... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

JPU Tuntut Ahok 2 Tahun Masa Percobaan, Muhammadiyah Heran

Foto: Pemuda Muhammadiyah

KIBLAT.NET, Jakarta – Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Bidang Hukum, Faisal heran dengan tuntutan hukuman percobaan 2 tahun kepada Ahok. Ia menilai bahwa tuntutan pidana bersyarat atau pidana percobaan terhadap Ahok merupakan sikap hukum JPU yang salah kaprah. Menurutnya, tuntutan seperti itu lebih tepat disebut “memvonis” bukan “menuntut”.

“Voorwaardelijke (pidana percobaan) dalam KUHP Pasal 14a – 14f yang tepat diberi kewenangan adalah Hakim. Bahkan, hampir semua Pasal disitu menyebut Hakim,” ungkapnya melalui rilis yang diterima Kiblat.net, Kamis (20/04).

“Lantas, mengapa Jaksa Penuntut Umum (JPU) mengambil alih kewenangan hakim yang bersembunyi dibalik tuntutan. Jelas ini JPU tidak cermat dan tidak jelas dalam mengkonstruksikan tuntutan. Bahkan kami melihat itu bukan sedang menuntut tapi memvonis sebagaimana kewenangan hakim yang diberikan dalam Pasal 14a – 14f KUHP,” jelasnya.

Semestinya, lanjut Faisal, JPU melihat apa sejatinya maksud dari Pidana Percobaan itu dibuat dalam KUHP. Lalu kaitkan apakah Pidana Percobaan itu sudah tepat dikenakan kepada terdakwa.

“Padahal dari aspek tujuan pemidanaan sebenarnya pidana percobaan ini lebih ditujukan pada resosialisasi terhadap pelaku tindak pidana daripada pembalasan terhadap perbuatannya. Oleh karena tujuan dari penjatuhan sanksi bukan karena orang telah melakukan kejahatan, melainkan supaya orang jangan melakukan kejahatan” ungkapnya.

Faisal menerangkan, jika melihat dari tujuan pemidanaan dari Pidana Percobaan itu, sangatlah tidak tepat jika Tuntutan JPU memberi pidana percobaan kepada terdakwa.

BACA JUGA  Habib Rizieq: Cukup Dikatakan Menodai Islam, Ketika Menghina Hal Prinsip Dalam Islam

“Perbuatan terdakwa apanya yang harus di resosialisasi, justru dikuatirkan jika tidak diberikan efek jera, kedepan delik agama yang seperti semula akan terjadi lagi. Artinya teori pembalasan disini penting sebagai upaya penjatuhan sanksi yang berat” tegasnya.

“Kami nyatakan, JPU tidak cermat dan mengerti apa sejatinya subtansi dari Pidana Percobaan. Bahkan, Tuntutan JPU itu sangat mengesankan memvonis bukan lagi menuntut” tutup Faisal.
Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Syafi’i Iskandar

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

One comment on “JPU Tuntut Ahok 2 Tahun Masa Percobaan, Muhammadiyah Heran”

  1. abdul aziz

    sudah bisa ditebak..ngapain heran? …semoga Alloh menggganti pelindung dan penguasa hukum dengan yg lebih baik… amiin

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afghanistan

300 Marinir AS Akan Dikirim Ke Helmand Hadapi Taliban

AS dilaporkan tengah berupaya memperlambat kekalahan militer Afghan akibat tekanan pejuang-pejuang Taliban di propinsi Helmand di bagian selatan Afghanistan.

Jum'at, 21/04/2017 05:36 0

Amerika

Bocah Muslimah AS Ini Jilbabnya Ditarik dan Diteriaki “Teroris”

Kejahatan kebencian terhadap warga Muslim kembali terjadi di Amerika Serikat. Aksi kriminal kali ini menimpa seorang anak perempuan di negara bagian Georgia. Jilbabnya ditarik dan diteriaki "teroris" oleh seorang pria kulit putih.

Kamis, 20/04/2017 18:52 0

Afghanistan

Pertempuran Berkecamuk di Daerah Jatuhnya “Mother of All Bombs” AS

"Kami masih terlibat pertempuran dengan musuh di lokasi,” kata juru bicara misi militer NATo di Afghanistan, Bill Salven, Rabu.

Kamis, 20/04/2017 16:16 0

Suriah

Uji Laboratorium OPCW Tegaskan Penggunaan Senjata Kimia di Khan Sheikhoun

"Kami mengambil sampel dari 10 korban dan menganalisanya di empat laboratorium," ujar kepala OPCW, Ahmed Uzumcu, seperti dilansir BBC Arabic, Rabu (19/04).

Kamis, 20/04/2017 15:15 0

Irak

Iran Kirim Jenderal Senior Jadi Dubes di Baghdad

Asisten panglima militer Iran untuk operasi luar negeri Qasim Sulaimani, Iraj Masjidi, mengambil alih posisi duta besar Iran untuk Irak pada Selasa (18/04). Ini menunjukkan peran kunci yang dimainkan militer Iran Garda Revolusi di negara tersebut.

Kamis, 20/04/2017 14:10 0

Suriah

Rusia Pilih Bungkam terkait Jumlah Tentara Tewas di Suriah

Pejuang oposisi Suriah berulang kali mengumumkan tewasnya tentara Rusia selama bertempur dengan pasukan Assad dan sekutunya, yang mencakup tidak hanya orang Rusia tapi juga orang Iran, Afghanistan, Pakistan dan Lebanon.

Kamis, 20/04/2017 13:49 0

Amerika

Guru di AS Minta Murid Bacakan Teks Penghinaan terhadap Islam

Teks tulisan yang diminta untuk dibacakan memfitnak Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam sebagai penipu, penjahat, pengkhianat, dan nabi palsu yang buta huruf serta memaksakan agamanya melalui cara kekerasan. Selain itu, Al-Qur'an juga disebut memiliki sejumlah kesalahan.

Kamis, 20/04/2017 11:50 2

Suriah

Kesepakatan Oposisi dan Rezim Suriah Berlanjut, Warga 4 Kota Dipindahkan

Kesepakatan antar kedua belah pihak memungkinkan warga dan milisi Syiah dari Fou'a dan Kefraya ditukar dengan warga dari Zabadani, Madaya, Jabal Syarqi yang tengah mengalami pengepungan. Selain itu, kesepakatan juga mengharuskan pelepasan 1.000 orang dari kamp pengungsi Yarmouk dan 1.500 tahanan dari penjara Rezim Suriah.

Kamis, 20/04/2017 11:12 0

Video Kajian

Kontroversi Marahnya Rasul [Ust. Dr. Anung Al Hamat, Lc. M.Pd.I ]

KIBLAT.NET – Sebagai manusia biasa, Rasul tentu bisa marah dan murka juga. Banyak riwayat yang...

Kamis, 20/04/2017 09:52 0

Suriah

Jokowi dan 9 Kepala Negara Ucapkan Selamat kepada Bashar Al-Assad, Kenapa?

Sepuluh kepala negara di seluruh dunia mengucapkan selamat kepada Presiden Suriah Bashar Al Assad.

Kamis, 20/04/2017 08:25 0