... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Din: Negara Jangan Tersandera ‘Satu Faktor Pemecah Belah Bangsa’

Foto: Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Prof. Din Syamsuddin

KIBLAT.NET, Jakarta – Kondisi keamanan dan kerukunan masyarakat Indonesia dinilai sedang terancam. Terutama menjelang Pilkada DKI Jakarta, hampir saja kerukunan itu pecah.

Melihat hal itu, Tokoh Muhammadiyah, Prof. Din Syamsuddin menyarankan kepada segenap penyelenggara negara untuk tidak terbelenggu dan tersandera oleh “satu faktor perusak dan pemecah belah bangsa.”

“Terlalu rendah derajat kita jika hal itu terjadi, dan terlalu mahal harga yang harus dibayar jika kerusakan dan perpecahan terjadi di negeri ini,” ungkapnya di Jakarta Pusat, Rabu (26/04).

Ia pun kembali menegaskan supaya semua pihak -termasuk pemerintah- menjaga keamanan dan kerukunan negara dan bangsa.

“Kami mengajak semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat, khususnya umat berbagai agama dalam rangka memelihara keamanan negara dan kerukunan bangsa,” ungkapnya.

Ketua Dewan Pertimbangan MUI itu juga mengajak untuk mengembangkan sikap toleransi, yaitu untuk tidak memasuki wilayah keyakinan pihak lain dan tidak mengganggu ha-hal suci yang dianut oleh pihak lain.

Terakhir, ia mengimbau seluruh umat Islam sebagai umat mayoritas di negeri ini untuk menjadi perekat bangsa dan mengedepankan akhlak agung dalam bermuamalah secara nasional.

“Di samping itu kita dituntut untuk mengokohkan ibadah dan tazkiyatun nafs dalam rangka menjaga keutuhan NKRI,” pungkasnya.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Rusia

Ketika Lavrov dan Al-Jubeir Saling Berbantah Soal Iran dan Suriah

Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel Al-Jubeir bertemu rekan Rusianya Sergey Lavrov di Moskow. Pandangan keduanya saling berrtentangan ketika menyinggung masalah peran Iran dan serangan kimia di Suriah.

Kamis, 27/04/2017 14:42 0

Turki

Turki Tangkap 1.000 Lebih Infiltran di Jajaran Kepolisian

Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu mengatakan operasi pada Rabu (26/04) malam menargetkan jaringan Gulen yang disebut 'imam rahasia'.

Kamis, 27/04/2017 14:15 0

Afrika

Puluhan Pengungsi Suriah Terlunta-lunta di Perbatasan Maroko-Aljazair

Menurut Amari, bahkan di antara mereka ada yang melahirkan. Proses persalinan itu dilakukan sendiri dengan arahan dari aktivis di ujung telepon.

Kamis, 27/04/2017 12:31 0

Kolom

Apa Setelah Pilkada?

Politik umat Islam harus melampaui persoalan elektoral belaka (Pilkada). Agar umat Islam tidak menjadi anak tangga bagi sekelompok elit yang haus menggapai kekuasaan. Agar ulama tak sekedar karpet merah bagi ambisi-ambisi sekelompok elit yang melata menuju kekuasaan.

Kamis, 27/04/2017 10:55 0

Syam

Syaikh Abdullah Al-Muhaisini Turut Kabarkan Wafatnya Qari Indonesia

Ulama asal Saudi itu membagikan berita qari meninggal di Channel Telegram pribadinya pada Rabu (26/04). Ia memforward berita tersebut dari Channel Telegram lainnya.

Kamis, 27/04/2017 10:13 0

Suriah

Ratusan “Polisi Pembebasan” Masuki Kota Al-Bab, Pedesaan Aleppo

Pasukan ini mendapat bantuan logistik dan gaji dari pemerintah Turki. Sehingga mereka seakan bagian dari pasukan keamanan negara tetangga Suriah tersebut.

Kamis, 27/04/2017 09:20 0

Suriah

Jubir Resmi Ahrar Wilayah Selatan Gugur Terkena Birmil

Juru bicara resmi Ahrar Syam wilayah selatan, Usamah Nasrullah Al-Syarif, terbunuh setelah rumahnya dihantam bom birmil yang dijatuhkan helikopter militer Suriah. Selain Syarif, insiden pada Selasa malam (25/04) itu juga membunuh istri dan dua anaknya.

Kamis, 27/04/2017 08:30 0

Afghanistan

Taliban Kembali Lancarkan Serangan di Afghanistan Utara

Para pejuang Taliban kembali melancarkan serangan dengan menyergap sejumlah pos polisi di Afghanistan utara.

Kamis, 27/04/2017 07:32 0

Opini

Perda Syariah, Janji yang Tak Terucap

Anies sempat diterpa isu akan menerapkan Perda Syariah melalui beberapa spanduk saat masa kampanye putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2017.

Rabu, 26/04/2017 21:06 0

Syam

Syaikh Al-Zawahiri Seru Pejuang Suriah Terapkan Strategi Perang Gerilya

“Ini adalah cara tepat bagi orang lemah melawan orang kuat di setiap masa,” ujarnya.

Rabu, 26/04/2017 15:56 0

Close