... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Hubungan Saudi dan Mesir Kembali Membaik, Al-Sisi Kunjungi Raja Salman

KIBLAT.NET, Kairo – Kantor Kepresidenan Mesir, Ahad (23/04), mengumumkan bahwa Presiden Abdel Fattah al-Sisi dan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz sepakat kembali membangun hubungan baik dan mengoordinasikan upaya memerangi “terorisme”. Kesepakatan ini dinyatakan dalam pertemuan kedua kepala negara di Riyadh baru-baru ini.

“Kedua belah pihak sepakat tentang perlunya pengembangan hubungan antara kedua negara di berbagai bidang, peluang investasi dan kerja sama sebagai negara saudara,” demikian kata pernyataan kantor presiden Mesir, seperti dilansir Reuters Arabic.

Pernyataan itu menjelaskan, kedua kepala negara sepakat pentingnya mengkoordinasikan dan mengintensifkan tukar pendapat untuk merumuskan strategi terpadu dalam rangka menghadapi perkembangan situasi yang mengancam dunia.

Di tingkat regional, Al-Sisi dan Salman satu pendapat akan pentingnya penguatan kerjasama Arab dan solidaritas untuk berada di satu barisan menghadapi segala bentuk ancaman terhadap bangsa Arab, dan mengakhiri krisis yang dialami oleh sejumlah negara di kawasan serta memberikan kontribusi untuk memulihkan keamanan dan stabilitas negara-negara tersebut.

Sementara itu, kantor berita resmi Saudi mengatakan bahwa Raja Saudi menyambut langsung kedatangan Al-Sisi dan rombongannya di pangkalan udara Raja Salman di Riyadh. Kemudian Raja Salman membawa rombongan tersebut langsung ke Istana Kerjaan.

Kedua kepala negara menggelar pertemuan resmi di istana dan membahas penguatan hubungan kedua negara dan kerja sama. Selain itu, mereka juga membahas isu-isu yang berkembang di kawasan.

Kantor Kepresiden Mesir menambahkan bahwa Al-Sisi mengundang Raja Salman ke Mesir sebagai kunjungan balasan. Undangan ini pun mendapat balasan positif dan Raja Salman berjanji mengunjungi Mesir dalam waktu dekat.

Hubungan Arab Saudi dan Mesir kembali membaik setelah Al-Sisi dan Raja Salman bertemu di konferensi KTT Arab yang digelar di Yordania bebeapa pekan lalu. Hal pertemuan itu, Al-Sisi diundang ke Arab Saudi.

Kerenggangan hubungan Saudi-Mesir dipicu sikap rezim Al-Sisi yang mulai mendukung rezim Bashar Assad dan pemberontak di Yaman. Hal itu membuat Saudi marah dan memutus sejumlah bantuan ke negara tersebut.

Reporter: Sulhi El-Izzi
Sumber: Reuters Arabic

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video News

Papua dan Peradaban Islam Indonesia

KIBLAT.NET – Papua. Bagaimana saat orang tidak mengenal agama. Di tempat inilah kita melahirkan ulama....

Senin, 24/04/2017 10:22 0

Opini

Menunda dan Kerugian Nyata

"Waktu tanpa amal seperti sebuah kehidupan tanpa makna".

Senin, 24/04/2017 08:34 0

Indonesia

Komentari Ahok, Bocah Papua: Dia Sebut Al-Quran Tipu-tipu

Siapa sangka kasus penistaan agama yang menjerat Gubernur DKI Jakarta, Ahok menjadi perhatian warga Papua.

Senin, 24/04/2017 06:05 0

Indonesia

Sulit Hilangkan Kebiasaan Buruk? Coba Cara Ini!

Setiap dari kita mungkin memiliki kebiasaan buruk masing-masing. Baik dalam hal kesehatan, perilaku, bahkan dalam ibadah atau amaliyah. Disadari atau tidak, tentunya kebiasaan buruk tersebut menimbulkan dampak yang buruk pula. Baik terhadap diri sendiri ataupun orang-orang di sekitar.

Ahad, 23/04/2017 14:17 0

Indonesia

AFKN Gelar Lomba “Anak Hebat”, Ratusan Anak Bersemangat Mengikuti

Empat ratus anak dari berbagai kampung di Kabupaten Fakfak mengikuti lomba 'Anak Hebat' yang diselenggarakan oleh Al-Fatih Kaaffah Nusantara (AFKN). Lomba ini dimulai usai shalat Shubuh di Masjid Agung Baitul Makmur.

Ahad, 23/04/2017 11:40 0

Indonesia

IPW Desak Kapolri Evaluasi Kinerja Anggotanya

Presidium Indonesian Police Watch (IPW), Neta S Pane meminta Kapolri untuk mengevaluasi kinerja anggotanya terkait kaburnya 24 tahanan dalam sepekan di Jawa Timur. Selain itu, tindakan tegas juga harus diberikan kepada kepala tahanan dan kapolsek atau kapolres setempat selaku penaggung jawab langsung.

Ahad, 23/04/2017 09:38 0

Indonesia

Tangis Pecah saat Murid-murid Ponpes AFKN Bertemu Orang Tua Mereka

Air mata Muhammad Isro Rahmaddin Kuaras tumpah tak terbendung. Ia menjabat tangan ibunya, dan meletakkan persis di wajahnya. Demikian juga sang ibu, sesekali menggunakan kain kerudungnya untuk mengusap air mata.

Ahad, 23/04/2017 08:43 0

Indonesia

24 Tahanan di Jatim Kabur, IPW: Aparat Abaikan Tanggung Jawabnya

Kaburnya 24 tahanan dari 2 polsek selama sepekan terakhir di wilayah hukum Polda Jawa Timur menjadi perhatian serius dari Indonesian Police Watch (IPW).

Ahad, 23/04/2017 08:05 0

Indonesia

Begini Penjelasan Hukuman Percobaan yang Dituntutkan kepada Ahok

Disebutkan bahwa tuntutan jaksa berupa hukuman penjara 1 tahun dengan masa percobaan 2 tahun. Hal ini diterangkan oleh Amalia bahwa pidana percobaan disamakan dengan pidana bersyarat, yang artinya, pidana tidak dijatuhkan dengan syarat terdakwa tidak mengulangi perbuatan yang didakwakan tersebut.

Sabtu, 22/04/2017 21:14 0

Indonesia

Tuntutan Ringan terhadap Ahok Dinilai Berpotensi Sebabkan Konflik Sosial

Ketua PW Pemuda Muhammadiyah Sumatera Utara, Basir Hasibuan menilai bahwa tuntutan yang dijatuhkan pada terdakwa penistaan agama, Basuki Tjahaja Purnama dengan tuntutan berupa satu tahun penjara dengan masa percobaan selama dua tahun sangat mengejutkan masyarakat Indonesia, khususnya Ummat Muslim.

Sabtu, 22/04/2017 20:45 1

Close