... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Karzai: Serangan AS di Nangarhar, Kejahatan Kemanusiaan

Foto: Ledakan Mother of All Bomb (MOAB) di Nangarhar, Afghanistan.

KIBLAT.NET, Nangarhar – Serangan udara AS yang menjatuhkan bom terbesar (MOAB) di propinsi Nangarhar Afghanistan terus memicu kontroversi. Berbeda dengan pemerintah boneka Afghanistan saat ini yang berusaha membela kebijakan Washington menggunakan jenis bom tersebut, mantan Presiden Hamid Karzai dengan keras mengkritik aksi serangan itu.

Mantan kolega Bush dan Obama ini menyebut aksi itu sebagai “kejahatan besar” terhadap sesama umat manusia.

Menurut Karzai, pemerintahan yang ada di Kabul saat ini tidak cukup memberikan sikap ketika Amerika melakukan serangan besar-besaran. Penggunaan bom konvensional (non-nuklir) terbesar dalam sejarah ini menurut Karzai mengandung dua pelanggaran.

Pertama, pelanggaran terhadap kedaulatan negara Afghanistan; dan kedua, sekaligus sebagai bentuk pelecehan terhadap lingkungan dan bumi Afghanistan.

Bom induk (MOAB) dijatuhkan di Distrik Achin, propinsi Nangarhar, yang oleh AS diklaim terdapat jalur terowongan yang cukup penting yang digunakan oleh kelompok ISIS.

Padahal hasil di lapangan tidak terlihat adanya kerusakan berarti dari terowongan-terowongan tersebut, karena memang bom jenis MOAB ini tidak di-desain untuk menembus lokasi semacam terowongan, gua, dan lain-lain.

Sementara Presiden Trump, meskipun “diabaikan” oleh para komandan militernya, terus menggembar-gemborkan serangan ini sebagai “aksi yang sukses”.

Walaupun sama-sama sebagai sekutu Washington, Hamid Karzai dikenal memiliki hubungan yang “rumit” dengan pemerintah AS karena sikapnya yang kerap mengkritik operasi-operasi militer Washington.

BACA JUGA  Difitnah Bekerja Sama dengan Rusia, Begini Jawaban Taliban

Terlebih, apabila operasi militer Amerika itu menyebabkan jatuhnya korban tewas di kalangan warga sipil, termasuk apabila sebuah rencana operasi itu berisiko bagi warga sipil. Selama masa pemerintahan Bush dan Obama, kerap ada diskusi/wacana untuk melengserkan Hamid Karzai, namun pada akhirnya Karzai tetap mengakhiri kekuasaannya sesuai rencana.

 

Reporter: Yasin Muslim
Sumber: Antiwar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Gerakan Tamasya Al-Maidah Tegaskan Tak Akan Lakukan Intimidasi di Pilkada

"Insyaallah saya jamin tidak akan ada intimidasi di tempat"

Selasa, 18/04/2017 13:29 0

Indonesia

Pilkada DKI Jakarta Putaran Kedua Dijaga 64.523 Petugas

Penjagaan meliputi KPU, Bawaslu dan 13.032 TPS

Selasa, 18/04/2017 11:20 0

Indonesia

Dewan Dakwah Touna Serahkan Bantuan Renovasi Masjid di Pedalaman Tojo Una-Una

Dewan Dakwah Touna salah satu organisasi Islam di wilayah Tojo Una-Una yang giat mengadakan program dakwah dan kemanusiaan.

Selasa, 18/04/2017 08:04 0

Video News

Pidato Pelepasan Wisuda AFKN oleh Ust. Fadlan Garamatan

KIBLAT.NET, Bekasi – Pondok Pesantren Nuu Waar Yayasan Al Fatih Kaafah Nusantara (AFKN) hari ini...

Senin, 17/04/2017 18:26 0

Video News

Acara Wisuda Santriwan Santriwati AFKN

KIBLAT.NET, Bekasi – Pondok Pesantren Nuu Waar Yayasan Al Fatih Kaafah Nusantara (AFKN) hari ini...

Senin, 17/04/2017 18:21 0

Indonesia

PAHAM Jakarta: Penistaan Agama Kejahatan, Bukan Sekedar Pelanggaran

Kasus penghinaan dan penodaan Agama yang dilakukan oleh Basuki Thagaja Purnama alias Ahok menuai rentetan gejolak panjang dari seantero Indonesia. Hal itu diperparah lagi dengan penundaan agenda pembacaan tuntutan pada hari selasa 11 April 2017 lalu karena Jaksa mengaku belum selesai mengetik berkas tuntutan.

Senin, 17/04/2017 16:35 0

Indonesia

Ulama Betawi Puji Kebesaran Hati Gubernur NTB

"Mudah-mudahan kita bisa ambil hikmahnya, dan tentunya diharapkan bisa menimbulkan ketenangan serta tidak terprovokasi dan melakukan tindakan dengan sebaik-baiknya," ungkapnya pada Kiblat.net, di Jakarta Selatan, Ahad (16/4).

Senin, 17/04/2017 16:12 0

Indonesia

Pas Polisi Sepi Terjadilah Teror Mobil Terbakar

"Pas polisi sepi terjadilah kejadian itu," kata Ketua DPD Front Pembela Islam (FPI) DKI Jakarta Habib Muchsin Alattas

Senin, 17/04/2017 13:29 0

Fikih

Keluar dari Masjid Setelah Azan Berkumandang, Bolehkah?

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Tidaklah ada yang mendengar seruan azan di masjidku ini kemudian keluar, kecuali untuk suatu keperluan, lalu tidak kembali lagi, selain orang munafik’,” (HR. Thabrani dalam Al-Mu’jam Al-Awsath, IV/501-502)

Senin, 17/04/2017 12:59 0

Indonesia

4 Poin Pernyataan FPI Terkait Teror di Tabligh Akbar Habib Rizieq

Salah satu poinnya mendesak Polri dan TNI untuk segera mengusut tuntas kasus tersebut, dengan memburu teroris, pelakunya, dan mengejar aktor intelektualnya, serta membongkar semua jaringannya berikut penyandang dananya.

Senin, 17/04/2017 12:28 0

Close