ISIS Klaim Tewaskan Tentara AS di Raqqah

KIBLAT.NET, Raqqah – Daulah Islamiyah (ISIS) mengatakan sekitar 20 tentara AS-Kurdi tewas dan luka-luka akibat serangan pasukannya di Raqqah timur, lansir Al-Jazeera pada Kamis (13/04).

Melalui media resmi Wakalah A’maq, organisasi pimnpinan Abu Bakar Al-Baghdadi itu mengatakan korban itu jatuh setelah seorang pejuang meluncurkan serangan “istyishadiyah” di dekat kompleks peternakan Qadisiyah.

Masih menurut ISIS, sedikitnya tiga helikopter AS tiba di lokasi untuk mengevakuasi korban anggota mereka.

Di sumbu lain, anggota ISIS meledakkan bom mobil di kerumunan pasukan Kurdi di barat kota Thabqah, pedesaan Raqqah barat. Akibatnya, sejumlah militan tewas dan luka-luka.

Dalam konteks tersebut, kantor berita Jerman melaporkan bahwa sedikitnya 17 militan Kurdi tewas dalam pertempuran di Thabqah. Pertempuran sengit meletus antara milisi Kurdi dan pasukan ISIS.

Pasukan Kurdi berupaya keras memperluas kontrol di kota Tabqah dan pinggiran Sungai Efrat, yang merupakan wilayah strategis. Pertempuran di dua daerah tersebut hampir setiap hari terjadi. Menyerang dan diserang mewarnai hari-hari pasukan tersebut.

Amerika Serikat telah menempatkan ratusan pasukan untuk mendukung pertempuran milisi sekutunya itu. Pertempuran di Thabqah bertujuan mengisolasi Raqqah dari dunia luar, sebelum operasi militer besar-besaran melibatkan banyak pasukan.

Reporter: Sulhi El-Izzi
Sumber: Al-Jazeera

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat