... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kurdi Sudah Siapkan Dewan Sipil untuk Kelola Pemerintahan di Raqqah

Foto: Pasukan Kurdi Suriah

KIBLAT.NET, Raqqah – Pasukan Demokratik Suriah, aliansi milisi Kurdi dukungan AS, mengumumkan membentuk Dewan Sipil untuk mengatur pemerintahan di Raqqah jika ISIS berhasil diusir.

Seperti dilaporkan Al-Jazeera, Rabu (19/04), komite persiapan pembentukan dewan tersebut saat ini tengah menggelar pertemuan dengan sejumlah warga dan tokoh suku di kota Raqqah. Hal itu bertujuan meminta pendapat mereka tentang bagaimana mengatur kota tersebut.

Juru bicara Pasukan Demokratik Suriah, Thalal Salow, menjanjikan memberi segala dukungan terhadap rakyat Raqqah. Dia mengaku, warga sudah menyerahkan sebagian kota di pinggiran Raqqah kepada Dewan Sipil setelah ISIS berhasil diusir.

Salow menambahkan, dalam waktu dekat juga akan dideklarasikan Dewan Militer Raqqah dan pedesaannya. Tentaranya merupakan warga Raqqah sendiri yang dilatih Pasukan Demokratik Kurdi dan koalisi ISIS. Dewan Militer ini bertugas mengendalikan keamanan di daerah-daerah yang berhasil direbut dari ISIS.

Pasukan Demokratik Suriah, dengan didukung koalisi AS, memulai operasi militer luas terhadap ISIS di Raqqah beberapa bulan terakhir. Operasi dengan sandir “Kemarahan Eufrat” ini telah berhasil memutus mayoritas jalur logistik ISIS.

Sampai saat ini, Amerika Serikat menganggap milisi Kurdi sekutu paling efektif di Suriah. Bantuan peralatan militer, dana dan penasihat militer terus diberikan. Hal itu karena keduanya memiliki prioritas musuh yang sama, yaitu ISIS.

Kurdi sendiri berjuang untuk mendirikan negara berdaulat di sepanjang Suriah utara. Mereka telah mengontrol Hasakah, sebagian Raqqah dan sebagian besar wilayah Aleppo yang berbatasan dengan Turki.

Turki telah menganggap mereka kelompok teroris. Oleh sebab itu, sampai saat ini Turki enggan ikut terlibat operasi militer di Raqqah karena milisi Kurdi berperan kunci di wilayah tersebut.

Reporter: Sulhi El-Izzi
Sumber: Al-Jazeera

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Korban Penembakan Polisi: Mereka Mendekat Lalu Kembali Menembak

Sebenarnya, kata Noviyanti, mobil sudah berhenti dan menepi setelah mengetahui ada seorang di dalam mobil yang tertembak. "Tetapi ada dua polisi lagi yang mendekati pakai motor dan kembali menembak," ujarnya saat ditemui wartawan di Rumah Sakit Sobirin pada Rabu (19/04).

Rabu, 19/04/2017 15:10 0

Indonesia

FPI Desak Kapolri Usut Pelaku Penyerangan di Kramat Lontar

Ketua DPD FPI DKI Buya Abdul Majid mengutuk keras pelaku penyerangan di kawasan Kramat Lontar, Senen, Jakarta Pusat. Pelaku diduga segerombolan preman yang mengatasnamakan diri sebagai Banser.

Rabu, 19/04/2017 14:25 0

Indonesia

Penyerangan di Kramat Lontar, Begini Kronologi Versi Ketua FPI

Sekira 50 orang mendatangi kampung Kramat Lontar, dan menyerang warga

Rabu, 19/04/2017 12:42 0

Indonesia

Tiga Orang Pembawa Mobil Teror di Pengajian Habib Rizieq Kabur

“Di sana sudah ada mobil yang stand by, kabur. Nah jadi bisa kita bayangkan sepertinya ini sudah pengondisian,” kata Habib Muhsin

Rabu, 19/04/2017 10:39 0

Indonesia

Mahfud MD: Persatuan Tumbuh Berkat Kesadaran Rakyat Indonesia

Guru Besar Universitas Islam Indonesia (UII), Prof Dr Mahfud MD menyatakan bahwa Indonesia bersatu membangun bangsa yang tumbuh berkat kesadaran rakyat sendiri.

Rabu, 19/04/2017 07:45 0

Video News

Muslim Papua Doakan Warga Jakarta Dipimpin Gubernur Muslim

KIBLAT.NET – Pemilihan calon gubernur baru Ibukota hari ini akan digelar. Berikut adalah do’a dan...

Rabu, 19/04/2017 07:32 0

Indonesia

Ekonomi Neoliberal Indonesia, Rugikan Rakyat Kecil

“Ekonomi neoliberal yang dianut Indonesia hanya merugikan rakyat kecil,” katanya saat memberikan pidato dalam dialog bertajuk “Kepemimpinan Bangsa Yang Bermartabat dan Berkeadilan” yang diselenggarakan Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI), Senin (17/04) di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta.

Rabu, 19/04/2017 07:04 0

Indonesia

‘Paradoks Indonesia, Ketika Kekayaan Negara Hanya Dinikmati Segelintir Saja

uku setebal 132 halaman tersebut dibuatnya untuk memberitahu kepada seluruh warga negara Indonesia bahwa kekayaan negara saat ini hanya dinikmati oleh segelintir orang saja.

Rabu, 19/04/2017 06:22 1

Indonesia

Ahok Mengelak Timsesnya Bagi-bagi Sembako

Cagub DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengaku tidak tahu-menahu adanya pembagian sembako yang dilakukan oleh sekelompok orang yang mengenakan kemeja kotak-kotak. Ahok mengatakan dalam karier politiknya, dia tidak suka bagi-bagi sembako.

Rabu, 19/04/2017 06:19 0

Indonesia

Keluarga Korban Penembakan Polisi: Mereka Hendak Kondangan

Namun, mereka dihujani tembakan oleh personel polisi karena menerobos razia yang digelar Polres Lubuklinggau di Jalan HM Soeharto, Kelurahan Simpang Periuk, Kecamatan Lubuklinggau Selatan II, Selasa (18/4/2017) sekitar pukul 11.30 WIB.

Rabu, 19/04/2017 05:13 0