... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Israel Isolasi Tahanan Palestina Pemimpin Aksi Mogok Makan

KIBLAT.NET, Tel Aviv – Otoritas penjara Israel memindahkan tahanan warga Palestina yang memimpin aksi mogok makan pada Senin (17/04) ke penjara isolasi. Langkah ini sebagai upaya penjajah untuk meredam aksi yang bertepatan dengan Hari Tahanan Palestina itu.

Seperti dilaporkan Al-Jazeera, pemimpin aksi tersebut Marwan Barghouti dan rekannya, Karim Younis Mahmoud Abu Sorour, telah dipindahkan ke sel isolasi di penjara Jalama.

Lembaga independen Palestina yang khusus memperhatikan tahanan Palestina di Israel, Nadaa Al-Asiir, memperingatkan bahwa langkah Israel itu sebagai upaya untuk meredam aksi mogok makan.

“Tindakan refresif yang diambil otoritas Israel pada hari pertama aksi mogok makan menunjukkan upaya mereka yang direncanakan untuk menekan dan membubarkan aksi,” kata pernyataan Nadaa Al-Asiir.

Pemindahan Barghouti ke sel isolasi dilakukan beberapa jam setelah sebanyak 1500 tahanan warga Palestina di seluruh penjara Israel mengumumkan ikut aksi mogok makan. Mereka menuntut situasi kemanusiaan yang lebih baik di dalam penjara.

“Para tahanan terdesak melakukan aksi mogok makan karena menghadapi kehidupan yang kian memburuk. Hak-hak mereka sebagai tahanan yang dijamin oleh internasional tidak diberikan,” demikian kata Deputi Departemen Hukum di Komite Urusan Tahanan Palestina, Jamil Sa’adah.

Dia menambahkan bahwa para tahanan itu juga mendesak dihentikannya kampanye penangkapan yang dilakukan Israel. Selain itu, kondisi kesehatan para tahanan didesak untuk diperhatikan. Mereka meminta didatangkan dokter dari luar otoritas penjara.

Strategi mengisolasi pemimpin aksi, imbuh Sa’adah, bertujuan untuk membubarkan aksi.

Perlu dicatat, ini merupakan aksi mogok makan yang diikuti tahanan Palestina terbesar setelah aksi serupa pada Mei 2012 lalu yang diikuti 2500 tahanan di seluruh penjara Israel. Aksi itu baru berakhir setelah Israel mengisolasi para pemimpin aksi dan membolehkan mereka dikunjungi keluarga.

Reporter: Sulhi El-Izzi
Sumber: Al-Jazeera


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Gerakan Tamasya Al-Maidah Tegaskan Tak Akan Lakukan Intimidasi di Pilkada

"Insyaallah saya jamin tidak akan ada intimidasi di tempat"

Selasa, 18/04/2017 13:29 0

Indonesia

Pilkada DKI Jakarta Putaran Kedua Dijaga 64.523 Petugas

Penjagaan meliputi KPU, Bawaslu dan 13.032 TPS

Selasa, 18/04/2017 11:20 0

Indonesia

Dewan Dakwah Touna Serahkan Bantuan Renovasi Masjid di Pedalaman Tojo Una-Una

Dewan Dakwah Touna salah satu organisasi Islam di wilayah Tojo Una-Una yang giat mengadakan program dakwah dan kemanusiaan.

Selasa, 18/04/2017 08:04 0

Video News

Pidato Pelepasan Wisuda AFKN oleh Ust. Fadlan Garamatan

KIBLAT.NET, Bekasi – Pondok Pesantren Nuu Waar Yayasan Al Fatih Kaafah Nusantara (AFKN) hari ini...

Senin, 17/04/2017 18:26 0

Video News

Acara Wisuda Santriwan Santriwati AFKN

KIBLAT.NET, Bekasi – Pondok Pesantren Nuu Waar Yayasan Al Fatih Kaafah Nusantara (AFKN) hari ini...

Senin, 17/04/2017 18:21 0

Indonesia

PAHAM Jakarta: Penistaan Agama Kejahatan, Bukan Sekedar Pelanggaran

Kasus penghinaan dan penodaan Agama yang dilakukan oleh Basuki Thagaja Purnama alias Ahok menuai rentetan gejolak panjang dari seantero Indonesia. Hal itu diperparah lagi dengan penundaan agenda pembacaan tuntutan pada hari selasa 11 April 2017 lalu karena Jaksa mengaku belum selesai mengetik berkas tuntutan.

Senin, 17/04/2017 16:35 0

Indonesia

Ulama Betawi Puji Kebesaran Hati Gubernur NTB

"Mudah-mudahan kita bisa ambil hikmahnya, dan tentunya diharapkan bisa menimbulkan ketenangan serta tidak terprovokasi dan melakukan tindakan dengan sebaik-baiknya," ungkapnya pada Kiblat.net, di Jakarta Selatan, Ahad (16/4).

Senin, 17/04/2017 16:12 0

Indonesia

Pas Polisi Sepi Terjadilah Teror Mobil Terbakar

"Pas polisi sepi terjadilah kejadian itu," kata Ketua DPD Front Pembela Islam (FPI) DKI Jakarta Habib Muchsin Alattas

Senin, 17/04/2017 13:29 0

Fikih

Keluar dari Masjid Setelah Azan Berkumandang, Bolehkah?

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Tidaklah ada yang mendengar seruan azan di masjidku ini kemudian keluar, kecuali untuk suatu keperluan, lalu tidak kembali lagi, selain orang munafik’,” (HR. Thabrani dalam Al-Mu’jam Al-Awsath, IV/501-502)

Senin, 17/04/2017 12:59 0

Indonesia

4 Poin Pernyataan FPI Terkait Teror di Tabligh Akbar Habib Rizieq

Salah satu poinnya mendesak Polri dan TNI untuk segera mengusut tuntas kasus tersebut, dengan memburu teroris, pelakunya, dan mengejar aktor intelektualnya, serta membongkar semua jaringannya berikut penyandang dananya.

Senin, 17/04/2017 12:28 0

Close