Sibuk Bertempur Hadapi ISIS, 18 Militan Kurdi Tewas Kena Misil AS

KIBLAT.NET, Raqqah – Jet tempur koalisi anti ISIS AS kembali meluncurkan serangan salah sasaran. Kali ini, insiden itu terjadi di di kota Thabqah di provinsi Aleppo.

Departemen Pertahanan AS (Pentagon), Kamis (13/04), mengumumkan sedikitnya 18 anggota milisi Pasukan Demokratik Suriah (SDF) tewas akibat kejadian pada Selasa tersebut. Saat itu, berlangsung pertempuran sengit antara milisi sekutu dan ISIS.

Pentagon mengatakan bahwa serangan udara itu diluncurkan atas permintaan pasukan SDF. Pasukan udara koalisi hanya meluncurkan serangan di titik koordinat yang diterima.

Namun koordinat yang disampaikan oleh SDF merupakan lokasi pertempuran. Nahasnya, titik yang diserang merupakan lokasi kemajuan pasukan SDF.

Perkembangan terbaru di Thabqah, Daulah Islamiyah (ISIS) mengatakan sekitar 20 tentara AS-Kurdi tewas dan luka-luka akibat serangan pasukannya di Raqqah timur, lansir Al-Jazeera pada Kamis (13/04).

Melalui media resmi Wakalah A’maq, organisasi pimnpinan Abu Bakar Al-Baghdadi itu mengatakan korban itu jatuh setelah seorang pejuang meluncurkan serangan “istyishadiyah” di dekat kompleks peternakan Qadisiyah.

Masih menurut ISIS, sedikitnya tiga helikopter AS tiba di lokasi untuk mengevakuasi korban anggota mereka.

Pertempuran di Thabqah masih berlangsung sengit antara pasukan SDF dan ISIS. Militer AS memberi dukungan udara dan darat kepada pasukan aliansi milisi Kurdi-Arab itu. Thabqah merupakan daerah strategis bagi ISIS. SDF ingin merebut kota ini untuk memutus jalur logistik gerakan pimpinan Abu Bakar Al-Bahdadi itu.

Reporter: Sulhi El-Izzi
Sumber: Reuters Arabic

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat