... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Sisipkan Al-Maidah 51 dan Aksi 212, Marvel Cabut Peredaran Komik X-Men Gold

Foto: Simbol yang merujuk kepada Aksi Bela Islam 212 dan Surat Al-Maidah 51 dimuat dalam adegan komik X-Men Gold #1.

KIBLAT.NET, Jakarta – Perusahaan Marvel bakal mencabut peredaran komik X-Men Gold #1. Kebijakan ini diambil menyusul ditemukannya penyisipan angka dan simbol yang mengarah pada Al-Maidah 51 dan Aksi Bela Islam 212.

Komik yang baru dirilis pada 5 April 2017 itu lantas menuai kontroversi di kalangan masyarakat Indonesia. Pasalnya, X-Men Gold garapan ilustrator asal Indonesia Ardian Syaf memuat isu agama yang sedang hangat di Indonesia.

“Karya yang mencatut (aksi 212 dan Al-Maidah 51) dalam X-Men Gold #1 dimasukkan tanpa pengetahuan arti dibaliknya. Acuan yang tersirat ini tidak mewakili pandangan penulis, editor dan siapapun yang ada di Marvel dan tidak ada oposisi langsung atas ketercakupan Marvel Comics dan apa yang diperjuangkan X-Men sejak awal kreasinya,” ungkap perusahaan asal Amerika Serikat itu seperti dikutip dari Comicbook.

Dalam X-Men Gold #1, Ardian Syaf mengutip angka 212 dalam salah satu laman komik tersebut. Angka ini dianggap merujuk pada Aksi Bela Islam 2 Desember tahun lalu. Simbol itu muncul dalam sebuah adegan ketika mutan Yahudi, Kitty Priyde, menyerukan soal toleransi di tengah keramaian manusia.

Selain itu, juga terdapat adegan dimana anggota X-Men sedang bermain baseball. ‘Clossus’ ketika itu mengenakan kaos bertuliskan “QS 05;51”. Merujuk pada surat Al Maidah ayat 51 yang menegaskan larangan memilih pemimpin non-Muslim.

Penting diketahui, X-Men dibuat oleh Stan Lee dan Jack Kirby yang merupakan Yahudi. Marc Guggenheim, penulis narasi X-Men Gold #1, juga seorang Yahudi. Bahkan dalam kisahnya, X-Men dipimpin oleh karakter bernama Kitty Pryde, seorang mutan Yahudi.

BACA JUGA  Event Muslim United, Ustadz Abdul Somad Bahas Masalah Iman

Sementara itu, belum ada keterangan lebih lanjut apakah Marvel akan memberikan sanksi kepada Syaf. Meningat bahwa Syaf baru saja merampungkan X-Men Gold #2 yang akan dirilis pada 19 April mendatang.

“Karya ini akan kami hapus dari pencetakan, versi digital, dan buku dengan sampul tebal. Sedangkan sanksi pendisiplinan (terhadap Syaf) akan diambil,” pungkasnya.

 

Reporter: Syafi’i Iskandar
Sumber: Comicbook

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Pakistan

Pakistan Jatuhkan Hukuman Mati terhadap Mata-mata India

Pengadilan militer di Pakistan dikabarkan telah menjatuhkan hukuman mati terhadap mata-mata India.

Selasa, 11/04/2017 06:01 0

Opini

Bashar Assad, Sang Penyelamat Donald Trump

Maka, gas beracun yang ditimpakan Assad kepada penduduk sipil di Khan Sheikhoun, secara efektif justru memberikan nafas kehidupan bagi Trump. Ibarat ia akan tenggelam, Assad menjadi orang yang mengulurkan tangan untuknya.

Senin, 10/04/2017 18:51 0

Yaman

Kelompok Syiah Pro-Assad Lakukan Ribuan Pelanggaran HAM di Yaman

"Mayoritas pelanggaran dilakukan oleh pemberontak bersenjata Hutsi dan milisi loyalis presiden terguling Ali Abdullah Saleh, yaitu 4.841 kasus atau 95 persen dari total pelanggaran. Sementara otoritas keamanan melakukan 124 pelanggaran," kata lembaga itu, sebagaimana dikutip Arab News, Senin (10/04).

Senin, 10/04/2017 18:10 0

Afrika

Efek Merger, Serangan JNIM Semakin Intensif Incar Pasukan Perancis

Dari pihak JNIM sebagian besar laporan mereka sesuai dengan pernyataan Perancis. Para jihadis mengatakan bom IEDs telah menghancurkan sebuah kendaraan lapis baja militer Perancis, sementara unit pejuang lainnya berhasil meng-ambush pasukan Perancis sehari kemudian.

Senin, 10/04/2017 17:35 0

Mesir

Presiden Mesir Umumkan Keadaan Darurat

Keadaan darurat diumumkan usai terjadinya serangan di dua Gereja Koptik Mesir

Senin, 10/04/2017 17:20 0

Profil

Abu A’la Al-Maududi, Tokoh Revolusioner Islam Asal Pakistan

Sebuah negara Islam adalah negara Muslim. Tetapi sebuah negara Muslim mungkin bukan sebuah negara Islam sampai konstitusi negaranya berdasarkan Al-Quran dan Sunnah. (Abu A'la Al-Maududi rahimahullah)

Senin, 10/04/2017 17:00 0

Turki

Erdogan Desak Rusia Hentikan Dukungan terhadap Assad

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada hari Sabtu (08/04) meminta Rusia untuk mempertimbangkan kembali dukungannya terhadap rezim Basyar al-Assad menyusul serangan senjata kimia di Idlib awal pekan lalu.

Senin, 10/04/2017 13:09 0

Suara Pembaca

Menemukan Sahabat Masa Depan

Merubah pemikiran hedonis dalam berjuang menentukan sahabat masa depan. Agar sahabat yang dipilih benar-benar membawa suasana yang berkualitas dan dengan harapan bersama menggapai ridha dan Surga Pencipta.

Senin, 10/04/2017 10:45 0

Mesir

Ledakan Bom Guncang 2 Gereja Koptik di Mesir

Ledakan terjadi hampir bersamaan di Tanta dan Alexandria

Senin, 10/04/2017 09:42 0

Mesir

43 Orang Tewas dalam Pengeboman Gereja Koptik di Mesir

Sedikitnya 43 orang tewas dan 119 luka-luka akibat dua ledakan bom dekat gereja pada hari Ahad, (09/04).

Senin, 10/04/2017 09:37 0

Close