... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kawal Arus Baru Perekonomian Indonesia, MUI Bentuk Komite Nasional Ekonomi Umat

Foto: Kongres Ekonomi Umat 2017 Majelis Ulama Indonesia (MUI)

KIBLAT.NET, Jakarta – Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah menyelesaikan gelaran Kongres Ekonomi Umat 2017. Salah satu poin deklarasi dalam kegiatan tersebut adalah pembentukan Komite Nasional Ekonomi Umat untuk mengawal arus baru ekonomi Indonesia.

MUI menggelar Kongres Ekonomi Umat 2017 selama tiga hari sejak 22 hingga 24 April 2017, di Hotel Sahid, Jakarta. Ketua Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat Majelis Ulama Indonesia, M. Azrul Tanjung mengungkapkan ada enam poin deklarasi yang ditelurkan dalam kongres kali ini.

Azrul menyebutkan poin pertama deklarasi adalah menegaskan sistem perekonomian nasional yang adil, merata, dan mandiri dalam mengatasi kesenjangan ekonomi. Selanjutnya, mempercepat redistribusi dan optimalisasi sumberdaya alam secara arif dan keberlanjutan.

“Ketiga, yaitu memperkuat sumberdaya manusia yang kompeten dan berdaya saing tinggi berbasis keunggulan IPTEK, inovasi, dan kewirausahaan,” kata Azrul dalam pernyataan tertulis yang diterima Kiblat.net, Senin (24/04).

Azrul melanjutkan, MUI juga akan membantu Ummat untuk menggerakkan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah menjadi pelaku usaha utama perekonomian nasional. Poin kelima adalah mewujudkan mitra sejajar Usaha Besar dengan Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dalam sistem produksi dan pasar terintegrasi. Selain itu, jug akan diupayakan pengarusutamaan ekonomi syariah dalam perekonomian nasional.

“Point keenam, yaitu membentuk Komite Nasional Ekonomi Umat untuk mengawal arus baru perekonomian Indonesia,” pungkasnya.

BACA JUGA  Soal Cadar, Jokowi: Itu Kebebasan Pribadi

Kongres Ekonomi Umat Islam Majlis Ulama Indonesia (MUI) kali ini diikuti oleh 500 peserta, dan sejumlah pengusaha nasional. Kegiatan tersebut ditutup oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla pada Senin (24/04).

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Prancis

Macron dan Le Pen Maju ke Putaran Dua Pemilu Perancis

Hasil penghitungan akhir Kementerian Dalam Negeri Perancis, Senin (24/04), menunjukkan Emmanuel Macron dan Marine Le Pen mendapat suara terbanyak dari 11 kandidat presiden Perancis. Keduanya dijadwalkan akan bersaing kembali pada 7 Mei mendatang dalam putaran kedua.

Senin, 24/04/2017 19:48 0

Afghanistan

Taliban Serbu Markas Militer Menewaskan 50 Lebih Tentara Afghanistan

Imarah Islam Taliban dilaporkan kembali melancarkan serangan ganda paling mematikan dalam setahun terakhir ini terhadap pasukan militer Afghan.

Senin, 24/04/2017 18:00 0

Afrika

Ranjau Darat Al-Syabaab Tewaskan 10 Tentara di Utara Somalia

Pejabat Somalia mengatakan sedikitnya 10 tentara tewas dan lebih dari delapan lainnya luka-luka akibat serangan ranjau darat yang menghantam sebuah kendaraan militer pada hari Ahad, (23/04) kemarin.

Senin, 24/04/2017 17:40 0

Suara Pembaca

Menunda dan Kerugian Nyata

Namun, kendati kita telah mengetahui bahwa kebiasaan menghambur-hamburkan waktu dengan salah satunya; menunda-nunda pekerjaan adalah suatu hal yang mengandung lebih banyak konsekuensi negatif dibandingkan dengan positifnya.

Senin, 24/04/2017 14:53 0

Yaman

Kamp Militer Yaman Kembali Jadi Target Ledakan, 10 Tentara Tewas

Menurut sumber militer Yaman, pada Ahad (23/04) bahwa ada ledakan yang terjadi di sebuah kamp militer di kota Aden, Yaman selatan.

Senin, 24/04/2017 11:43 0

Mesir

Hubungan Saudi dan Mesir Kembali Membaik, Al-Sisi Kunjungi Raja Salman

"Kedua belah pihak sepakat tentang perlunya pengembangan hubungan antara kedua negara di berbagai bidang, peluang investasi dan kerja sama sebagai negara saudara," demikian kata pernyataan kantor presiden Mesir, seperti dilansir Reuters Arabic.

Senin, 24/04/2017 10:47 0

Video News

Papua dan Peradaban Islam Indonesia

KIBLAT.NET – Papua. Bagaimana saat orang tidak mengenal agama. Di tempat inilah kita melahirkan ulama....

Senin, 24/04/2017 10:22 0

Palestina

Aksi Mogok Makan Tahanan Palestina Masuki Hari Ketujuh

Aksi Kebebasan dan Martabat digulirkan tahanan Palestina di penjara Israel untuk menuntut perlakuan layak. Mereka melakukan aksi ini dengan mogok makan massal.

Senin, 24/04/2017 10:00 0

Turki

Turki Berencana Rekonstruksi Puluhan Masjid di Suriah

Menurut kepala yayasan Diyanet Turki, Mustafa Tutkun, yayasannya berencana untuk bekerja sama dengan Perdana Menteri Ankara guna membangun dan memperbaiki 66 masjid di Suriah.

Senin, 24/04/2017 09:26 0

Yaman

Drone AS Tewaskan 5 Anggota AQAP dan 3 Sipil di Yaman Selatan

Sedikitnya tujuh orang, tiga di antara sipil, tewas akibat serangan udara pesawat tanpa awak AS menargetkan para pejuang Al-Qaidah Yaman (AQAP) di Yaman tenggara, Ahad (23/04).

Senin, 24/04/2017 09:00 0

Close