... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Katibah Gonggong Rebus Meroket Singapura? Begini Cerita Sebenarnya

Foto: Katibah Gonggong Rebus disebut-sebut akan meluncurkan roket ke Marina Bay, Singapura (ilustrasi)

KIBLAT.NET, Jakarta – Katibah Gonggong Rebus pernah menjadi bahan pembicaraan di media massa. Aparat kepolisian menyebut kelompok ini sebagai kelompok radikal karena berencana ingin meroket Singapura.

Gigih Rahmat Dewa, salah seorang anggota Katibah Gonggong Rebus dalam sidang lanjutan kasus terorisme di PN Jakarta Timur pada Selasa, (12/04), menceritakan kepada majelis hakim perihal roket-meroket negara tetangga itu.

Di grup aplikasi Telegram, Katibah Gonggong Rebus (KGR) suatu kali akun bernama Abu Aisyah yang diduga milik Bahrun Naim berkata soal roket. Baca juga: Seseorang Diduga Bahrun Naim Berikan Perintah pada Katibah Gonggong Rebus

“BN kan cerita, di Suriah ada banyak roket enaknya diapain,” kata Gigih mengucapkan perkataan akun Abu Aisyah di grup KGR. Sayangnya, Gigih tak bisa mengingat waktu terjadinya perkataan itu disampaikan dalam grup.

Menurut Gigih, hanya dua terdakwa yang menanggapi celetukan akun Abu Aisyah yang dianggap sebagai Bahrun Naim, yaitu Gigih dan Trio. Sementara, yang lain mengaku tak pernah melihat percakapan tentang roket itu.

“Waktu itu saya nimpali gimana kalo ke Marina Bay (Singapura, red) saja roketnya,” kata Gigih. Dia mengaku ucapannya itu hanya spontanitas.

Sementara, anggota lainnya, Trio sempat menyampaikan pertanyaan terhadap celetukan akun Abu Aisyah. “Lalu bagaimana pembuatan roketnya,” ujarnya dalam persidangan.

Trio mengatakan langsung meninggalkan percakapan grup itu, karena menurutnya hal itu tidak mungkin dan hanya sebatas bercanda. Pasalnya, di bagian akhir obrolan muncul ekspresi tertawa di grup KGR.

BACA JUGA  Membedah Vonis Hakim dan Penindakan Jaksa Terhadap Ahok

“Tidak ada follow up,” tandas Trio.

Keenam terdakwa yang disebut bergabung dalam Katibah Gonggong Rebus saat menjalani sidang di PN Jaktim pada Selasa, (12/04).

Gigih Rahmat Dewa disebut menjadi pemimpin kelompok Kitabah Gonggong Rebus di Batam. Dia bersama lima kawannya ditangkap oleh tim Detasemen Khusus 88 Antiteror Kepolisian RI dan Kepolisian Daerah Kepulauan Riau di sejumlah lokasi yang berbeda di Batam, Kepulauan Riau, Jumat pagi, 5 Agustus 2016.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigadir Jenderal Agus Rianto menuding, kelompok ini masih memiliki hubungan dengan jaringan Santoso dan Bahrun Naim.

“Yang bersangkutan bersama BN (Bahrun Naim) pernah merencanakan melakukan serangan teror ke negara tetangga kita, yaitu Singapura,” kata Agus di Markas Besar Polri, Jakarta Selatan, Jumat, 5 Agustus 2016.

Agus menjelaskan, Gigih dan Bahrun ingin menyerang dengan menggunakan roket dari Batam ke Singapura. Namun Agus belum mengetahui alasan Gigih dan Bahrun menyerang Singapura. Menurut Agus, mereka merencanakan serangan itu sebelum Bahrun Naim berangkat ke Suriah.

Agus mengatakan kepolisian mendapatkan informasi awal soal rencana teror itu. “Kami punya data, peralatan, dan informasi,” ujarnya. Kelompok ini, kata dia, sudah diincar sejak lama melalui percakapan telepon.

Sementara itu, Arif SH, kuasa hukum Gigih, Eka, dan Tarmizi dari Tim Pengacara Muslim (TPM) pun menegaskan bahwa pembicaraan untuk meluncurkan roket ke Singapura bukan sesuatu yang serius.

