... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Titian

Imam Syamil, Panglima Mujahidin Berbadan Tegap Asal Kaukasus

Foto: Imam Syamil, Pemimpin Kaukasus Emirat

KIBLAT.NET – Kawasan Kaukasus tepatnya Chechnya dan Daghestan adalah dua tempat yang bisa dikatakan tidak berhenti bergolak. Pertumpahan darah terus berlanjut sejak pasukan Beruang Merah masuk ke wilayah itu sejak abad ke-18.

Tempat ini juga pernah disinggahi para mujahid senior seperti jenderal Khattab rahimahullah, syaikh Aiman Adz-Dzawahiri hafidzahullah dan lainnya. Chechnya dan Dagestan tidak pernah sepi dari para mujahid pembela dienullah.

Pegunungan Kaukasus

Pegunungan Kaukasus

Perjuangan melawan tentara komunis pun telah berkobar sejak masa lampau. Dimulai dari Imam Ghazi Muhammad Ismail Al-Gimruni dan diikuti Imam Hamzah Bik bin Ali Iskandar Bik Al-Hutsali. Kemudian diteruskan oleh seorang mujahid yang kita bahas pada edisi ini, yaitu Imam Syamil, sang panglima mujahid dari Kaukasus.

Awal kehidupan Imam Syamil

Lahir pada 26 Juni 1797 M di sebuah kota kecil yang bernama Gimry, Daghestan. Ayahnya bernama Dengaw Muhammad, seorang tuan tanah yang zuhud. Ibunya adalah keturunan bangsawan Ghazi Ghumuq yang berasal dari Ashilta.

Syamil lahir pada saat Rusia melakukan invasi ke daerah kekhalifahan Turki dan Persia. Sehingga wilayah Kaukasus saat itu sedang bergolak perlawanan melawan komunis Rusia.

Nama asli Syamil sebenarnya adalah Ali. Namun, karena pada saat itu kondisinya kritis, namanya diganti dengan Syamuil (syamil) mengikuti tradisi di tempat itu. Setelah pulih dari penyakitnya, Syamil tumbuh dengan perawakan yang mengangumkan. Secara fisik, postur tubuhnya cukup tegap dan tinggi hampir 6 kaki (sekitar 2 meter).

Syamil memang dianugerahi Allah kelebihan bawaan sebagai seorang pahlawan dan pemimpin umat. Keperkasaannya hampir tidak dapat ditandingi oleh pemuda lain di zamannnya. Begitu jua kemahirannya menggunakan senapan laras panjang,pedang, badik serta menunggang kuda terhebat di daerahnya.

Imam Syamil juga memiliki modal sebagai calon pemimpin yang mumpuni. Ia adalah seorang yang terpelajar, berdaya juang tinggi, kedisiplinan yang ketat, ketabahan yang mengagumkan dan mampu menahan diri dari godaan-godaan dunia.

Pegunungan Kaukasus

Keluarga Imam Syamil

Syamil menikah dengan salah seorang wanita Armenia yang bernama Anna Ivanovna Ulykhanova (1828-1877). Wanita ini adalah seorang mualaf dan ketika masuk Islam berubah nama menjadi Shuanet. Shuanet adalah sosok wanita yang setia dan mendukung perjuangan suaminya.

Pendidikan Imam Syamil

Sejak kecil Syamil telah menjalin hubungan yang akrab dengan Ghazi Muhammad. Ghazi Muhammad adalah Imam pertama mujahidin Kaukasus melawan Rusia. Ia menerapkan syariat di Daghestan dan menghasung para mujahid bangkit melawan komunis Rusia. Pada akhirnya Syamil akan menggantikannya di kemudian hari. Dua bersahabat ini belajar bersama-sama mengenal tarbiyah diniyah. Mereka berada di bawah asuhan syaikh Said Al-Harakani, ulama besar zaman itu. Mereka juga belajar bersama di bawah bimbingan Sayyid Jamaluddin. Pada akhirnya dua sekawan ini dikader sebagai pemimpin dan imam oleh syaikh Muhammad Al-Yaraghi.

Sahabat karib Imam Syamil -Ghazi Muhammad- melibatkan diri di arena politik dan kemudian menjadi pemimpin pertama Daghestan seperti yang kami sebutkan di atas. Sementara Imam Syamil tidak ikut serta karena lebih memilih meneruskan taklim dan tarbiyahnya di bawah bimbingan syaikh Jamaluddin. Setelah beberapa lama barulah Syamil mengikuti jejak Ghazi Muhammad sebagai panglima perangnya.

Baca halaman selanjutnya: Syamil juga menyertai beberapa...

Halaman Selanjutnya 1 2 3
... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Polisi Didesak Serius Tangani Kasus Teror di Tabligh Akbar Habib Rizieq

"Kita menuntut supaya kepolisian bekerja propesional, segera mengungkap kasus teror yang terjadi ini," kata ketua FPI

Senin, 17/04/2017 09:25 0

Rohah

Ternyata Iblis Pun Punya Istri Lho!

Jawaban unik Imam Sya'bi ketika ditanya nama istri iblis

Senin, 17/04/2017 09:00 0

Indonesia

Begini Kronologis Teror Mobil Terbakar di Tabligh Akbar Habib Rizieq

Terdengar ledakan saat mobil terbakar

Senin, 17/04/2017 08:53 0

Indonesia

Mobil Terbakar di Tabligh Akbar Habib Rizieq, FPI: Itu Teror

"Yang jelas meyakini itu bagian dari gerakan teror untuk merenor umat Islam. Karena gerakan dakwah sekarang ini cukup efektif untuk mengembalikan umat Islam dari kemaksiatan dan kemungkaran menuju ketaatan kepada Allah Ta'ala,"

Senin, 17/04/2017 08:28 0

Suriah

Sebelum Bus Pengungsi Meledak, Mobil “Bantuan” Assad Dilaporkan Mendekat

Ratusan orang tewas atau terluka oleh bom mobil yang meledakkan bus pengangkut warga Suriah di Al-Rasyidin, Aleppo pada Sabtu (15/04). Para penumpang adalah warga yang menjadi bagian dari kesepakatan pertukaran tawanan rezim Assad dengan kelompok Haiah Tahrir Syam.

Ahad, 16/04/2017 23:07 0

Amerika

24 Tahun Berlalu, AS Kembali Terjunkan Pasukan ke Somalia

Pada Oktober 1993, selama Pertempuran Mogadishu 18 tentara AS tewas dan 73 terluka, di samping sepasang helikopter Black Hawk ditembak jatuh. AS pun merespon dengan menghentikan operasi militer, dalam beberapa bulan semua pasukan AS telah ditarik dari Somalia. Hari ini, mereka kembali.

Ahad, 16/04/2017 22:05 0

Suriah

Kesaksian Mantan Tentara Suriah: Assad Masih Simpan Lebih 2.000 Ton Senjata Kimia

"Serangan AS ke pangkalan udara tidak menyebabkan kerusakan apapun dari perangkat senjata kimia, mereka disimpan di luar bandara, dan diangkut ke bandara ketika akan melakukan serangan," kata Zahir Saket kepada surat kabar The Telegraph, Sabtu (15/04).

Ahad, 16/04/2017 21:00 0

Iran

Banjir Bandang di Iran, Setidaknya 30 Orang Tewas

Hujan lebat di provinsi Azerbaijan Timur memicu banjir bandang. Setidaknya, 30 orang tewas dalam banjir disetai hujan petir di wilayah barat laut Iran tersebut pada Sabtu (15/04).

Ahad, 16/04/2017 20:04 0

Indonesia

Gelar Muswil, Syabab Hidayatullah Jatim Perkuat Sistem Kaderisasi Kepemudaan

Pimpinan Wilayah Hidayatullah Jawa Timur, Muhammad Syuhud, menegaskan pentingnya perjalanan kaderisasi dalam berorganisasi.

Ahad, 16/04/2017 18:08 0

Suriah

Kanada Jatuhkan Sanksi Kepada 27 Pejabat Rezim Suriah

Sanksi yang diberikan kepada pejabat rezim Suriah adalah pembekuan aset

Ahad, 16/04/2017 17:26 0