... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

PBB Tak Dilibatkan dalam Kesepakatan Empat Kota Suriah

Foto: Bus-bus yang memindahkan warga Syiah di Al-Fouah dan Kufreya ke wilayah kontrol rezim di Aleppo

KIBLAT.NET, Idlib – Penanggung jawab urusan kemanusian PBB, Ian Egeland, Kamis (20/04), menekankan bahwa organisasi internasional tidak terlibat dalam kesepakatan empat kota Suriah: Kefraya dan Al-Fouah di pedesaan Idlib, dan Madaya dan Zabadani di pedesaan Damaskus.

Egeland yang juga menjabat penasihat utusan khususu PBB ke Suriah mengatakan bahwa pihaknya tidak mengetahui sejauh mana pembicaraan yang dilakukan kepada warga empat kota untuk mau meninggalkan kampung halaman mereka. Namun yang pasti, lanjutnya, mereka bersedia pergi karena blokade yang semakin mencekik.

Dengan perginya para pejuang oposisi dari kota Zabadani dan pegunungan timur kota Madaya, wilayah di pedesaan Damaskus itu saat ini sepenuhnya di bawah kendali rezim Suriah dan milisi Syiah Hizbullah Lebanon.

Kota Zabadani sendiri saat ini sudah kosong dari keberadaan pejuang. Warga dan pejuang telah meninggalkan kota itu menuju provinsi Idlib, dari realisasi kesepakatan tahap pertama.

Kesepakatan tahap pertama telah memindahkan sebanyak lima ribu orang, di antaranya 1.300 militan Syiah, dari kota Al-Fouah dan Kufreya. Imbalannya, sebanyak 2200 orang, termasuk empat ratus pejuang, mengosongkan kota Zabadani dan Madaya.

Menurut perjanjian, pertukaran warga itu mengeluarkan sebanyak 16 ribu warga dan milisi Syiah dari Al-Fouah dan Kufreya. Sementara dari kota Zabadani dan Madaya hanya warga dan pejuang yang ingin meninggalkan kampung halaman mereka.

Pejuang aliansi Jaisyul Fath, yang didominasi Ahrar Al-Syam dan Hai’ah Tahrir Al-Syam, menyepakati perjanjian itu dengan rezim Assad. Kesepakatan ini dipilih untuk menyelamatkan warga Madaya dan Zabadani yang terkepung selama tiga tahun lebih.

Reporter: Sulhi El-Izzi
Sumber: Al-Jazeera

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Gelar Subuh Berjamaah, AFKN Kerahkan Imam Cilik

Uniknya, untuk imam salat subuh tersebut, AFKN mengerahkan da'i-da'i cilik, yang kisaran usia belasan tahun. Para da'i tersebut memang santri dari Pesantren AFKN yang berada di Bekasi.

Jum'at, 21/04/2017 15:40 0

Video News

Peletakan Batu Pertama Masjid Al Falah Patipi Pasir dan Pembagian Sembako Oleh AFKN

KIBLAT.NET – Tim Kiblat Tv berkesempatan untuk meliput safari dakwah Ust. Fadlan Garamatan di Fakfak,...

Jum'at, 21/04/2017 09:16 0

Video News

Sambutan Hangat Masyarakat Papua atas Kedatangan Ust. Fadlan Garamatan

KIBLAT.NET – Tim Kiblat Tv berkesempatan untuk meliput safari dakwah Ust. Fadlan Garamatan di Fakfak,...

Jum'at, 21/04/2017 09:12 0

Indonesia

Pisau Sembelih Sapi Jadi Barang Bukti Terorisme

Densus 88 menyita barang bukti berupa pisau panjang dari kediaman Gatot Witono (48 tahun). Pisau tersebut disebutkan menjadi barang bukti kasus terorisme.

Jum'at, 21/04/2017 07:46 0

Indonesia

Dikaitkan dengan Terorisme, Tukang Jagal Sapi Jalani Sidang

Seorang pegawai pabrik kulit, Gatot Witono (48 tahun) menjalani sidang kedua kasus dugaan tindak pidana terorisme.

Jum'at, 21/04/2017 07:12 0

Indonesia

JPU Tuntut Ahok 2 Tahun Masa Percobaan, Muhammadiyah Heran

Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Bidang Hukum, Faisal menilai bahwa tuntutan pidana bersyarat atau pidana percobaan terhadap Ahok merupakan sikap hukum JPU yang salah kaprah.

Jum'at, 21/04/2017 06:36 1

Indonesia

Belum Siap, Sidang Tuntutan Katibah Gonggong Rebus Ditunda

Lebih lanjut, sebenarnya para terdakwa sudah siap ditahanan bawah PN dan kuasa hukum siap mendampingi.

Jum'at, 21/04/2017 06:10 0

Indonesia

Al-Azhar kepada Presiden Al-Sisi: Jangan Main-main dengan Kami!

Para petinggi Universitas Al-Azhar mengeluarkan pernyataan keras terkait serangan-serangan verbal yang ditujukan kepada institusi mereka. Pernyataan itu dikeluarkan setelah pertemuan bersama yang dipimpin Syakh Al-Azhar, Ahmad Al-Tayyib pada Selasa (18/04) lalu.

Kamis, 20/04/2017 20:00 1

Indonesia

Tuntutan Ringan JPU terhadap Ahok Ciderai Keadilan Masyarakat

"Tuntutan pidana kepada Ahok sangat ringan dan mencederai keadilan masyarakat. Kita tinggal berharap kepada Majelis Hakim untuk berani memutus pidana penjara maksimal 5 tahun dengan mengesampingkan Asas Ultra Petita atas nama keadilan masyarakat", pungkasnya.

Kamis, 20/04/2017 17:21 0

Indonesia

Penembakan Satu Keluarga oleh Polisi, Netizen: Sadis!!!

emberitaan soal penembakan mobil berisi satu keluarga yang dilakukan oleh polisi di Lubuklinggau, Sumatera Selatan menjadi viral di media sosial. Dalam insiden tersebut, 7 dari 8 orang mengalami luka tembak, dengan satu orang, yaitu Surini (54) meninggal dunia.

Kamis, 20/04/2017 12:54 0