... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Hukum Mandi di Hari Jumat, Wajib atau Sunnah?

Foto: Ilustrasi

KIBLAT.NET – Salah satu anjuran sebelum menghadiri Shalat Jumat adalah mandi. Anjuran ini terdapat dalam beberapa riyawat dalam hadis Nabi shallallahu ’alaihi wasalam. Di antaranya riwayat dari Salman Al-Farisi bahwa Rasulullah shallallahu ’alaihi wasalam bersabda:

لاَ يَغْتَسِلُ رَجُلٌ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَيَتَطَهَّرُ مَا اسْتَطَاعَ مِنْ طُهْرٍ وَيَدَّهِنُ مِنْ دُهْنِهِ أَوْ يَمَسُّ مِنْ طِيْبِ بَيْتِهِ ثُمَّ يَخْرُجُ فَلاَ يُفَرِّقُ بَيْنَ اثْنَيْنِ ثُمَّ يُصَلِّي مَا كُتِبَ لَهُ ثُمَّ يُنْصِتُ إِذَا تَكَلَّمَ اْلإِمَامُ إِلاَّ غُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْجُمُعَةِ اْلأُخْرَى

”Tidaklah seseorang mandi pada hari Jumat, lalu ia membersihkan anggota badannya semaksimal mungkin, dan memakai minyak atau memakai wangi-wangian yang ada di rumahnya, kemudian ia berangkat ke masjid, dan ia tidak memisahkan antara dua orang, kemudian ia melaksanakan shalat, dan ketika imam berkhutbah ia pun diam, melainkan dosa-dosanya akan diampuni antara Jumat itu dengan Jumat yang berikutnya’.” (HR. Bukhari)

Selain itu, Rasulullah shallallahu ’alaihi wasalam juga bersabda, ”Jika seorang di antara kalian hendak menghadiri shalat Jumat, hendaknya ia mandi.” (HR. Malik)

Lalu dalam riwayat yang lain dari Abu Said Al-Khudri bahwa Rasulullah shallallahu ’alaihi wasalam bersabda, ”Mandi pada hari Jumat hukumnya wajib bagi setiap orang yang sudah bermimpi (balig).” (HR. Bukhari-Muslim)

Dalam menyimpulkan riyawat-riyawat di atas, para ulama berbeda pendapat tentang hukum mandi itu sendiri, apakah wajib atau sunnah?

BACA JUGA  Shalat Sendiri di Belakang Shaf, Apa Hukumnya?

Pendapat yang Pertama

Hukum mandi pada hari Jumat ialah sunah dan tidak wajib. Inilah pendapat mayoritas ulama. Mereka juga mengatakan, perintah mandi di sini bermakna sunah, dengan beberapa dalil sebagaimana berikut:

  1. Hadits riwayat Hasan, dari Samrah bin Jundub bahwa Nabi Muhammad shallallahu ’alaihi wasalam bersabda:

“Barangsiapa yang berwudhu pada hari Jumat, maka sungguh hal itu mencukupi dan terpuji. Dan barangsiapa yang mandi, maka mandi ialah lebih utama.” (HR. Abu Dawud,  Tirmidzi dan Nasa’i)

Ibnu Abdil Barr mengatakan, “Dengan adanya hadits tersebut, maka bagaimana mungkin hadits Rasulullah shallallahu ’alaihi wasalam yang berbunyi, ‘Mandi pada hari Jumat ialah wajib bagi setiap orang yang sudah bermimpi (balig)’ diamalkan menurut lahirnya? Jelas, maksudnya tidak begitu.”

Kemudian, Ibnu Abdil Barr membacakan hadits yang diriwayatkannya dari Abu Said Al-Khudri tersebut dengan isnadnya, lalu ia berkata, “Perkara ini ialah yang paling jelas dalam menggugurkan wajibnya mandi pada hari Jumat. Selain itu, di dalamnya juga tersirat dalil yang menunjukkan, pemahaman hadits Shafwan bin Muslim (orang yang meriwayatkan hadits, ‘Mandi pada hari Jumat ialah wajib bagi setiap orang yang sudah bermimpi (balig),’ dari Atha`, dari Abu Said, bukan menurut makna lahirnya.

Sementara asal dalam perkara-perkara yang wajib ialah, ia tidak menjadi wajib kecuali dengan keyakinan yang mantap. Karena itu, sesuai dengan yang telah gambarkan di sini, kita tidak menemukan keyakinan dalam hal wajibnya mandi pada hari Jumat.” (At-Tamhîd: XVI/212–214)

BACA JUGA  Berbicara Saat Khubah Jumat Berlangsung, Apa Hukumnya?

Baca halaman selanjutnya: Hadits riwayat Imam Muslim...

Halaman Selanjutnya 1 2
... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Artikel

Riwayat Gas Sarin, Pemusnah Massal yang Populer Selama Perang Dunia II

Sarin tercatat dalam sejarah sebagai senjata pemusnah massal yang pernah diciptakan manusia. Selama masa Perang Dunia Kedua

Jum'at, 07/04/2017 07:56 0

Suriah

Rusia Bantah Gas Beracun Sasar Warga Sipil di Khan Sheikhoun

Moscow berdalih bahwa serangan menargetkan wilayah kontrol oposisi Suriah.

Jum'at, 07/04/2017 07:26 0

Suriah

Gas Beracun Idlib, Begini Kisah Pilu Pria yang Kehilangan 25 Keluarganya

Abdel Hameed Al-Youssef tak lagi bisa melihat senyum merekah dari dari istri dan kedua bayi kembarnya yang baru berusia 9 bulan.

Jum'at, 07/04/2017 07:00 0

Indonesia

Multi Tafsir dan Elastis, Pasal Makar Perlu Direvisi

Pakar Hukum Tata Negara, Margarito menyambut wacana revisi pasal makar. Ia menilai bahwa Pasal 110 juncto Pasal 107 itu layak direvisi, mengingat tidak adanya penjelasan spesifik dalam pasal tersebut.

Jum'at, 07/04/2017 06:33 0

Artikel

Sebuah Genosida yang Tak Terindera

Bahkan dalam beberapa kesempatan perilaku mereka tak kalah “biadab”, genosida yang telah dilakukan Amerika seperti tak terindera oleh mereka. Arab Saudi salah satunya, sebagai negara yang dianggap sebagai “paling nyunnah” dibanding negara anggota OKI lainnya. Justru memposisikan dirinya sebagai teman baik Amerika.

Jum'at, 07/04/2017 06:05 0

Suriah

Menyingkap Gas Beracun, Senjata Pembunuh Sipil di Idlib

Diduga kuat, senjata kimia yang digunakan untuk membunuh sipil Idlib berjenis klorin atau sarin

Jum'at, 07/04/2017 05:09 0

Indonesia

Serangan Gas Beracun Bantai Rakyat Idlib, Indonesia Didesak Kutuk Tragedi HAM Suriah

Aliansi Merah Putih Peduli Suriah mendesak Pemerintah Republik Indonesia mengeluarkan pernyatan sikap mengutuk tragedi HAM berat di Suriah

Jum'at, 07/04/2017 01:24 0

Indonesia

Margarito Kamis: Apa Salahnya Aksi 313 Tuntut MPR Berhentikan Presiden

"Itu (aksi 313, red) hanya orang yang menyuarakan pernyataan secara terbuka, dan bahkan polisi bilang mereka mau datang ke DPR untuk mengubah UUD dan meminta memberhentikan Presiden, karena memang MPR punya wewenang untuk itu"

Jum'at, 07/04/2017 00:28 0

Indonesia

Ketua KAMMI Anggap Kasus Ahok Bukan Penistaan Agama Biasa

Dalam kasus penistaan agama, Ahok seharusnya ditahan karena telah menimbulkan keresahan masyarakat

Kamis, 06/04/2017 23:22 0

Info Event

Seruan Aksi Damai Kemanusiaan Stop Pembantaian Serangan Kimia di Idlib Suriah

Seruan Aksi Damai Kemanusiaan Stop Pembantaian Serangan Kimia di Idlib Suriah

Kamis, 06/04/2017 22:29 0