... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Sebelum Bus Pengungsi Meledak, Mobil “Bantuan” Assad Dilaporkan Mendekat

Foto: Bus pengangkut warga Suriah yang akan menuju Idlib meledak.

KIBLAT.NET, Idlib – Ratusan orang tewas atau terluka oleh bom mobil yang meledakkan bus pengangkut warga Suriah di Al-Rasyidin, Aleppo pada Sabtu (15/04). Para penumpang adalah warga yang menjadi bagian dari kesepakatan pertukaran tawanan rezim Assad dengan kelompok Haiah Tahrir Syam.

Koresponden Orient-News, Ammar Jaber melaporkan bahwa sejumlah besar orang tewas dalam ledakan itu, termasuk warga sipil dari Kefraya dan al-Foua. Pejuang oposisi yang melindungi bus dan staf medis dari Bulan Sabit Merah juga tewas oleh bom mobil yang menargetkan rombongan bus tersebut.

Relawan Pertahanan Sipil Suriah mengkonfirmasi bahwa lebih dari 100 tewas, sementara sekitar 500 orang mengalami luka-luka. Mereka bergegas ke tempat kejadian untuk memadamkan api dan mengobati yang terluka. Korban yang terluka diangkut ke titik medis terdekat.

Sejak Jum’at pagi, kesepakatan antara kedua belah pihak sudah mulai berjalan. Warga yang dikepung pasukan Assad dari Madaya dan Zabadani di pedesaan Damaskus dan warga dari Kefraya dan al-Foua di pedesaan Idlib siap untuk meninggalkan rumah mereka. 80 bus telah mencapai Al-Rasyidin, Aleppo yang akan membawa sekitar 3.000 orang dari Kafraya dan al-Foua.

Konvoi “Bantuan” Assad

Kepada Orient-News, sumber lapangan melaporkan bahwa konvoi bus yang membawa orang-orang dari Kefraya dan al-Foua ke titik pertukaran berhenti di al-Rasyidin, sedangkan bus yang membawa orang-orang dari Zabadani dan Madaya berhenti di al-Ramousa, Aleppo Selatan.

BACA JUGA  Rusia Duduki Ladang Minyak Suriah di Deir Zour

Media yang berafiliasi dengan Assad melaporkan bahwa rezim Assad sebeluSebmnya telah mengirim tiga mobil yang diduga sarat bahan makanan dan persediaan medis untuk orang-orang Kefraya dan al-Foua.

“Konvoi ‘bantuan’ ini masuk tanpa diperiksa oleh pejuang oposisi, dan hanya 20 menit kemudian diketahui sarat dengan bahan peledak,” kata sumber tersebut.

Meski demikian, belum diketahui secara pasti pelaku peledakan dan tidak ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan bom mobil ini. Kelompok Ahrar Syam yang sempat mengkritik kesepakatan antara Haiah Tahrir Syam dan rezim Assad tersebut menyatakan kecaman atas insiden ini dan meminta agar pelaku segera diusut.

Reporter: Ibas Fuadi
Sumber: El-Dorar, Orient-News


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Gelar Muswil, Syabab Hidayatullah Jatim Perkuat Sistem Kaderisasi Kepemudaan

Pimpinan Wilayah Hidayatullah Jawa Timur, Muhammad Syuhud, menegaskan pentingnya perjalanan kaderisasi dalam berorganisasi.

Ahad, 16/04/2017 18:08 0

Indonesia

Polisi Tahan Rekening GNPF MUI, Dana Umat Tak Tersalurkan

Ia pun mengatakan, kepolisian mengambil buku tabungan yang dikelola GNPF MUI karena dituding terkait organisasi ISIS.

Ahad, 16/04/2017 17:03 0

Opini

Bara dalam Kampanye Hitam

Kini sebuah pertanyaan besar kini menggelayuti strategi kampanye yang dilakukan oleh tim Ahok dan Djarot. Keberagaman manakah yang mereka maksud, jika justru isi kampanyenya adalah memojokkan umat Islam dan berpotensi memecah belah masyarakat?

Ahad, 16/04/2017 16:51 0

Indonesia

Masyarakat Muslim Tionghoa Bawa Kasus Penghinaan Rasial Gubernur NTB Ke Polisi

Masyarakat Muslim Tionghoa, Mohammad Jusuf Hamka meminta pengacara Farhat Abbas untuk melaporkan kasus penghinaan yang dilakukan Steven

Ahad, 16/04/2017 16:30 0

Indonesia

Gus Sholah: Jangan Sampai Orang Tionghoa Melecehkan Umat Islam dan Pribumi

Menurut Gus Sholah selama ini umat Islam dan orang pribumi sudah cukup bersabar dengan berbagai macam kelakuan orang Tionghoa

Ahad, 16/04/2017 09:18 1

Indonesia

Maafkan Pelaku Penghinaan Rasial, Gus Sholah Puji Gubernur NTB

Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi (MZM) dan istinya Erica Zainul Majdi menjadi sasaran penghinaan rasial di Bandara Changi, oleh seorang penumpang keturunan Tionghoa

Ahad, 16/04/2017 07:58 0

Indonesia

FUI Sulteng: Menyuarakan Khilafah Tak Bisa Disebut Makar

"Kalau mau bicara makar, sana ke Papua yang sudah terang benderang mau memisahkan diri ke NKRI,"

Sabtu, 15/04/2017 21:51 0

Indonesia

Gus Solah: Bukan Lambang Salib, Masjid Ini Bentuknya Letter T

Pimpinan Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Dr. (H.C.) Ir. H. Salahuddin Wahid atau biasa dipanggil Gus Solah mengataka, bahwa Masjid Raya Jakarta KH Hasyim Asy'ari bukanlah berbentuk Salib sebagaimana terlihat dari atas. Menurut penilannya,masjid tersebut berbentuk letter T.

Sabtu, 15/04/2017 21:12 0

Indonesia

Gus Sholah Berharap Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari Bermanfaat untuk Umat

"Ini adalah bentuk penghargaan pemerintah kepada Kiai Hasyim Asy’ari sebagai sosok pahlawan nasional," ujar Gus Sholah di Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari Jakarta, Sabtu (15/4)

Sabtu, 15/04/2017 20:37 0

Indonesia

Ini Alasan Jokowi Pilih Nama KH Hasyim Asy’ari untuk Masjid Raya Jakarta

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan Pimpinan Pondok Pesantren Tebu Ireng, Salahuddin Wahid atau Gus Sholah, Sabtu (14/4), meresmikan Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari Jakarta.

Sabtu, 15/04/2017 20:19 1

Close