... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

In Depth

Non-Muslim Dilarang Masuk Kota Mekah, Begini Penjelasan Dr. Zakir Naik

Foto: Dr. Zakir Naik akan memberikan ceramah di Indonesia pada April 2017

Di sela-sela kunjungan dakwahnya, Dr. Zakir Naik selalu dihadapkan dengan pertanyaan-pertanyaan pelik dan sulit dijawab oleh setiap orang. Pada umumnya, pertanyaan tersebut muncul dari kalangan non-muslim yang hendak mengkritisi syariat islam. Salah satu pertanyaan yang pernah diajukan kepada da’i asal India ini adalah mengapa non-muslim dilarang memasuki kota suci Mekah dan Madinah?

Menanggapi pertanyaan tersebut, Dr. Zakir menjelaskan, “Memang benar bahwa non-muslim tidak diizinkan memasuki kota suci Mekah dan Madinah, menurut hukum yang berlaku.” Menurutnya, poin-poin berikut bisa menjelaskan kemungkinan alasan dibalik larangan tersebut:

Pertama: Tidak semua warga negara diizinkan berada di kamp tentara

“Saya warga negara India,” jelas beliau, “akan tetapi saya tidak diizinkan memasuki wilayah tertentu seperti kamp tentara. Di setiap negara ada wilayah-wilayah tertentu di mana warga biasa tidak boleh masuk. Hanya warga negara yang berdinas dalam kemiliteran atau yang terkait dengan pertahanan negara itu yang boleh masuk kamp tentara.”

“Hal yang sama berlaku bagi Islam,” lanjut pakar perbandingan agama ini, “Sebagai agama universal untuk seluruh dunia dan semua manusia. Kamp-kamp Islam adalah dua kota suci, Mekah dan Madinah. Di kedua tempat itu hanya mereka yang percaya kepada Islam dan terlibat dalam pertahanan Islam, yakni kaum muslimin, yang boleh masuk.”

“Sungguh tidak logis jika warga biasa merasa keberatan terhadap larangan masuk kamp tentara. Maka dari itu, tidak layak bagi non-muslim merasa keberatan dengan larangan memasuki Mekah dan Madinah.” Tegas Doktor kristolog alumnus University of Mumbai ini.

BACA JUGA  ⁠⁠⁠10 Tips Ringan agar Tetap Bijak ketika Bermedsos Ria

Kedua; Analogi Visa untuk memasuki Mekah dan Madinah.

Menurut beliau, setiap kali orang bepergian ke luar negeri dia harus terlebih dahulu mengajukan permohonan visa, izin untuk memasuki negara itu. Setiap negara punya aturan, ketentuan, dan persyaratan untuk mengeluarkan visa. Apabila semua persyaratan telah terpenuhi barulah mereka akan mengeluarkan visa.

Salah satu negara yang sangat ketat dalam mengeluarkan visa adalah Amerika Serikat, terutama ketika mengeluarkan visa untuk warga negara dunia ketiga. Mereka menetapkan beberapa ketentuan dan syarat yang harus dipenuhi sebelum mereka mengeluarkan visa.

“Ketika saya berkunjung ke Singapura, kata beliau melanjutkan jawabannya, dalam formulir imigrasi mereka dicantumkan ketentuan hukuman mati bagi pengedar obat terlarang. Jika saya ingin mengunjungi Singapura saya harus mengikuti hukum mereka. Saya tidak bisa mengatakan bahwa hukuman mati adalah hukuman barbar. Hanya kalau saya menyetujui ketentuan dan persyaratan mereka saya akan diperbolehkan masuk negara itu.”

Kemudian di akhir jawaban tersebut, beliau menegaskan, “Visa atau persyaratan utama yang diwajibkan bagi setiap orang untuk memasuki Mekah dan Madinah adalah mengucapkan La ilaha illallah Muhammadur Rasulullah yang artinya, ‘Tidak ada Tuhan yang berhak diibadahi selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah’.”

