... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Titian

Tingkatan Manusia Dalam Menghadapi Tipu Daya Setan

Foto: Setan (Ilustrasi)

KIBLAT.NET – Memperjuangkan Islam merupakan amalan yang memerlukan keistiqomahan dan kesabaran dalam menapaki setiap anak tangganya. Sementara itu setan selalu mengintai seorang aktifis, menunggu waktu lengahnya. Saat seorang aktifis lalai, seketika itu pula setan dengan sigap mencoba menggelincirkan kakinya.

Tidakkah kita pernah mendengar seorang yang ikut berperang bersama Rasul, kemudian para sahabat mendapatinya dalam keadaan terbunuh di jalan Allah. Namun alangkah mengagetkan saat Rasul mengatakan bahwa dia berada di neraka. Ternyata usut punya usut dia membunuh dirinya karena tidak tahan dengan sakitnya luka yang dia dapat. Kisah itu mengingatkan kita pada suatu hal, bahwa setan senantiasa menunggu kita lalai.

Ibnul Qayyim dalam kitabnya yang berjudul Uddatush Shabirin  mengisahkan satu riwayat yang berasal dari seorang salaf. Seorang setan bertemu dengan kawannya yang keadaannya sangat kurus, lemah, dan kerempeng.

Ia pun bertanya, “Mengapa kamu menjadi seperti ini?”

Temannya menjawab, “Aku mempunyai seorang qarin dari golongan manusia. Aku tidak bisa ikut makan bersamanya, tidak bisa bermalam, dan tidak bisa turut bersenggama bersamanya.”

Temannya bertanya, “Mengapa bisa begitu?”

Ia menjawab, “Sebab, ia menyebut asma Allah ketika hendak makan dan menyebut asma Allah jika hendak berjima’. Aku pun tercegah untuk turut menikmati itu semua.”

Maka berkatalah yang lain, “Kalau aku, aku bisa ikut makan, bermalam, dan berjima’ dengan istrinya bersamanya.”

Oleh karena itu, salah seorang Mufassir memberikan ulasan atas firman

BACA JUGA  Peserta Reuni 212 Membubarkan Diri dengan Tertib

Allah:

وَشَارِكْهُمْ فِي الأمْوَالِ وَالأولادِ

“… Dan berserikatlah dengan mereka (manusia) pada harta dan anak-anak mereka…” (Al-Isrâ’: 64)

Beliau berkata, “Berserikatnya setan atas anak Adam dalam hal hartanya adalah jelas, akan tetapi bagaimana bentuk perserikatannya dengan anak Adam dalam hubungannya dengan anak-anak yang lahir dari perut mereka? Mereka mengatakan: “Sesungguhnya setan, apabila seseorang lupa membaca doa:

بِسْمِ اللهِ اَللّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا

“Dengan nama Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari setan dan jauhkanlah setan dari apa yang Engkau rezekikan pada kami,” ketika hendak menjima’ istrinya; maka setan ikut menyertainya dalam menjima’ istrinya.

Baca halaman selanjutnya: Dari kisah di atas memperkuat...

Halaman Selanjutnya 1 2
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Bashar Assad Akui Kehilangan Setengah Kemampuan Pertahanan Udara

Serangan militan telah membuat kami kehilangan setengah kemampuan pertahanan udara. Rusia sangat membantu

Sabtu, 22/04/2017 17:34 0

Amerika

Di Amerika, Setiap Satu Setengah Menit Terjadi Kekerasan Seksual

Laporan ini dirilis oleh Jaringan Nasional AS untuk Memantau Pemerkosaan, Pelecehan dan Inses, seperti dilansir koran USA Today pada Jumat (21/04). Tak hanya perempuan, korbannya juga kaum laki-laki.

Sabtu, 22/04/2017 14:04 0

China

Cina Desak Pelajar Muslim Uighur Di Luar Negeri Pulang atau Keluarga Mereka Dipenjara

Kebijakan represif dan diskriminatif pemerintah komunis Cina terhadap warga Muslim Uighur telah lama menjadi keprihatinan masyarakat internasional.

Sabtu, 22/04/2017 07:32 0

Malaysia

Mufti Perlis Tak Ingin Dr Zakir Naik Dideportasi ke India

Mufti negara bagian Perlis Mohd Asri Zainul Abidin meminta agar pemerintah Malaysia tidak menerima permintaan deportasi Zakir Naik ke India.

Sabtu, 22/04/2017 07:01 0

Asia

India Resmi Keluarkan Surat Perintah Penangkapan terhadap Dr Zakir Naik

Pengadilan khusus Badan Investigasi Nasional India (NIA) resmi mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Dr Zakir Naik.

Sabtu, 22/04/2017 05:04 1

Suriah

Duar… Pasukan Assad Injak Ranjau, Jihadis Suriah Raih Kemajuan di Hama dan Daraa

Sejumlah tentara Assad tewas setelah mereka memasuki ladang ranjau yang dibangun jihadis Suriah di dekat Taibat al-Imam, sebelah utara Hama, Kamis (20/04).

Jum'at, 21/04/2017 23:13 0

Turki

Erdogan Sebut Milisi Syiah “Al-Hashd Al-Shaabi” Teroris, Iraq Bereaksi

Al-Hashd Al-Shaabi adalah organisasi bersenjata payung militer Iraq yang didominasi milisi Syiah yang setia kepada Iran. Menurut laporan lembaga pengawas Hak Asasi Manusia, HRW (Human Right Watch) organisasi Syiah ini telah melakukan sejumlah kejahatan terkait kemanusiaan, seperti menculik dan membunuh, membakar rumah dan toko, serta masjid-masjid milik warga Sunni.

Jum'at, 21/04/2017 22:05 0

Mesir

Mesir Bersiap Lakukan Militerisasi Sekolah Menengah Atas

Terdapat 15 sekolah menengah kejuruan di Mesir yang telah diubah menjadi akademi militer. Salah satu yang paling awal diubah di Dakahlia, sebuah provinsi di utara Kairo. Para siswa dari sekolah menengah kejuruan Al Bagour membuat parade bergaya militer saat kedatangan wakil menteri pendidikan pada tahun 2015. Hal itu dirayakan secara luas oleh para pejabat untuk menjadi contoh di negara-negara lain.

Jum'at, 21/04/2017 21:09 0

Amerika

AS: Rezim Suriah Masih Simpan Senjata Kimia

"Tanpa diragukan lagi, rezim Suriah masih menyimpan sebagian senjata kimianya," katanya di sela-sela kunjungan ke Israel, Jumat. Mattis memperingatkan Assad akan menggunakannya kembali.

Jum'at, 21/04/2017 20:30 0

Timur Tengah

Pria Ini Tolak Hadiah Miliaran Rupiah dari Bank, Apa Alasannya?

Bagi kebanyakan orang, mendapatkan uang miliaran rupiah akan dihabiskannya untuk liburan, beli barang-barang mahal, berfoya-foya, ataupun dipergunakan sesuai yang diinginkan. Namun, hal itu tidak bagi seorang pria yang menjadi imam masjid di Oman.

Jum'at, 21/04/2017 20:00 0

Close