokter yang tidak pernah kering bibirnya dari bacaan Al-Quran dan dzikrullah. Syaikh Said selalu berdoa agar anaknya dijadikan seorang alim yang bijaksana dan seorang dokter muslim.Ternyata,  Allah pun mengijabahi doanya.

BACA JUGA  Skandal Kremlingate: Kerjasama Rahasia Trump-Rusia Menangi Pilpres AS

Pendidikan Syaikh Abdullah Nashih Ulwan

Setelah menjalani pendidikan di madrasah ibtidaiyah hingga tahun 1943, Ulwan melanjutkan mempelajari ilmu syar’i di jenjang Tsanawiyah. Dalam jenjang ini, Ulwan banyak belajar pada para ulama yang terkemuka pada saat itu seperti syaikh Raghib At-Tobakh, Ahmad Al-Shama’, Abdurrahman Zainil Abidin, Naji Abu Shalih, Abdullah Hammad, Sa’id Al-Idlibi rahimahullah ajma’in. Para syaikh tersebut memperlakukan siswa seperti anak-anak mereka sendiri, sehingga mereka mendidik siswa dengan sepenuh hati.

Dari deretan nama syaikh di atas, pemikiran Ulwan banyak terpengaruh pada Raghib At-Tobakh.  Raghib adalah seorang ulama yang menulis sejarah kota Aleppo. Ulwan juga banyak mencontoh dan menuntut ilmu dari syaikh Musthafa As-Siba’i.

Di jenjang ini, Ulwan mulai mengenal Ikhawanul Muslimin dan berperan aktif di dalamnya. Dari sinilah Ulwan muncul sebagai seorang pemberani dalam menyampaikan kebenaran. Ulwan juga mulai belajar menjadi pemimpin dan mulai terasah jiwa kepemimpinannya.

Baca halaman selanjutnya: Setelah lulus dari tingkat...

Halaman Selanjutnya 1 2 3
... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Aksi Simpatik 55, Umat Islam Menuntut Keadilan

Ketua Umum Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII), Mohammad Siddik, mengatakan bahwa aksi ini merupakan aksi masyarakat untuk menuntut keadilan dan penegakan hukum.

Kamis, 04/05/2017 11:35 0

Artikel

Kenapa Jaisyul Islam Serang Faksi Lain di Ghautah Damaskus?

Jadi, kenapa Jaisyul Islam menyerang markas Faylaq Ar-Rahman dan HTS? Apa motif dan tujuannya? Sejauh mana dampak perbedaan pemahaman dan pengaruhnya dalam pertempuran yang masih berlangsung antara mereka dan faksi-faksi lain?

Kamis, 04/05/2017 11:15 1

Indonesia

Muhammadiyah Luncurkan Situs E-Commerce Mallmu.com

Muhammadiyah resmi meluncurkan situs E-Commerce bernama Mallmu.com. Ketua Umum Muhammadiyah, Haedar Nashir, mengungkapkan bahwa hal ini sebagai bentuk usaha Muhammadiyah dalam membangkitkan ekonomi umat.

Kamis, 04/05/2017 10:40 0

Indonesia

DDII: Aksi Simpatik 55 Karena Penegakan Hukum yang Tidak Adil

"Ahok ini yang sudah menistakan agama dan jelas-jelas bersalah, tapi hukuman yang dituntutkan itu tidak sesuai dengan apa yang sudah terjadi sebelumnya. Ini adalah tidak adil," ungkap Ketua Umum DDII.

Kamis, 04/05/2017 10:10 0

Indonesia

Buni Yani: Skenarionya Ahok Bebas, Saya Dipenjara

Buni Yani menganggap ada kejanggalan dalam tuntutan Ahok yang dilayangkan Jaksa Penunut Umum (JPU). Menurutnya, Ahok sebenarnya terjerat pasal 156a dan 156.

Kamis, 04/05/2017 09:30 0

Indonesia

Aparat Diminta Tidak Tebang Pilih dalam Menegakkan Hukum

etua Pembina Center of Study for Indonesian Leadership (CSIL), Bambang Setyo Supriyanto, menanggapi soal pembubaran kegiatan sejumlah ormas yang marak baru-baru ini.

Kamis, 04/05/2017 08:49 0

Indonesia

Pembubaran Pengajian atas Tekanan Ormas, Dahnil: Aparat Tidak Independen

Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak menegaskan bahwa itu menunjukkan penegak hukum tidak independen

Kamis, 04/05/2017 08:08 0

Opini

Media dan Sekulerisasi Politik Umat

Pasca gelaran Pilkada DKI beberapa waktu lalu, muncul beragam reaksi dari banyak kalangan. Tak terkecuali media Internasional

Kamis, 04/05/2017 07:35 0

Indonesia

Pemuda Muhamadiyah Sesalkan Pembubaran Kajian Islam Felix Siauw

Aparat dinilai anarkis dan tidak mengedepankan tradisi dialog.

Kamis, 04/05/2017 07:04 0

Indonesia

MUI Tegaskan Pembubaran Pengajian Felix Siauw Tidak Dibenarkan

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH. Ma'ruf Amin menegaskan bahwa pembubaran kajian remaja Ustadz Felix Siauw oleh aparat tidak dapat dibenarkan

Kamis, 04/05/2017 06:45 0