... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

300 Marinir AS Akan Dikirim Ke Helmand Hadapi Taliban

Foto: Tentara AS siap diterjunkan (ilustrasi)

KIBLAT.NET, Kabul – AS dilaporkan tengah berupaya memperlambat kekalahan militer Afghan akibat tekanan pejuang-pejuang Taliban di propinsi Helmand di bagian selatan Afghanistan. Untuk itu Pentagon mengumumkan akan mengerahkan sekitar 300 anggota marinir (USMC) yang direncanakan akan tiba pada akhir bulan ini ke propinsi tersebut.

Laman Antiwar pada Kamis (21/04) mewartakan bawah rencana pengiriman pasukan tambahan ini akan tercatat sebagai mobilisasi pasukan marinir terbesar AS ke Afghanistan sejak 2014. Banyak pihak menilai langkah Washington itu mencerminkan perkembangan militer Afghan saat ini yang semakin tidak berdaya dalam pertempuran. Kontingen 300 personil USMC ini akan bergabung dengan unit marinir AS lainnya yang lebih kecil yang sudah berada di wilayah itu. Pentagon mengklaim mereka akan melaksanakan misi konsultatif sebagai “penasehat” militer.

Secara resmi, misi pasukan marinir AS ini adalah menjalankan fungsi sebagai pasukan “penasehat dan pendukung” yang dikirim untuk tugas-tugas non-tempur. Namun Kolonel Matthew Reid menjelaskan bahwa unit-unit Marinir AS selalu diterjunkan dengan mental siap tempur. Hal itu mengingat betapa menyedihkan kapasitas dan kemampuan sekutu lokal Washington, yaitu militer Afghan, jika mereka dibiarkan menghadapi pertempuran sendirian. Maka tidak mengherankan jika pasukan marinir AS dituntut siap menghadapi situasi pertempuran.

Pada akhir 2001 yang lalu di masa awal perang, sejumlah besar tentara AS dan Inggris banyak yang dikirim ke propinsi Helmand. Namun kemudian setelah para pemimpin politik mengambil keputusan untuk memulangkan sebagian besar mereka di masa transisi, para serdadu itu menjadi jarang terlibat pertempuran secara langsung. Sejak itu, Helmand menjadi target utama serangan Taliban yang kini telah menguasai sebagian besar wilayah di propinsi tersebut.

 
Reporter: Yasim Muslim
Sumber: Antiwar

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Al-Azhar kepada Presiden Al-Sisi: Jangan Main-main dengan Kami!

Para petinggi Universitas Al-Azhar mengeluarkan pernyataan keras terkait serangan-serangan verbal yang ditujukan kepada institusi mereka. Pernyataan itu dikeluarkan setelah pertemuan bersama yang dipimpin Syakh Al-Azhar, Ahmad Al-Tayyib pada Selasa (18/04) lalu.

Kamis, 20/04/2017 20:00 1

Indonesia

Tuntutan Ringan JPU terhadap Ahok Ciderai Keadilan Masyarakat

"Tuntutan pidana kepada Ahok sangat ringan dan mencederai keadilan masyarakat. Kita tinggal berharap kepada Majelis Hakim untuk berani memutus pidana penjara maksimal 5 tahun dengan mengesampingkan Asas Ultra Petita atas nama keadilan masyarakat", pungkasnya.

Kamis, 20/04/2017 17:21 0

Indonesia

Penembakan Satu Keluarga oleh Polisi, Netizen: Sadis!!!

emberitaan soal penembakan mobil berisi satu keluarga yang dilakukan oleh polisi di Lubuklinggau, Sumatera Selatan menjadi viral di media sosial. Dalam insiden tersebut, 7 dari 8 orang mengalami luka tembak, dengan satu orang, yaitu Surini (54) meninggal dunia.

Kamis, 20/04/2017 12:54 0

Indonesia

Kapolri: Pilkada DKI Berjalan Aman dan Lancar

Kapolri Jenderal Tito Karnavian meminta petugas keamanan tetap profesional dalam menjalankan tugas pengamanan Pilkada DKI Jakarta. Hingga pukul satu siang, situasi dilaporkan aman lancar.

Kamis, 20/04/2017 10:26 0

Video Kajian

Kontroversi Marahnya Rasul [Ust. Dr. Anung Al Hamat, Lc. M.Pd.I ]

KIBLAT.NET – Sebagai manusia biasa, Rasul tentu bisa marah dan murka juga. Banyak riwayat yang...

Kamis, 20/04/2017 09:52 0

Indonesia

Tuntutan Pidana Dibacakan, Ahok Diminta Segera Diberhentikan

Dengan pembacaan tuntutan pidana kepada Ahok pagi ini, Nasrullah menilai Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tidak akan bisa mengelak lagi. Kemendagri sempat berdalih bahwa pemberhentian sementara terhadap Ahok harus menunggu surat tuntutan JPU.

Kamis, 20/04/2017 09:45 0

Indonesia

Kapolri: Tak Ada Massa dari Luar Jakarta saat Pilkada DKI 2017

Kapolri Jenderal Tito Karnavian memastikan tidak ada pengerahan massa dari luar Jakarta untuk mengawasi jalannya pemungutan suara Pilkada DKI putaran kedua yang telah berjalan kemarin, Rabu (19/04).

Kamis, 20/04/2017 09:18 0

Indonesia

GNPF-MUI​ Minta Penghina Gubernur NTB Diproses Hukum

Menurut Zaitun Rasmin, dalam kasus ini Tuan Guru Bajang tidak terkait dengan kesalahan apapun. Oleh sebab itu, adanya penghinaan rasis yang dikeluarkan oleh Steven diharapkan dapat diproses hukum.

Kamis, 20/04/2017 06:58 0

Manhaj

Dakwah Tauhid dan Upaya Penegakan Syariat Islam

menanamkan tauhid hanyalah salah satu fase awal dalam berdakwah. Ia memang harus diprioritaskan. Namun, bukan berarti harus memisahkan diri dari upaya-upaya lain dalam menyelesaikan problematika umat.

Kamis, 20/04/2017 06:30 1

Indonesia

Membangkitkan Kembali Peradaban Islam dengan Menebar Masjid di Tanah Papua

"Agar kelak nanti akan menjadi pusat Islam untuk Fakfak Nuu Waar dan kelak nanti menjaga Indonesia Timur dengan Islam dan dakwah agama Islam,"

Kamis, 20/04/2017 06:05 0