... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Fokus

Menunda dan Kerugian Nyata

KIBLAT.NET – Pada hakikatnya setiap waktu yang dianugerahkan Nya kepada kita adalah perlu untuk di manfaatkan sebaik-baiknya, hal itu bukan saja sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada Nya akan tetapi juga sebagai sarana memupuk amal untuk bekal di hari kemudian.

Sebagaimana sebuah pepatah mengatakan waktu tanpa amal seperti sebuah kehidupan tanpa makna. Di samping itu, Rasulullah Saw telah mewanti-wanti kita selaku umatnya untuk mempergunakan waktu di dunia dengan sebaik-baiknya.

Mengutip dari sebuah hadist, “Dari Ibnu Umar ra. Berkata Rasulullah Saw memegang pundakku lalu bersabda: ‘Jadilah engkau di dunia laksana orang asing atau orang yang menyebrangi jalan.

Ibnu Umar ra berkata, “Bila engkau berada disore hari, maka jangan menunggu datangnya pagi; dan bila engkau di pagi hari, maka jangan menunggu datangnya sore. Manfaatkan waktu sehatmu sebelum sakitmu, dan waktu hidupmu sebelum mati mu.” (Diriwayatkan oleh Bukhari)

Namun, kendati kita telah mengetahui bahwa kebiasaan menghambur-hamburkan waktu dengan salah satunya; menunda-nunda pekerjaan adalah suatu hal yang mengandung lebih banyak konsekuensi negatif dibandingkan dengan positifnya.

Sebagian dari kita cenderung sulit melepaskan kebiasaan tersebut, terutama disaat kita berfikir masih memiliki waktu yang luang dan leluasa. Tentu hal itu menjadi masalah tersendiri yang sebaiknya segera kita perbaiki sebelum kita benar-benar kehilangan waktu untuk memperbaikinya.

Penyesalan bukanlah suatu solusi melainkan sebuah reaksi yang tidak dapat mendatangkan apapun selain pembelajaran yang sulit diterima. Apalagi kita tahu bahwa kematian adalah teman terdekat yang dapat menunjuk kita kapan dan dimana saja. Untuk itu selagi kita mampu merealisasikan nya saat ini; mampu memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin, mengapa tidak kita lakukan. Karena menunda-nunda merupakan kerugian yang nyata.

Penulis: Inggit Selvira, Mahasiswi Institut Agama Islam Sahid

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Farid Ghozali: Tuntutan Percobaan untuk Ahok Menyalahi KUHP

Anggota Tim Pengacara Muslim, Farid Ghozali heran dengan tuntutan hukuman percobaan dua tahun kepada Ahok. Ia menilai bahwa tuntutan pidana bersyarat atau pidana percobaan terhadap Ahok merupakan sikap hukum JPU yang salah kaprah.

Senin, 24/04/2017 14:12 0

Indonesia

TPM: Jaksa Ambil Wewenang Hakim Memvonis Ahok

Farid Ghozaly, salah satu advokat yang tergabung dalam Tim Pengacara Muslim menilai, bahwa tuntutan yang dijatuhkan JPU dalam sidang Ahok

Senin, 24/04/2017 13:55 0

Indonesia

Rezim Assad Klaim Berhasil Rebut Desa Halfaya di Hama Utara

Dalam hal ini, mereka menyatakan diri telah merebut kendali desa Halfaya dan beberapa desa di sekitarnya.

Senin, 24/04/2017 13:44 0

Indonesia

Sesepuh Muslim Fakfak Apresiasi Dakwah Ustadz Fadlan Garamatan

Sesepuh masyarakat Tambaruni, Kabupaten Fakfak, Ustadz Arman Hamid mengungkapkan bahwa Ustadz Fadlan Garamatan merupakan sosok yang hebat dalam memperjuangkan agama Islam.

Senin, 24/04/2017 13:32 0

Indonesia

Ustad Fadlan Garamatan Ajak Jamaah Tunaikan Sholat Biar Hati Tenteram

Pimpinan Al-Fatih Kaffah Nusantara (AFKN), Ustadz Fadlan Garamatan mengatakan bahwa peluang dan kesempatan sholat hanya diberikan pada orang beriman. Maka Muslim manapun yang tidak melaksanakan sholat, maka ia kafir.

Senin, 24/04/2017 13:24 0

Yaman

Kamp Militer Yaman Kembali Jadi Target Ledakan, 10 Tentara Tewas

Menurut sumber militer Yaman, pada Ahad (23/04) bahwa ada ledakan yang terjadi di sebuah kamp militer di kota Aden, Yaman selatan.

Senin, 24/04/2017 11:43 0

Mesir

Hubungan Saudi dan Mesir Kembali Membaik, Al-Sisi Kunjungi Raja Salman

"Kedua belah pihak sepakat tentang perlunya pengembangan hubungan antara kedua negara di berbagai bidang, peluang investasi dan kerja sama sebagai negara saudara," demikian kata pernyataan kantor presiden Mesir, seperti dilansir Reuters Arabic.

Senin, 24/04/2017 10:47 0

Video News

Papua dan Peradaban Islam Indonesia

KIBLAT.NET – Papua. Bagaimana saat orang tidak mengenal agama. Di tempat inilah kita melahirkan ulama....

Senin, 24/04/2017 10:22 0

Palestina

Aksi Mogok Makan Tahanan Palestina Masuki Hari Ketujuh

Aksi Kebebasan dan Martabat digulirkan tahanan Palestina di penjara Israel untuk menuntut perlakuan layak. Mereka melakukan aksi ini dengan mogok makan massal.

Senin, 24/04/2017 10:00 0

Turki

Turki Berencana Rekonstruksi Puluhan Masjid di Suriah

Menurut kepala yayasan Diyanet Turki, Mustafa Tutkun, yayasannya berencana untuk bekerja sama dengan Perdana Menteri Ankara guna membangun dan memperbaiki 66 masjid di Suriah.

Senin, 24/04/2017 09:26 0

Close