... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Dewan Dakwah Touna Serahkan Bantuan Renovasi Masjid di Pedalaman Tojo Una-Una

Foto: Salah-satu masjid di Tojo Una-Una yang luput dari pembangunan daerah (Foto: Ahmad Sutedjo)

KIBLAT.NET, Tojo Una-una – Dewan Dakwah Touna salah satu organisasi Islam di wilayah Tojo Una-Una yang giat mengadakan program dakwah dan kemanusiaan. Kali ini organisasi tersebut memberikan bantuan renovasi masjid di pedalaman wilayah Tojo Una-Una.

Sejak Kamis (13/04) pekan lalu, tim dari Dewan Dakwah Touna terjun lansung ke wilayah desa terpencil pedalaman Dusun Linte Tua, Desa Takibangke, Kecamatan Ulubongka Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah.

Bantuan diberikan untuk dua masjid di kecamatan tersebut. Yaitu Masjid di Desa Pada Fuyu dan Dusun Linte Tua. Masyarakatpun menyambut gembira bantuan ini. Pasalnya masjid dan kampung mereka memang sampai saat ini luput dari fasilitas dan pembangunan daerah.

Seperti yang dikutip dari media lokal Radar Touna, kondisi masjid yang terletak di Dusun Linte dan Desa Takibangke, Kecamatan Ulubongka, Kabupaten Tojo Una-Una memang sangat memprihatinkan. Betapa tidak, masjid yang hanya beratap daun ilalang yang dianyam dengan dinding papan separuh bangunan rentan teremdam banjir jika hujan turun. Warga setempatpun berharap pemerintah ataupun dermawan mau membantu rumah ibadah tersebut.

“Mereka semua menggunakan Masjid itu untuk beribadah meskipun jika hujan tiba. Masjid basah karena hanya menggunakan atap ilalang dan dinding papan. Itupun hanya setengah bangunan bahkan sebagian besar kayu dan papan dalam masjid sudah lapuk, ” ungkap Marwin, ketua Dewan Dakwah Touna.

Dewan Dakwah Touna menyerahkan bantuan berupa Al Quran dan buku Khatip kepada imam masjid di pedalaman Sulawesi tengah

Marwin juga mengakui bahwa di daerah terpencil seperti Kecamatan Ulubongka sulit mendapatkan bahan material bangunan seperti semen dan besi. Hal ini mengakibatkan terhambatnya proses pembangunan dan renovasi masjid.

BACA JUGA  Larang Peredaran Minyak Curah, Mendag: Itu Diambil dari Selokan

“Bantuan perdana kali ini kami baru bisa membantu mebelikan kayu sebanyak 1 m3. Buku materi khotib, dan Al Quran untuk pak imam. InsyaAllah kami akan terus menggalang dana untuk pembangunan dua masjid ini, ” ungkap Marwin saat dihubungi lewat pesan singkat.

Beliau juga berharap agar pemerintah dapat memeperhatikan kondisi masyarakat disana dan dapat membantu dan memeperhatikan pembangunan daerah terpencil Desa Takibangke Kecamatan Ulubongka Kabupaten Tojo Una-Una.

” Semoga pemerintah bisa memeperhatikan kondisi desa ini, sebenarnya masih banyak masjid lain yang ada di Kecamatan Ulubongka ini yang membutuhkan bantuan dari pemerintah, ” pungkasnya.

Reporter: Ahmad Sutedjo
Editor: Syafi’i Iskandar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Malaysia

Tolak Panggilan Otoritas India, Zakir Naik: Mereka Hanya Akan Menyiksa Muslim

Dr Zakir Naik mengatakan agar menemuinya langsung di Malaysia. Menurutnya, upaya penangkapan dengan memanggilnya ke India merupakan tindakan pengecut.

Selasa, 18/04/2017 06:50 2

Asia

Ingin Tangkap Zakir Naik, India Minta Bantuan Interpol

Badan Investigasi Nasional India (NIA) mengirim permintaan penerbitan Red Notice kepada Interpol agar dapat menangkap dai Dr Zakir Abdul Karim Naik di luar negeri.

Selasa, 18/04/2017 06:20 0

Yaman

Yaman Klaim Drone AS Kembali Tewaskan Petinggi AQAP

Pesawat tanpa awak milik Amerika Serikat kembali menewaskan sejumlah orang yang diduga petinggi AQAP di Abyan,Yaman

Selasa, 18/04/2017 05:03 0

Palestina

Protes Ketidakadilan, 1.000 Lebih Tahanan Palestina Mogok Makan di Penjara Israel

Sekitar 1.500 tahanan Palestina melancarkan aksi mogok makan massal pada Senin (16/04) untuk menuntut hak-hak dasar dan menjelaskan kondisi kemanusiaan mereka yang sulit di dalam penjara-penjara Israel.

Senin, 17/04/2017 22:00 0

Amerika

Jatuhkan “Induk Bom” Afghanistan, 16 Tahun Invasi AS Dipertanyakan

Serangan udara AS menggunakan “Induk Segala Bom” (MOAB) di propinsi Nangarhar bagian timur Afghanistan dilakukan tanpa persetujuan dari Presiden Donald Trump. Meski demikian, para petinggi Pentagon terus bersikukuh bahwa mereka percaya mereka tidak perlu persetujuan apapun untuk melancarkan aksi tersebut.

Senin, 17/04/2017 21:07 0

Palestina

Sejak Negara Israel Dideklarasikan, Sejuta Lebih Warga Palestina Ditahan

Pemerintah Israel telah menahan sekitar satu juta warga Palestina sejak berdirinya negara Israel pada tahun 1948 yang diikuti dengan pendudukan dari Tepi Barat, termasuk Yerusalem Timur, dan Jalur Gaza pada tahun 1967.

Senin, 17/04/2017 20:15 0

Video News

Pidato Pelepasan Wisuda AFKN oleh Ust. Fadlan Garamatan

KIBLAT.NET, Bekasi – Pondok Pesantren Nuu Waar Yayasan Al Fatih Kaafah Nusantara (AFKN) hari ini...

Senin, 17/04/2017 18:26 0

Video News

Acara Wisuda Santriwan Santriwati AFKN

KIBLAT.NET, Bekasi – Pondok Pesantren Nuu Waar Yayasan Al Fatih Kaafah Nusantara (AFKN) hari ini...

Senin, 17/04/2017 18:21 0

Irak

Pertempuran Sengit Kembali Meletus di Jantung Mosul

Ini merupakan serangan terbaru setelah berminggu-minggu militer Irak mengalami kebuntuan dalam upaya merebut seluruh Mosul dari ISIS.

Senin, 17/04/2017 17:10 2

Turki

Hasil Referendum: Turki Menuju Perubahan Konstitusi

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyambut baik hasil referendum yang dimenangkan oleh kelompok pendukung perubahan atau amandemen bagi konstitusi negara Turki dari sistem parlementer menjadi sistem presidensial. Hasil jajak pendapat nasional ini juga akan memberi wewenang kekuasaan eksekutif bagi presiden.

Senin, 17/04/2017 15:05 0

Close