... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

24 Tahanan di Jatim Kabur, IPW: Aparat Abaikan Tanggung Jawabnya

Foto: Ketua Presidium IPW, Neta S. Pane.

KIBLAT.NET, Jakarta – Kaburnya 24 tahanan dari 2 polsek selama sepekan terakhir di wilayah hukum Polda Jawa Timur menjadi perhatian serius dari Indonesian Police Watch (IPW). Insiden itu dinilai sangat memprihatinkan dan menunjukkan betapa lemahnya sistem penjagaan tahanan di Polda Jatim.

Ketua IPW, Neta S Pane mengatakan kasus tersebut memperlihatkan sangat rendahnya kepedulian jajaran kepolisian di Jawa Timur terhadap keamanan sel. Akibatnya dalam waktu yang hampir bersamaan 24 tahanan kabur. Ironisnya, modus yang digunakan hampir sama, yakni merusak plafon dan menggergaji sel tahanan.

“Dari kasus ini bisa disimpulkan betapa tidak pedulinya jajaran kepolisian di Jawa Timur terhadap sistem keamanan di sel tahanan. Padahal untuk bisa kabur, ada proses panjang yang dilakukan para tahanan. Mulai dari memasukkan barang untuk merusak plafon dan menggergaji besi sel hingga proses perusakan dan pelarian dari sel. Tapi kenapa aparat kepolisian bisa abai,” ujar Neta dalam siaran pers yang diterima Kiblat.net, Jum’at (21/04).

Neta mengungkapkan bahwa hal ini akibat dari ketidakpedulian jajaran aparat pada tempatnya bertugas, sehingga mereka tidak memiliki kepekaan. Akibatnya apa yang menjadi tanggung jawabnya diabaikan, yakni menjaga para tahanan dengan ketat.

“Rendahnya kepedulian jajaran bawah kepolisian yang bertugas menjaga sel tahanan itu tentu tak terlepas dari rendahnya kepedulian atasan kepolisian di jajaran Polda Jawa Timur terhadap pembinaan bawahannya, terutama dalam hal tanggung jawab terhadap tugas tugasnya,” pungkasnya.

BACA JUGA  Pakar Pidana: Granat Meledak di Monas Bikin Orang Ketakutan

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afghanistan

Begini Cara Pejuang Taliban Menyusup ke Pangkalan Militer Mazar i Sharif

Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, menunjukkan bahwa empat dari sepuluh pejuangnya itu telah menyusup ke barisan militer sejak lama. Mereka semua dari satuan Brigade Istisyhad pasukan Imarah Islam Afghanistan.

Sabtu, 22/04/2017 23:09 0

Afghanistan

Tentara Tewas Akibat Serangan Taliban di Mazar i Sharif Capai 140

jumlah korban tewas mungkin lebih banyak dari angka tersebut. Sementara korban luka-luka sangat banyak.

Sabtu, 22/04/2017 22:38 0

Afghanistan

Serangan di Pangkalan Militer Mazar i Sharif Hanya Dilakukan 10 Pejuang Taliban

Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, mengungkap bahwa serangan di markas militer di kota Mazar i Sharif, negara bagian Balh, Afghanistan utara, pada Jumat (21/04) hanya dilakukan oleh sepuluh pejuang. Mereka adalah pasukan khusus dari Brigade Istisyhadiyin.

Sabtu, 22/04/2017 21:56 0

Afghanistan

Taliban Serbu Pangkalan Militer Mazar i Sharif, Puluhan Tentara Tewas

Jubir kementerian pertahanan Dawlat Waziri membeberkan pada Jum'at (21/04) bahwa serangan ini terjadi di pangkalan militer Mazar i Sharif di Afghanistan selatan.

Sabtu, 22/04/2017 20:35 1

China

Cina-Iran Tanda Tangani Kontrak Desain Ulang Reaktor Nuklir

Sebuah perusahaan China dan Iran dilaporkan telah menyepakati kontrak pertama pembuatan reaktor nuklir.

Sabtu, 22/04/2017 20:17 1

Tarbiyah Jihadiyah

Tingkatan Manusia Dalam Menghadapi Tipu Daya Setan

Memperjuangkan Islam merupakan amalan yang memerlukan keistiqomahan dan kesabaran dalam menapaki setiap anak tangganya. Sementara itu setan selalu mengintai seorang aktifis, menunggu waktu lengahnya. Saat seorang aktifis lalai, seketika itu pula setan dengan sigap mencoba menggelincirkan kakinya.

Sabtu, 22/04/2017 19:45 0

Suriah

Bashar Assad Akui Kehilangan Setengah Kemampuan Pertahanan Udara

Serangan militan telah membuat kami kehilangan setengah kemampuan pertahanan udara. Rusia sangat membantu

Sabtu, 22/04/2017 17:34 0

Amerika

Di Amerika, Setiap Satu Setengah Menit Terjadi Kekerasan Seksual

Laporan ini dirilis oleh Jaringan Nasional AS untuk Memantau Pemerkosaan, Pelecehan dan Inses, seperti dilansir koran USA Today pada Jumat (21/04). Tak hanya perempuan, korbannya juga kaum laki-laki.

Sabtu, 22/04/2017 14:04 0

China

Cina Desak Pelajar Muslim Uighur Di Luar Negeri Pulang atau Keluarga Mereka Dipenjara

Kebijakan represif dan diskriminatif pemerintah komunis Cina terhadap warga Muslim Uighur telah lama menjadi keprihatinan masyarakat internasional.

Sabtu, 22/04/2017 07:32 0

Malaysia

Mufti Perlis Tak Ingin Dr Zakir Naik Dideportasi ke India

Mufti negara bagian Perlis Mohd Asri Zainul Abidin meminta agar pemerintah Malaysia tidak menerima permintaan deportasi Zakir Naik ke India.

Sabtu, 22/04/2017 07:01 0

Close