BACA JUGA  Dakwah Tauhid dan Upaya Penegakan Syariat Islam

“Hanya becandaan saja itu. Jadi tuduhan mengenai menyerang Singapura sudah terbantahkan ,” katanya kepada Kiblatnet seusai sidang.

 

Reporter: Imam S.
Editor: Fajar Shadiq

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Sibuk Bertempur Hadapi ISIS, 18 Militan Kurdi Tewas Kena Misil AS

Departemen Pertahanan AS (Pentagon), Kamis (13/04), mengumumkan sedikitnya 18 anggota milisi Pasukan Demokratik Suriah (SDF) tewas akibat kejadian pada Selasa tersebut. Saat itu, berlangsung pertempuran sengit antara milisi sekutu dan ISIS.

Kamis, 13/04/2017 23:00 0

Somalia

Presiden Baru Somalia Seru Al-Shabaab Duduk Berunding

"Pemerintah Somalia siap membuka negosiasi dengan gerakan Al-Shabaab," katanya.

Kamis, 13/04/2017 21:30 0

Suriah

ISIS Klaim Tewaskan Tentara AS di Raqqah

Daulah Islamiyah (ISIS) mengatakan sekitar 20 tentara AS-Kurdi tewas dan luka-luka akibat serangan pasukannya di Raqqah timur, lansir Al-Jazeera pada Kamis (13/04).

Kamis, 13/04/2017 20:15 0

Suriah

Tim Ahli Dunia Mulai Selidiki Senjata Kimia Idlib

Organisasi untuk Pelarangan Senjata Kimia (OPCW) mengirim misi pencari fakta terkait serangan senjata kimia di Idlib

Kamis, 13/04/2017 19:10 0

Tazkiyah

Aduan Arab badui yang Mengundang Amarah Nabi

Dusta itu akan tercatat sebagai dosa anak Adam kecuali dalam tiga perkara; Seorang lelaki yang berdusta kepada istrinya agar ia ridha dengannya, atau orang yang berdusta dalam siasat perang, dan seorang lelaki berdusta di antara kedua orang muslim agar hubungan keduanya menjadi baik

Kamis, 13/04/2017 15:10 0

Suriah

Video Haiah Tahrir Syam Mulai Lakukan Pertukaran Tawanan di Empat Kota

Faksi jihadis Suriah dari Haiah Tahrir Syam mulai melakukan pertukaran tawanan dengan pasukan Rezim Assad di desa Kefraya dan Fau'ah.

Kamis, 13/04/2017 14:31 0

Suriah

Warga Suriah ke Trump: Senjata Kimia Bukan Satu-satunya Masalah Kami

Jika ada yang perlu dijelaskan tentang Suriah kepada dunia terkait serangan AS beberapa waktu lalu, Maka, perang belum berakhir. "Ada sepuluh bandara di Suriah. Kami dapat dibom dari bandara yang berbeda. Senjata kimia bukan hanya satu-satunya masalah kami," kata Sweid yang asli Suriah.

Kamis, 13/04/2017 11:43 0

Turki

Erdogan: Turki Siap Bergabung dalam Perang Raqqah Tanpa Kurdi

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyatakan kesiapan negaranya untuk berpartisipasi dalam kampanye militer melawan ISIS di kota Raqqah, sebelah timur laut Suriah.

Kamis, 13/04/2017 10:33 0

Video Kajian

Nabi Sesat Utusan Manusia [Ust. Abu Rusydan]

KIBLAT.NET – Ada sebuah konspirasi besar nan jahat kepada umat Islam yang tak banyak orang...

Kamis, 13/04/2017 09:38 0

Mesir

Mesir Libatkan Intelijen Rusia untuk Interogasi Tahanan Islamis

Para intelijen Rusia berpindah-indah dari satu tahanan ke tahanan lain untuk menginterogasi tahanan. Mayoritas mereka yang ditangani agen Rusia tersangkut masalah Libya dan Suriah, sebagaimana dikatakan sumber yang menolak disebutkan namanya tersebut.

Rabu, 12/04/2017 22:58 0