... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Laporan AS: Assad Berada di Balik Serangan Kimia Idlib

Foto: Anak Suriah korban serangan senjata kimia di Idlib 4 April 2017

KIBLAT.NET – Rezim Assad telah menggunakan gas sarin untuk membunuh rakyatnya sendiri, menurut laporan intelijen Amerika Serikat. Gedung Putih menuduh Rusia terlibat dalam menutup-nutupi peran rezim Assad dalam serangan senjata kimia pekan lalu, di kota Khan Shaikhun, Idlib Suriah Utara itu.

Sebuah laporan empat halaman yang disiapkan oleh staf Dewan Keamanan Nasional AS dan dirilis oleh Gedung Putih pada Selasa lalu, mengatakan bahwa intelijen AS memiliki bukti pesawat yang menjatuhkan gas sarin di kota Khan Shaikhun pada 4 April lalu berasal dari lapangan udara Shaerat. Shaerat adalah pangkalan udara yang kemudian ditarget oleh Amerika Serikat dengan rudal Tomahawk pada 6 April.

Laporan menunjukkan bahwa pesawat Sukhoi Su-22 milik rezim lepas landas dari pangkalan udara Shaerat membawa bahan kimia. Ia menambahkan bahwa pesawat rezim berada di sekitar Khan Sheikoun sekitar 20 menit sebelum laporan tentang adanya serangan kimia mulai keluar dan daerah itu dikosongkan tak lama setelah serangan.

Selain itu, menurut laporan tersebut, tenaga historis terkait dengan program senjata kimia Suriah telah berada di lapangan udara pada akhir Maret untuk mempersiapkan serangan, dan juga pada hari serangan itu.

Sementara itu, Rusia menutupi kesalahan rezim Assad untuk serangan kimia, kata para pejabat senior Gedung Putih. Mereka menegaskan bahwa rezim Assad berada di bawah tekanan dari kekuatan oposisi di seluruh negeri dan kurang cukup tentara untuk menghadapi. Gas sarin akhirnya digunakan untuk menargetkan pemberontak yang mengancam wilayah rezim.

BACA JUGA  Pengamat: Amerika Kembali Mengkhianati Kurdi

Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson mengatakan Amerika Serikat percaya diri dalam penilaiannya bahwa rezim Assad menggunakan sarin dalam pemboman kota Khan Sheikoun itu.

Di sisi lain, Basyar Assad dalam wawancara dengan media Barat mengklaim bahwa serangan gas sarin di Khan Shaikhun itu seratus persen direka untuk membenarkan serangan Amerika Serikat terhadap Suriah.
Reporter: Salem
Sumber: Syrian Coalition’s Media Department & Agencies

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

FUI Sulteng: Menyuarakan Khilafah Tak Bisa Disebut Makar

"Kalau mau bicara makar, sana ke Papua yang sudah terang benderang mau memisahkan diri ke NKRI,"

Sabtu, 15/04/2017 21:51 0

Indonesia

Gus Solah: Bukan Lambang Salib, Masjid Ini Bentuknya Letter T

Pimpinan Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang, Dr. (H.C.) Ir. H. Salahuddin Wahid atau biasa dipanggil Gus Solah mengataka, bahwa Masjid Raya Jakarta KH Hasyim Asy'ari bukanlah berbentuk Salib sebagaimana terlihat dari atas. Menurut penilannya,masjid tersebut berbentuk letter T.

Sabtu, 15/04/2017 21:12 0

Indonesia

Gus Sholah Berharap Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari Bermanfaat untuk Umat

"Ini adalah bentuk penghargaan pemerintah kepada Kiai Hasyim Asy’ari sebagai sosok pahlawan nasional," ujar Gus Sholah di Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari Jakarta, Sabtu (15/4)

Sabtu, 15/04/2017 20:37 0

Indonesia

Ini Alasan Jokowi Pilih Nama KH Hasyim Asy’ari untuk Masjid Raya Jakarta

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan Pimpinan Pondok Pesantren Tebu Ireng, Salahuddin Wahid atau Gus Sholah, Sabtu (14/4), meresmikan Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari Jakarta.

Sabtu, 15/04/2017 20:19 1

Indonesia

Jokowi Senang Masjid KH Hasyim Asyari Penuh Ornamen Budaya Betawi

Jokowi mengatakan, ia merasa senang dan juga bangga, lantaran masjid yang kini berdiri tegak di atas lahan dua hektar lebih, pondasi bangunannya penuh dengan ornamen khas betawi.

Sabtu, 15/04/2017 17:59 0

Indonesia

Misteri Akun Bahrun Naim di Grup Telegram Katibah Gonggong Rebus

Akhirnya, Gigih memasukkan nomor Bahrun Naim itu ke dalam grup Telegram Katibah Gonggong Rebus (KGR) meski tak mengenal secara personal orang tersebut.

Sabtu, 15/04/2017 17:24 0

Indonesia

Pembangunan Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari Habiskan Dana Rp165 miliar dari APBD

Atas inisiasi Jokowi Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari dibangun di atas lahan seluas 2,4 hektar, total luas bangunan masjid mencapai 16.985,43 meter persegi.

Sabtu, 15/04/2017 17:12 0

Indonesia

Jokowi Tabuh Bedug, Masjid Raya KH Hasyim Asy’ari Resmi Digunakan

Peresmian dihadiri Plt Gubernur DKI Jakarta Soemarsono, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan KH Sholahudin Wahid

Sabtu, 15/04/2017 16:27 0

Rilis Syamina

Laporan Syamina: Negara Islam di Tanah Jawa 1500-1700 M

Berdasarkan fakta sejarah, negara Islam telah ada dan berdaulat di Tanah Jawa pada tahun 1500-1700 M. Jadi bila ada ide atau wacana yang menginginkan kembalinya negara Islam di tanah Jawa (sebagaimana di masa lampau) bukan sebuah ilusi atau utopia,

Sabtu, 15/04/2017 14:15 0

Artikel

Jihad Pakubuwana IV dan Makar yang Menghancurkannya

Pakubuwana IV tampaknya paham betul bahwa konsep ulil amri dalam Islam adalah sinergi antara ulama dan umaraa (penguasa).

Sabtu, 15/04/2017 13:59 0

Close