 

Fakhruddin

Disadur dari buku Debat Islam Vs Non Islam, karya Dr. Zakir Naik, Penerbit Aqwam, Solo

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Kurdi Sudah Siapkan Dewan Sipil untuk Kelola Pemerintahan di Raqqah

komite persiapan pembentukan dewan tersebut saat ini tengah menggelar pertemuan dengan sejumlah warga dan tokoh suku di kota Raqqah. Hal itu bertujuan meminta pendapat mereka tentang bagaimana mengatur kota tersebut.

Rabu, 19/04/2017 17:18 0

Suriah

Komandan Tinggi Rusia dan Iran Dievakuasi dari Bandara Militer Hama

Proses pemindahan para komandan ini dilakukan dengan penuh waspada. Mayoritas mereka keluar dari Hama pada malam hari. Bahkan, para perwira tersebut dilewatkan terowongan rahasia jika merasa ada ancaman risiko meksipun kecil.

Rabu, 19/04/2017 15:45 0

Indonesia

Korban Penembakan Polisi: Mereka Mendekat Lalu Kembali Menembak

Sebenarnya, kata Noviyanti, mobil sudah berhenti dan menepi setelah mengetahui ada seorang di dalam mobil yang tertembak. "Tetapi ada dua polisi lagi yang mendekati pakai motor dan kembali menembak," ujarnya saat ditemui wartawan di Rumah Sakit Sobirin pada Rabu (19/04).

Rabu, 19/04/2017 15:10 0

Indonesia

FPI Desak Kapolri Usut Pelaku Penyerangan di Kramat Lontar

Ketua DPD FPI DKI Buya Abdul Majid mengutuk keras pelaku penyerangan di kawasan Kramat Lontar, Senen, Jakarta Pusat. Pelaku diduga segerombolan preman yang mengatasnamakan diri sebagai Banser.

Rabu, 19/04/2017 14:25 0

Suriah

Lagi, Rudal Pejuang Suriah Tewaskan Dua Perwira Rusia

Faksi oposisi Suriah, Batalion Tengah, mengumumkan bertanggung jawab atas tewasnya dua perwira Rusia di pedesaan Hama utara pada Selasa (18/04). Kelompok oposisi bagian dari Free Syrian Army (FSA) itu menggunakan rudal TAO dalam operasi tersebut.

Rabu, 19/04/2017 13:17 0

Indonesia

Penyerangan di Kramat Lontar, Begini Kronologi Versi Ketua FPI

Sekira 50 orang mendatangi kampung Kramat Lontar, dan menyerang warga

Rabu, 19/04/2017 12:42 0

Indonesia

Tiga Orang Pembawa Mobil Teror di Pengajian Habib Rizieq Kabur

“Di sana sudah ada mobil yang stand by, kabur. Nah jadi bisa kita bayangkan sepertinya ini sudah pengondisian,” kata Habib Muhsin

Rabu, 19/04/2017 10:39 0

Yaman

Salah Tembak, Black Hawk Saudi Jatuh di Marib Yaman, 12 Tewas

"Kecelakaan ini akibat peluru rekan sendiri," kata pernyataan markas komando koalisi tanpa memberikan penjelasan lebih rinci.

Rabu, 19/04/2017 08:05 0

Indonesia

Mahfud MD: Persatuan Tumbuh Berkat Kesadaran Rakyat Indonesia

Guru Besar Universitas Islam Indonesia (UII), Prof Dr Mahfud MD menyatakan bahwa Indonesia bersatu membangun bangsa yang tumbuh berkat kesadaran rakyat sendiri.

Rabu, 19/04/2017 07:45 0

Video News

Muslim Papua Doakan Warga Jakarta Dipimpin Gubernur Muslim

KIBLAT.NET – Pemilihan calon gubernur baru Ibukota hari ini akan digelar. Berikut adalah do’a dan...

Rabu, 19/04/2017 07:32 0