... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

IPW Desak Kapolri Evaluasi Kinerja Anggotanya

Foto: Ilustrasi jeruji tahanan.

KIBLAT.NET, Jakarta – Presidium Indonesian Police Watch (IPW), Neta S Pane meminta Kapolri untuk mengevaluasi kinerja anggotanya terkait kaburnya 24 tahanan dalam sepekan di Jawa Timur. Selain itu, tindakan tegas juga harus diberikan kepada kepala tahanan dan kapolsek atau kapolres setempat selaku penaggung jawab langsung.

“Dalam kasus kaburnya 24 tahanan di Jawa Timur, tindakan tegas yang dilakukan tidak cukup hanya mencopot kepala tahanan atau kapolsek atau kapolresnya saja. Tapi Kapolri juga harus mengevaluasi kinerja kapolres dan kapoldanya. Ini perlu dilakukan karena para tahanan itu kabur dari kota yang tergolong besar,” ungkapnya melalui rilis yang diterima Kiblat.net, Jum’at (21/04).

Neta menilai, sistem dan kinerja polisi di kota besar seharusnya jelas berbeda dengan polisi di pedalaman. Jika polisi di kota besar tidak becus menjaga keamanan di wilayahnya, bagaimana masyarakat bisa berharap polisi itu menjaga keamanan di tempat lain, seperti keamanan di lingkungan masyarakat.

“Kapolri harus segera mengevaluasi kinerja kapolda, kapolres dan kepala tahanannya. Jangan sampai kepercayaan masyarakat terhadap polisi makin menurun,” terangnya.

Lebih lanjut, Neta mengatakan, jajaran kepolisian harus menyadari bahwa untuk menangkap dan memburu tersangka agar bisa dimasukkan ke sel tahanan, dibutuhkan dana yang cukup besar.

“Jika tahanan yang sudah ditangkap kemudian bisa melarikan diri dari kantor polisi dengan mudahnya, bukan hanya dana yang besar lagi yang harus dikeluarkan Polri, tapi juga akan membuat takut masyarakat. Sebab bukan mustahil penjahat yang kabur itu akan lebih nekat lagi dalam beraksi menteror masyarakat,” jelasnya.

BACA JUGA  Bukan Lagi Materi Fikih, Khilafah Kini Dipindah ke Mata Pelajaran SKI

Oleh sebab, kata Neta, jika ada tahanan yang kabur dari kantor polisi tak cukup hanya kapolseknya yang dicopot. Tapi kapolres dan kapoldanya juga harus dievaluasi. “Tujuannya agar kinerja, sistem, tingkat kepedulian dan pengawasan yang dibangun kapolres maupun kapoldanya bisa diukur,” tegasnya.

Neta menambahkan Jika ternyata kinerjanya rendah dan buruk, yang terbukti dari kaburnya para tahanan secara berturut turut, maka pejabatnya harus segera dicopot dan diganti dengan perwira yang mau bekerja serius, terutama dalam menjaga keamanan markasnya.

“Copot saja kapolresnya, masih banyak perwira yang mau bekerja serius. Bagaimana mau jaga keamanan masyarakat, orang di rumahnya sendiri aja kerap kebobolan alias kecolongan,” tutupnya.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afghanistan

Begini Cara Pejuang Taliban Menyusup ke Pangkalan Militer Mazar i Sharif

Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, menunjukkan bahwa empat dari sepuluh pejuangnya itu telah menyusup ke barisan militer sejak lama. Mereka semua dari satuan Brigade Istisyhad pasukan Imarah Islam Afghanistan.

Sabtu, 22/04/2017 23:09 0

Afghanistan

Tentara Tewas Akibat Serangan Taliban di Mazar i Sharif Capai 140

jumlah korban tewas mungkin lebih banyak dari angka tersebut. Sementara korban luka-luka sangat banyak.

Sabtu, 22/04/2017 22:38 0

Afghanistan

Serangan di Pangkalan Militer Mazar i Sharif Hanya Dilakukan 10 Pejuang Taliban

Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, mengungkap bahwa serangan di markas militer di kota Mazar i Sharif, negara bagian Balh, Afghanistan utara, pada Jumat (21/04) hanya dilakukan oleh sepuluh pejuang. Mereka adalah pasukan khusus dari Brigade Istisyhadiyin.

Sabtu, 22/04/2017 21:56 0

Afghanistan

Taliban Serbu Pangkalan Militer Mazar i Sharif, Puluhan Tentara Tewas

Jubir kementerian pertahanan Dawlat Waziri membeberkan pada Jum'at (21/04) bahwa serangan ini terjadi di pangkalan militer Mazar i Sharif di Afghanistan selatan.

Sabtu, 22/04/2017 20:35 1

China

Cina-Iran Tanda Tangani Kontrak Desain Ulang Reaktor Nuklir

Sebuah perusahaan China dan Iran dilaporkan telah menyepakati kontrak pertama pembuatan reaktor nuklir.

Sabtu, 22/04/2017 20:17 1

Tarbiyah Jihadiyah

Tingkatan Manusia Dalam Menghadapi Tipu Daya Setan

Memperjuangkan Islam merupakan amalan yang memerlukan keistiqomahan dan kesabaran dalam menapaki setiap anak tangganya. Sementara itu setan selalu mengintai seorang aktifis, menunggu waktu lengahnya. Saat seorang aktifis lalai, seketika itu pula setan dengan sigap mencoba menggelincirkan kakinya.

Sabtu, 22/04/2017 19:45 0

Suriah

Bashar Assad Akui Kehilangan Setengah Kemampuan Pertahanan Udara

Serangan militan telah membuat kami kehilangan setengah kemampuan pertahanan udara. Rusia sangat membantu

Sabtu, 22/04/2017 17:34 0

Amerika

Di Amerika, Setiap Satu Setengah Menit Terjadi Kekerasan Seksual

Laporan ini dirilis oleh Jaringan Nasional AS untuk Memantau Pemerkosaan, Pelecehan dan Inses, seperti dilansir koran USA Today pada Jumat (21/04). Tak hanya perempuan, korbannya juga kaum laki-laki.

Sabtu, 22/04/2017 14:04 0

China

Cina Desak Pelajar Muslim Uighur Di Luar Negeri Pulang atau Keluarga Mereka Dipenjara

Kebijakan represif dan diskriminatif pemerintah komunis Cina terhadap warga Muslim Uighur telah lama menjadi keprihatinan masyarakat internasional.

Sabtu, 22/04/2017 07:32 0

Malaysia

Mufti Perlis Tak Ingin Dr Zakir Naik Dideportasi ke India

Mufti negara bagian Perlis Mohd Asri Zainul Abidin meminta agar pemerintah Malaysia tidak menerima permintaan deportasi Zakir Naik ke India.

Sabtu, 22/04/2017 07:01 0

Close