... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Membangkitkan Kembali Peradaban Islam dengan Menebar Masjid di Tanah Papua

Foto: Bocah-bocah Muslim di Papua (Foto: Taufiq Ishaq)

KIBLAT.NET, Fakfak- Entah berapa kilometer, tapi perjalanan dari Fakfak kota menuju kampung Patipi Pasir sekitar tiga jam. Desa Patipi Pasir terletak di Kecamatan Teluk Patipi, Kabupaten Fakfak. Memang, desa ini terletak persis di bibir pantai. Desa yang damai.

Akses jalan menuju ke Patipi Pasir cukup lancar. Aspal mulus, hanya di beberapa tempat tidak beraspal. Berlumpur. Jalan yang berkelok-kelok, penuh tanjakan dan turunan. Sebelah kiri tebing, sebelah kanan jurang. Yang sebelah kanan air laut juga ada.

Semak belukar tercecer, pohon-pohon besar terlihat tak berdaya saat mobil Toyota Hilux dan ford Rangers yang membawa rombongan AFKN melintas. Di kampung umat Kristen, anjing berwarna coklat dengan badan pas-pasan berlarian sambil melihat ke arah rombongan. Dan tidak menggonggong.

Usai subuh tadi, saat suasana masih gelap rombongan Al-Fatih Kaffah Nusantara (AFKN) menuju kampung Patipi Pasir. Rombongan ini dipimpin langsung oleh presiden AFKN, Ustadz Fadlan Garamatan. Rombongan ini bertujuan meletakkan batu pertama di Masjid Al-Falah di Patipi Pasir dan meninjau masjid Al-Ikhlas di Patipi Pulau serta menyerahkan 2000 sembako untuk warga Patipi Pasir dan sekitarnya.

Tipa (rebana.red) mulai dimainkan saat Ustadz Fadlan keluar dari mobil. Ia hanya mengenakan batik warna biru, sarung putih serta peci putih pula. Senyumnya nampak ketika warga mulai bersalaman dengannya. Cipika-cipiki dengan sesepuh, berpelukan. Terlihat sumringah sekali. Beliau memang bercerita sudah tiga tahun tak pulang kampung.

BACA JUGA  Boikot Qatar; Peran Migas Indonesia hingga Isu Syiah

Puluhan orang berkulit hitam, rambut keriting, sebagian pirang sudah menunggu kedatangan Ustadz Fadlan. Anak-anak riang gembira berlarian kesana-kemari. Para muslimah Papua juga mengenakan pakaian yang wajar. Kerudung mereka menutupi kepala. Tak terlihat wanita dewasa yang tidak mengenakan hijab.

Acara ini dihadiri oleh para pejabat di Kabupaten Fakfak. Dari mulai Bupati, Dandim, Kapolres, Raja Patipi bahkan seorang Pastor. Batik biru sementara ditanggalkan Ustadz Fadlan dan berganti dengan jubah hitam. Sebab, ia mulai memberikan sambutan kepada ratusan hadirin untuk acara peletakan batu pertama.

Dai dengan nama asli Muhammad Safin Garamatan ini menjelaskan mengapa perlu membangun masjid di Patipi Pasir dan Patipi pulau. Ia mengatakan bahwa, karena dua wilayah ini menjadi pusat peradaban Islam di negeri ini yang terlupakan. Maka, AFKN ingin mengangkat kembali agar sejarah Patipi Pulau, dan Igaimanawas (Patipi Pasir.red) agar kelak dikunjungi oleh ribuan orang.

Presiden Al-Fatih Kaffah Nusantara (AFKN) Ust. Fadlan Garamatan memberikan sambutan saat peletekan batu pertama Masjid Al-Falah di Patipi Pasir, Fakfak.

“Karena mereka (pengunjung.red) akan bertemu dengan orang orang yang rambutnya keriting, kulit hitam, tapi hatinya dengan Al-Quran dan masjid. Kalau mereka (warga Patipi Pulau dan Patipi Pasir.red) ke laut, ke kebun, tebang kayu, tapi mereka sadar mereka sadar bahwa mereka umat Nabi Muhammad Salallahu alaihi wassalam,” ujarnya pada Rabu (19/04).

BACA JUGA  Vonis Ahok Lakukan Penodaan Agama, Pengacara GNPF-MUI Apresiasi Hakim

Maka ia mengajak seluruh umat Islam seluruh dunia bukan saja indonesia datanglah ke tempat ini. Ia menegaskan bahwa ulama di negeri ini hadir dari karya ulama sebelumnya. Oleh sebab itu, AFKN ingin membangun masjid tersebut.

“Agar kelak nanti akan menjadi pusat Islam untuk Fakfak Nuu Waar dan kelak nanti menjaga Indonesia Timur dengan Islam dan dakwah agama Islam,” ujarnya.

Usai acara peletakan batu pertama, ribuan sembako mulai dibagikan. Satu persatu nama desa sekaligus penghuninya dipanggil. Mereka berbaris rapi, menerima sembako dengan gembira. Para awak media pun mendokumentasikan momen ini. Pembagian sembako pun berlangsung hingga sore hari. Warga setempat pulang dengan menenteng plastik besar berisi kebutuhan pokok.

 

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Syafi’i Iskandar

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Inggris

Dalam 3 Bulan, Koalisi AS Jatuhkan Lebih 10 Ribu Bom di Iraq dan Suriah

Alex Hopkins, seorang peneliti Airwars mengatakan bahwa koalisi telah menjatuhkan 10.918 amunisi bulan lalu di Iraq dan Suriah.

Rabu, 19/04/2017 23:00 0

Suriah

Jet Tempur AS, Rusia dan Suriah Bunuh Puluhan Warga Sipil di Tempat Terpisah

Pada Senin (17/04), serangan udara yang diyakini sebagai pesawat koalisi militer pimpinan AS, menewaskan sedikitnya 30 orang di provinsi Deir Zour, Suriah timur. Korban tewas termasuk perempuan dan anak-anak, selain puluhan lainnya mengalami luka-luka.

Rabu, 19/04/2017 21:03 0

Arab Saudi

Saudi Tolak Tawaran 40.000 Tentara Mesir untuk Perang Yaman

Penasehat Kementerian Pertahanan Arab Saudi, Ahmed Asiri menolak tawaran Presiden Abdel Fattah al-Sisi untuk mengirim 40.000 pasukan darat Mesir ke Yaman dalam melawan pemberontak Hutsi.

Rabu, 19/04/2017 20:10 0

Artikel

Non-Muslim Dilarang Masuk Kota Mekah, Begini Penjelasan Dr. Zakir Naik

Visa atau persyaratan utama yang diwajibkan bagi setiap orang untuk memasuki Mekah dan Madinah adalah mengucapkan La ilaha illallah Muhammadur Rasulullah yang artinya 'Tidak ada Tuhan yang berhak diibadahi selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah',"

Rabu, 19/04/2017 19:00 0

Suriah

Kurdi Sudah Siapkan Dewan Sipil untuk Kelola Pemerintahan di Raqqah

komite persiapan pembentukan dewan tersebut saat ini tengah menggelar pertemuan dengan sejumlah warga dan tokoh suku di kota Raqqah. Hal itu bertujuan meminta pendapat mereka tentang bagaimana mengatur kota tersebut.

Rabu, 19/04/2017 17:18 0

Suriah

Komandan Tinggi Rusia dan Iran Dievakuasi dari Bandara Militer Hama

Proses pemindahan para komandan ini dilakukan dengan penuh waspada. Mayoritas mereka keluar dari Hama pada malam hari. Bahkan, para perwira tersebut dilewatkan terowongan rahasia jika merasa ada ancaman risiko meksipun kecil.

Rabu, 19/04/2017 15:45 0

Suriah

Lagi, Rudal Pejuang Suriah Tewaskan Dua Perwira Rusia

Faksi oposisi Suriah, Batalion Tengah, mengumumkan bertanggung jawab atas tewasnya dua perwira Rusia di pedesaan Hama utara pada Selasa (18/04). Kelompok oposisi bagian dari Free Syrian Army (FSA) itu menggunakan rudal TAO dalam operasi tersebut.

Rabu, 19/04/2017 13:17 0

Yaman

Salah Tembak, Black Hawk Saudi Jatuh di Marib Yaman, 12 Tewas

"Kecelakaan ini akibat peluru rekan sendiri," kata pernyataan markas komando koalisi tanpa memberikan penjelasan lebih rinci.

Rabu, 19/04/2017 08:05 0

Video News

Muslim Papua Doakan Warga Jakarta Dipimpin Gubernur Muslim

KIBLAT.NET – Pemilihan calon gubernur baru Ibukota hari ini akan digelar. Berikut adalah do’a dan...

Rabu, 19/04/2017 07:32 0

Asia

Korut Siap Layani Perang Model Apapun dengan Amerika

Korea Utara sedang mempersiapkan berbagai model perang yang dipicu oleh aksi militer AS. Utusan Pyongyang untuk PBB pada Senin (17/04), mengatakan negaranya akan menanggapi rudal atau serangan nuklir dalam berbagai bentuk.

Selasa, 18/04/2017 23:15 0