... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

PAHAM Jakarta: Penistaan Agama Kejahatan, Bukan Sekedar Pelanggaran

Foto: Ahok, tersangka penista agama yang dianggap banyak orang diistimewakan

KIBLAT.NET, Jakarta – Kasus penghinaan dan penodaan Agama yang dilakukan oleh Basuki Thagaja Purnama alias Ahok menuai rentetan gejolak panjang dari seantero Indonesia. Hal itu diperparah lagi dengan penundaan agenda pembacaan tuntutan pada hari selasa 11 April 2017 lalu karena Jaksa mengaku belum selesai mengetik berkas tuntutan.

Demikian dikatakan Nurul Amalia Direktur Pusat Advokasi Hak Asasi Manusia (PAHAM) Jakarta ketika mengajukan Amirus Curiae (Sahabat Peradilan) kepada Ketua PN Jakarta Utara di Jalan Gajah Mada No.17, Senin (17/4).

“Masyarakat menjadi kecewa atas proses penegakkan hukum terhadap Ahok ini, kenapa Jaksa tidak serius menyelesaikan tuntutan kepada Ahok? Padahal masyarakat berada di belakang Jaksa mendukung penuh agar Ahok untuk dituntut dengan hukuman maksimum,” ungkapnya.

Nurul menjelaskan, isi Amirus Curiae yang diajukan PAHAM Jakarta berawal dari teori kejahatan dan pelanggaran yang digali dari Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP). Kejahatan dan pelanggaran adalah dua kategori delik yang berbeda.

Menurutnya, kejahatan merupakan delik hukum (recht-dellict), yang mana perbuatan itu bertentangan dengan azas-azas hukum positif yang ada dalam kesadaran hukum rakyat. Sedangkan pelanggaran adalah delik undang-undang (wets-dellict), yang mana perbuatan itu bertentangan secara tegas dengan yang dicantumkan dalam undang-undang pidana.

“Perbuatan Basuki Tjahaja Purnama yang menghina dan menodai salah satu agama yang dianut dan diakui Negara Republik Indonesia adalah sebuah Kejahatan,” tegasnya.

BACA JUGA  Vandalisme Mushola Darussalam Tindak Pidana Serius

“Jadi, kasus-kasus yang masuk kategori Kejahatan ini harus dituntut dengan berat agar memberikan efek jera dan menjadi pelajaran bagi masyarakat Indonesia untuk menjunjung tinggi Agama yang dianut & diakui di Indonesia,” tutup Nurul Amalia saat konferensi pers di PN Jakarta Utara usai mengajukan Amirus Curiae.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Hunef Ibrahim


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Turki

Hasil Referendum: Turki Menuju Perubahan Konstitusi

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyambut baik hasil referendum yang dimenangkan oleh kelompok pendukung perubahan atau amandemen bagi konstitusi negara Turki dari sistem parlementer menjadi sistem presidensial. Hasil jajak pendapat nasional ini juga akan memberi wewenang kekuasaan eksekutif bagi presiden.

Senin, 17/04/2017 15:05 0

Suriah

Mayoritas Korban Bom di Al-Rasyidin Aleppo Pengungsi Syiah dari Idlib

Selain itu, sejumlah pejuang dari Hai’ah Tahrir Al-Syam dan Ahrar Al-Syam yang bertugas menjaga para pengungsi tersebut juga terbunuh akibat serangan itu.

Senin, 17/04/2017 14:24 1

Fikih

Keluar dari Masjid Setelah Azan Berkumandang, Bolehkah?

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Tidaklah ada yang mendengar seruan azan di masjidku ini kemudian keluar, kecuali untuk suatu keperluan, lalu tidak kembali lagi, selain orang munafik’,” (HR. Thabrani dalam Al-Mu’jam Al-Awsath, IV/501-502)

Senin, 17/04/2017 12:59 0

Video Kajian

Kriteria Pemimpin Tidak Hanya Harus Muslim [Ust. Abu Rusydan]

KIBLAT.NET- Sempat ramai perdebatan tentang memilih pemimpin yang muslim. Ada yang bilang boleh memilih pemimpin...

Senin, 17/04/2017 11:26 0

Profil

Imam Syamil, Panglima Mujahidin Berbadan Tegap Asal Kaukasus

Perjuangan melawan tentara komunis pun telah berkobar sejak masa lampau. Dimulai dari Imam Ghazi Muhammad Ismail Al-Gimruni dan diikuti Imam Hamzah Bik bin Ali Iskandar Bik Al-Hutsali. Kemudian diteruskan oleh seorang mujahid yang kita bahas pada edisi ini, yaitu Imam Syamil, sang panglima mujahid dari Kaukasus.

Senin, 17/04/2017 10:00 0

Rohah

Ternyata Iblis Pun Punya Istri Lho!

Jawaban unik Imam Sya'bi ketika ditanya nama istri iblis

Senin, 17/04/2017 09:00 0

Suriah

Sebelum Bus Pengungsi Meledak, Mobil “Bantuan” Assad Dilaporkan Mendekat

Ratusan orang tewas atau terluka oleh bom mobil yang meledakkan bus pengangkut warga Suriah di Al-Rasyidin, Aleppo pada Sabtu (15/04). Para penumpang adalah warga yang menjadi bagian dari kesepakatan pertukaran tawanan rezim Assad dengan kelompok Haiah Tahrir Syam.

Ahad, 16/04/2017 23:07 0

Amerika

24 Tahun Berlalu, AS Kembali Terjunkan Pasukan ke Somalia

Pada Oktober 1993, selama Pertempuran Mogadishu 18 tentara AS tewas dan 73 terluka, di samping sepasang helikopter Black Hawk ditembak jatuh. AS pun merespon dengan menghentikan operasi militer, dalam beberapa bulan semua pasukan AS telah ditarik dari Somalia. Hari ini, mereka kembali.

Ahad, 16/04/2017 22:05 0

Suriah

Kesaksian Mantan Tentara Suriah: Assad Masih Simpan Lebih 2.000 Ton Senjata Kimia

"Serangan AS ke pangkalan udara tidak menyebabkan kerusakan apapun dari perangkat senjata kimia, mereka disimpan di luar bandara, dan diangkut ke bandara ketika akan melakukan serangan," kata Zahir Saket kepada surat kabar The Telegraph, Sabtu (15/04).

Ahad, 16/04/2017 21:00 0

Iran

Banjir Bandang di Iran, Setidaknya 30 Orang Tewas

Hujan lebat di provinsi Azerbaijan Timur memicu banjir bandang. Setidaknya, 30 orang tewas dalam banjir disetai hujan petir di wilayah barat laut Iran tersebut pada Sabtu (15/04).

Ahad, 16/04/2017 20:04 0

Close
CLOSE
CLOSE