... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Suara Pembaca

Menunda dan Kerugian Nyata

KIBLAT.NET — Pada hakikatnya setiap waktu yang dianugerahkan Nya kepada kita adalah perlu untuk di manfaatkan sebaik-baiknya, hal itu bukan saja sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada-Nya akan tetapi juga sebagai sarana memupuk amal untuk bekal di hari kemudian, sebagaimana sebuah pepatah mengatakan, “waktu tanpa amal seperti sebuah kehidupan tanpa makna”. Di samping itu, Rasulullah SAW telah mewanti-wanti kita selaku umatnya untuk mempergunakan waktu di dunia dengan sebaik-baiknya, dikutip dari sebuah hadist:

“Dari Ibnu Umar RA. Berkata Rasulullah SAW memegang pundakku lalu bersabda: ‘Jadilah engkau di dunia laksana orang asing atau orang yang menyebrangi jalan. Ibnu Umar ra. Berkata, ‘Bila engkau berada disore hari, maka jangan menunggu datangnya pagi; dan bila engkau di pagi hari, maka jangan menunggu datangnya sore. Manfaatkan waktu sehatmu sebelum sakitmu, dan waktu hidupmu sebelum matimu,” (Diriwayatkan oleh Bukhari).

Namun, kendati kita telah mengetahui bahwa kebiasaan menghambur-hamburkan waktu dengan salah satunya; menunda-nunda pekerjaan adalah suatu hal yang mengandung lebih banyak konsekuensi negetif dibandingkan dengan positifnya. Sebagian dari kita cenderung sulit melepaskan kebiasaan tersebut, terutama disaat kita berfikir masih memiliki waktu yang luang dan leluasa.

Tentu hal itu menjadi masalah tersendiri yang sebaiknya segera kita perbaiki sebelum kita benar-benar kehilangan waktu untuk memperbaikinya, penyesalan bukanlah suatu solusi melainkan sebuah reaksi yang tidak dapat mendatangkan apapun selain pembelajaran yang sulit diterima. Apalagi kita tau bahwa kematian adalah teman terdekat yang dapat menunjuk kita kapan dan dimana saja, untuk itu selagi kita mampu merealisasikan nya saat ini; mampu memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin, mengapa tidak kita lakukan. Karena menunda-nunda merupakan kerugian yang nyata.

BACA JUGA  Pemuda Islam, Go International!

 

Penulis: Inggit Selvira (Mahasiswi Institut Agama Islam Sahid Bogor)

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Komentari Ahok, Bocah Papua: Dia Sebut Al-Quran Tipu-tipu

Siapa sangka kasus penistaan agama yang menjerat Gubernur DKI Jakarta, Ahok menjadi perhatian warga Papua.

Senin, 24/04/2017 06:05 0

Indonesia

Sulit Hilangkan Kebiasaan Buruk? Coba Cara Ini!

Setiap dari kita mungkin memiliki kebiasaan buruk masing-masing. Baik dalam hal kesehatan, perilaku, bahkan dalam ibadah atau amaliyah. Disadari atau tidak, tentunya kebiasaan buruk tersebut menimbulkan dampak yang buruk pula. Baik terhadap diri sendiri ataupun orang-orang di sekitar.

Ahad, 23/04/2017 14:17 0

Arab Saudi

Putra Raja Salman Diangkat Jadi Dubes Saudi untuk AS

Arab Saudi menunjuk putra Raja Salman yang menjadi pilot angkatan udara sebagai duta besar untuk Amerika Serikat, yang saat ini di bawah kepemimpinan Presiden Donal Trump.

Ahad, 23/04/2017 13:42 0

Syam

Istri PM Israel Dijerat Kasus Korupsi, Uang Negara untuk Belanja Pribadi

Polisi Israel mendakwa istri Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, terkait kasus korupsi. Demikian dilaporkan Channel 10 Israel pada Jum'at (21/04).

Ahad, 23/04/2017 13:06 0

Asia

Kelompok Hindu “Pelindung Sapi” Serang Satu Keluarga Muslim di Kashmir

Kelompok sayap kanan Hindu menyerang lima anggota keluarga, termasuk seorang gadis kecil di Jammu dan Kashmir pada Jum'at (22/04) malam. Insiden penyerangan tepatnya terjadi di distrik Reasi, wilayah Talwara, sekitar 80 kilometer (50 mil) dari kota Jammu.

Ahad, 23/04/2017 12:37 0

Indonesia

AFKN Gelar Lomba “Anak Hebat”, Ratusan Anak Bersemangat Mengikuti

Empat ratus anak dari berbagai kampung di Kabupaten Fakfak mengikuti lomba 'Anak Hebat' yang diselenggarakan oleh Al-Fatih Kaaffah Nusantara (AFKN). Lomba ini dimulai usai shalat Shubuh di Masjid Agung Baitul Makmur.

Ahad, 23/04/2017 11:40 0

Suriah

Korban Selamat Serangan Kimia: Kami Butuh Tenda untuk Berlindung dari Panas dan Ular

"Tidak ada tenda. Tidak ada yang bisa melindungi kita dari sengatan matahari walau bayang-bayang pepohonan. Yang ada kalajengking dan ular di tanah. Tidak ada tenda, tidak ada toilet, tidak ada makanan," tambahnya.

Ahad, 23/04/2017 11:01 0

Suriah

Rezim Assad Serang Aleppo Utara, 3 Gadis dan Seorang Ibu Tewas

Rezim Bashar Assad diaporkan kembali membombardir wilayah Aleppo utara dan melukai puluhan warga sipil.

Ahad, 23/04/2017 10:18 0

Indonesia

IPW Desak Kapolri Evaluasi Kinerja Anggotanya

Presidium Indonesian Police Watch (IPW), Neta S Pane meminta Kapolri untuk mengevaluasi kinerja anggotanya terkait kaburnya 24 tahanan dalam sepekan di Jawa Timur. Selain itu, tindakan tegas juga harus diberikan kepada kepala tahanan dan kapolsek atau kapolres setempat selaku penaggung jawab langsung.

Ahad, 23/04/2017 09:38 0

Indonesia

Tangis Pecah saat Murid-murid Ponpes AFKN Bertemu Orang Tua Mereka

Air mata Muhammad Isro Rahmaddin Kuaras tumpah tak terbendung. Ia menjabat tangan ibunya, dan meletakkan persis di wajahnya. Demikian juga sang ibu, sesekali menggunakan kain kerudungnya untuk mengusap air mata.

Ahad, 23/04/2017 08:43 0

Close