... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

In Depth

Serangan Udara AS Tewaskan 18 Milisi Kurdi, Kesalahan atau Dimanfaatkan?

Foto: Serangan AS di Suriah.

KIBLAT.NET, Washington – Serangan udara AS di sebelah barat kota Raqqah yang menjadi basis kelompok ISIS dilaporkan menghantam posisi garis depan milisi YPG Kurdi. Serangan salah sasaran ini menewaskan sedikitnya 18 milisi Kurdi dan melukai beberapa lainnya. Akibat insiden tersebut, AS merilis pernyataan belasungkawa yang mendalam, namun mendesak semua pihak untuk tetap fokus memerangi ISIS.

Apa yang sebenarnya terjadi dengan insiden salah target yang menimbulkan korban signifikan  ini masih belum jelas. Pejabat-pejabat AS mengklaim bahwa, sebelumnya sekutu/mitra mereka pasukan anti-Assad memberitahu lokasi yang mereka bom itu adalah posisi pasukan ISIS. Sayangnya, mereka juga tidak memberitahu apa dan siapa terkait keberadaan pasukan lain di lokasi tersebut.

Insiden semacam ini bukan lagi hal aneh bagi AS yang sudah berulang kali mengebom posisi kelompok-kelompok yang notabene adalah sekutunya sendiri di darat. Di samping itu, antar faksi-faksi yang bersaing juga tidak jarang saling mengorbankan dengan memberi informasi penyesatan terhadap jet pembom AS. Kejadian serupa banyak terjadi di beberapa negara, seperti Pakistan.

Selama bertahun-tahun, serangan drone AS sebagian dimanfaatkan oleh kabilah-kabilah untuk menghantam kabilah lainnya yang bersengketa dengan cara memberi informasi yang salah dan mengklaim target itu sebagai posisi “pemimpin al-Qaidah”. Sehingga di samping berperang melawan “teroris”, AS juga terseret dalam perang antar klan.

Dalam kasus Suriah, persaingan dan konflik antar pasukan yang sama-sama didukung AS juga sering terjadi. Faksi-faksi oposisi yang didominasi oleh orang-orang Arab tidak suka dengan YPG Kurdi, terutama faksi-faksi Arab yang didukung oleh Turki. Dari sudut pandang Washington, ketika serangan udaranya “dimanfaatkan” oleh milisi-milisi maupun pasukan sekutu lokal mereka, atau digunakan untuk membunuh pasukan proksi Amerika karena suatu kesalahan teknis adalah sama-sama bermasalah.

BACA JUGA  Turki Hanya Bisa Geram Melihat AS Persenjatai Kurdi Suriah

Oleh karena itu ke depan jika terjadi lagi insiden salah sasaran, Pentagon nampaknya akan lebih banyak lagi membutuhkan permakluman. Semakin banyak permakluman berarti semakin banyak nyawa yang akan dikorbankan.

Reporter: Yasin Muslim
Sumber: Antiwar

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Bashar Assad Sebut Video Korban Serangan Kimia Khan Shaikhoun Palsu

Upaya cuci tangan atas pembantaian rakyat Suriah kembali ditunjukkan Bashar Assad. Dalam serangan senjata kimia di Khan Shaikhoun, ia mengklaim bahwa serangan itu tidak pernah dilakukannya. Bahkan, ia menyebut video-video yang beredar tentang aksi kejam tersebut palsu.

Jum'at, 14/04/2017 17:06 0

Philipina

Militer Filipina: Pemimpin Abu Sayyaf Berniat Menyerahkan Diri

Radullan Sahiron, pemimpin tertinggi Abu Sayyaf di provinsi Filipina selatan, berencana ingin menyerahkan diri. Demikian menurut seorang pejabat keamanan Filipina seperti dikutip World Bulletin, Jum'at (14/04).

Jum'at, 14/04/2017 16:46 0

Indonesia

Polisi Sebut Teror Novel terkait Bisnis Jilbab Online, Dahnil: Itu Lawakan

Terkait hal ini, Dahnil Anzar Simanjuntak menyikapi sikap polisi tersebut sebagai sebuah lawakan. "Itu lawakan, justru dengan cara seperti itu, malah masyarakat tidak percaya dengan polisi," katanya di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jakarta Pusat, Jum'at (14/04).

Jum'at, 14/04/2017 16:08 0

Suriah

Rezim Assad Edarkan Selebaran Fitnah terhadap Syaikh Al-Muhaisini

Pesawat-pesawat tempur Suriah yang dikirim Bashar Assad menjatuhkan selebaran fitnah dari atas kota Idlib. Selebaran dimaksud untuk memfitnah dai asal Arab Saudi yang bertahun-tahun di Suriah, Syaikh Abdullah bin Muhammad Al-Muhaisini.

Jum'at, 14/04/2017 15:10 0

Indonesia

Jum’at Mubarokah, Masjid Al-Islam Bekasi Sediakan Makan Siang Gratis

Masjid Al-Islam, Islamic Center Bekasi, memberikan makan siang gratis bagi jamaah shalat Jum'at. Pemberian makan siang secara cuma-cuma itu telah dilakukan dalam sebulan terakhir.

Jum'at, 14/04/2017 14:26 0

Video Kajian

Khutbah Jum’at : Hati-hati dengan Lisan [Ust. Jayyad Al Faza, S.Pd.I ]

KIBLAT.NET – Lisan merupakan hal yang acapkali menjerumuskan seseorang yang tak bisa menjaganya. Namun, bagi...

Jum'at, 14/04/2017 13:18 0

Indonesia

Tegas Pilih Pemimpin Muslim, Jawara Betawi Ini Ditahan Polisi

KIBLAT.NET, Jakarta- Pembina Jawara Betawi, H. Abu Bakar bin Sadelih yang dilaporkan karena berikrar memilih...

Jum'at, 14/04/2017 11:48 0

Amerika

Ledakkan Bom Terbesar di Dunia, AS Hendak Menakuti Korea Utara?

KIBLAT.NET – Penggunaan MOAB, bom nonnuklir terbesar di Afghanistan, hanya satu minggu setelah serangan rudal...

Jum'at, 14/04/2017 11:17 0

Amerika

Gempur ISIS, Amerika Jatuhkan Bom Terbesar di Afghanistan

KIBLAT.NET – Pasukan AS di Afghanistan menargetkan sebuah terowongan di Afghanistan timur dengan bom terbesarnya....

Jum'at, 14/04/2017 09:08 0

Indonesia

Katibah Gonggong Rebus Meroket Singapura? Begini Cerita Sebenarnya

Katibah Gonggong Rebus pernah menjadi bahan pembicaraan di media massa. Aparat kepolisian menyebut kelompok ini sebagai kelompok radikal karena berencana ingin meroket Singapura.

Jum'at, 14/04/2017 00:58 0