... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Ini Al-Qur’an Kuno Bukti Islam Masuk Papua Sejak 1224

Foto: Raja Patipi ke XVI, H. Ahmad Iba menunjukkan Al-Qur'an kuno di rumahnya di Fakfak, Papua. (Foto: Taufik)

KIBLAT.NET, Fakfak – Islam ternyata telah masuk ke tanah Papua sejak 17 Juli 1224 M. Salah satu peninggalannya yang tersimpan adalah Al-Qur’an kuno. Hal itu diungkapkan oleh raja Patipi ke XVI, H. Ahmad Iba. Ia mengatakan bahwa Islam masuk ke Papua dibawa oleh Syaikh Iskandar Syah atas mandat Syaikh Abdur Rauf dari kerajaan Pasai.

“Syaikh Iskandar Syah melakukan perjalanan dakwah dan tiba di Messia atau Mes kerajaan Patipi awal ketika itu bertemu dengan orang bernama Kris Kris,” katanya kepada Kiblat.net di kediamannya, Fakfak, Papua.

“Dan beliau (Syaikh Iskandar Syah;red) mengajarkan apabila kalian ingin selamat, ingin sejahtera, kalian harus mengenal alif lam lam ha (Allah), dan mim ha mim dal (Nabi Muhammad SAW) dan dilanjutkan dengan pembacaan syahadat,” tuturnya

Ahmad Iba juga mengatakan, Syaikh Iskandar Syah oleh bapak Kris kris tiga bulan kemudian dia diangkat menjadi imam pertama. Dan Kris Kris menjadi Raja Patipi awal. Namun, beberapa tahun kemudian di Messia terjadi tsunami dan melenyapkan masjid serta beberapa warga sekitar.

“Dan beberapa tahun kemudian, terjadi tsunami maka seluruh Masjid dan isinya beserta penduduk sebagian ditelan bumi kecuali Kitab Al-Quran dan beberapa kitab fiqih, tauhid yang diselamatkan oleh Syaikh Iskandar Syah,” ujarnya.

Hingga saat ini Al-Quran dan beberapa kitab lain masih tersimpan di rumah Ahmad Iba. Meski sudah terlihat lusuh, ia tetap menjaganya dengan menaruh di lemari kaca.

“Saya pakai lemari kaca, kasih masuk. Baru kasih masuk obat. Supaya jaga tidak ada rayap makan,” ujarnya dengan logat Papua.

Raja Patipi ke XVI, H. Ahmad Iba (berpeci putih) menunjukkan Al-Qur’an kuno di rumahnya di Fakfak, Papua. (Foto: Taufik)

Selain itu, dai asal Papua, Ustadz Fadlan Garamatan menegaskan bahwa adanya Al-Quran yang sudah berumur ratusan tahun itu menunjukkan adanya Islam di Papua. Namun, karena kekurangan dai, sehingga berita tersebut tidak tersebar luas.

“Ini bukti autentik yang menunjukkan pada dunia dan bangsa Indonesia bahwa Islam itu berada di Nuu waar (Papua). Tetapi karena kurangnya dai, kurang guru seakan di negeri itu tidak ada Islam. Alhamdulillah, AFKN bagian daripada dakwah terus melanjutkan sampai Allah membuka tabir baru bagi perjalanan dakwah di negeri ini,” tuturnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Salem

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Amerika

Islamophobia di Amerika Meningkat 1000% Sejak Trump Menjabat

KIBLAT.NET – Jumlah insiden dugaan islamophobia yang melibatkan pejabat Bea Cukai dan Perbatasan (Customs and...

Jum'at, 28/04/2017 10:49 0

Amerika

Pentagon Protes Serangan Udara Turki ke Posisi Milisi Kurdi

Para petinggi Pentagon merilis pernyataan terbaru terkait serangan Turki pada hari Selasa (25/04) terhadap posisi-posisi milisi Kurdi baik di Iraq maupun Suriah. Departemen Pertahanan AS itu mengatakan bahwa Turki telah memba

Jum'at, 28/04/2017 10:45 0

Turki

Turki Resmi Umumkan Hasil Referendum, Ini Pemenangnya

KIBLAT.NET – Dewan Pemilu Tertinggi Turki (YSK) pada akhir hari Kamis (27/4) menerbitkan hasil resmi...

Jum'at, 28/04/2017 10:11 0

Palestina

Pasukan Israel Pukuli Tahanan Palestina Peserta Aksi Mogok Makan

Pengacara Komisi Urusan Tahanan Palestina, Karim Ajwa, mengatakan bahwa pasukan penjajah menyerbu sel tahanan Palestina nomor 1, 2 dan 3 yang dihuni peserta aksi mogok makan. Para tahanan dipukuli setelah menolak melepas pakaian untuk digeledah.

Jum'at, 28/04/2017 10:00 0

Yaman

Saudi Kirim Bantuan Kemanusiaan Ke Seluruh Yaman, Termasuk Daerah Hutsi

KIBLAT.NET – Arab Saudi kirim bantuan kemanusiaan ke seluruh Yaman, termasuk daerah Hutsi. Distribusi bantuan...

Jum'at, 28/04/2017 09:48 0

Asia

Mahasiswi Kashmir Pimpin Aksi Protes Anti-India

Kekerasan yang dilakukan oleh aparat kepolisian India telah menyulut kemarahan mahasiswa Kashmir.

Jum'at, 28/04/2017 08:04 0

Asia

Otoritas India Larang Penduduk Kahsmir Gunakan Internet dan Sosmed

Otoritas India memberlakukan larangan penggunaan media sosial di negara bagian Kashmir.

Jum'at, 28/04/2017 07:23 0

Mali

Berikut Foto-foto Ghanimah yang Diraih JNIM di Timbuktu

Operasi serangan yang dilaksanakan pada pekan lalu manargetkan markas militer Mali di daerah Gourma-Rharous, masuk ke wilayah Timbuktu.

Jum'at, 28/04/2017 06:36 0

Mali

Efek Persatuan, JNIM Perlihatkan Ghanimah Hasil Amaliyat di Timbuktu

Operasi serangan yang dilaksanakan pada pekan lalu itu menewaskan sedikitnya empat tentara Mali dan menyebabkan sebagian besar lainnya luka-luka.

Jum'at, 28/04/2017 06:00 0

Afghanistan

AQIS Rilis Nama-nama Pemimpin yang Gugur Akibat Serangan AS

Al Qaeda in The India Subcontinent (AQIS) mengumumkan para pejuangnya yang gugur akibat operasi militer AS di Afghanistan dalam setahun terakhir.

Jum'at, 28/04/2017 02:08 0