... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

HNW: Pasal Makar Bisa Lahirkan Hukum Rimba

Foto: Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid

KIBLAT.NET, Jakarta – Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mengatakan bahwa pasal yang mengatur tentang pemufakatan jahat atau makar adalah pasal karet. Dengan artian tanpa ada pembuktian yang jelas, maka seseorang bisa dihukum seumur hidup, dan itu cukup berbahaya.

“Bahayanya, orang bisa ditangkap dan dihukum seumur hidup, tanpa ada pembuktian yang jelas, jika berhubungan dengan pasal karet, nggak ada tolak ukurnya, penangkapan itu berdasarkan kepada kepentingan politik, dan pesanan politik, ataupun like dislike, dekat dengan pemerintah atau tidak, jadi sesuai dengan maunya pemerintah. Ini bukan hukum, tapi hukum rimba,” ungkapnya di DPR RI, Senin (3/4).

Ia menjelaskan bahwa seharusnya polisi menegakkan hukum yang berkeadilan dan berasaskan pada undang-undang dasar dan KUHP, karena semuanya sudah jelas di sana.

“Harusnya polisi penegak hukum yang berbasis pada UUD, UU, dan KUHP. Semuanya jelas dan tidak mungkin abu-abu. Termasuk kejelasan kepala daerah dengan tuntutan 5 tahun dan terlebih lagi, Ahok mengulangi perbuatannya, harusnya diberhentikan sementara, tapi ini nggak,” Ungkapnya.

“Malah, kasus Ahok ini sudah dilaporkan pun gak ada prosesnya. Tapi ini yang melakukan demo yang aman dan damai 313 malah ditangkap dengan tuduhan makar. Ini tidak sesuai dengan prinsip transparansi penegaksn hukum,” pungkasnya.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Hunef Ibrahim

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Irak

Dukungan Udara Berkurang, Operasi Militer Irak di Mosul Barat Melambat

Sumber-sumber keamanan pasukan reaksi cepat militer Irak di Mosul barat, Senin (03/04), mengatakan bahwa operasi militer yang berlangsung selama hampir satu setengah bulan Mosul barat berhenti dalam dua hari terakhir. Sedangkan sumber di pasukan anti-teror menunjukkan bahwa serangan tidak berhenti tapi mengendur karena tidak ada dukungan udara.

Selasa, 04/04/2017 10:30 0

Philipina

Militer Filipina Serbu Tempat Persembunyian Abu Sayaf

Militer Filipina meluncurkan serangan terhadap kamp Abu Sayyaf di wilayah selatan pada Senin (03/04). Operasi ini untuk membebaskan sandera namun tidak diketahui nasib tawanan tersebut.

Selasa, 04/04/2017 09:50 0

Afrika

Organisasi HAM Laporkan Milisi Haftar ke Mahkamah Internasional

Sejumlah Organisasi HAM internasional melaporkan kejahatan milisi Khalifah Haftar di kota Benghazi kepada Mahkamah Pidana Internasional, sebagaimana dilaporkan Al-Jazeera, Senin (03/04). Bukti-bukti berupa foto dan video disertakan dalam laporan tersebut.

Selasa, 04/04/2017 09:15 0

Afrika

Al-Shabaab Somalia Duduki Kota Penting Tanpa Pertempuran

Kota Ailbur, nama kota tersebut, terletak strategis karena menjadi sumbu bagi wilayah kontrol al-Shabaab di selatan dan tengah Somalia. Pasukan Ethiopia bertugas menjaga kota ini di bawah komando pasukan perdamian Afrika.

Selasa, 04/04/2017 08:25 0

Rusia

Bom Meledak di Daerah Kunjungan Vladimir Putin, 10 Orang Tewas

Sedikitnya 10 orang tewas dan 37 lainnya mengalami luka-luka akibat ledakan bom di dalam kerata api di Stasiun bawah tanah kota St Petersburg, Rusia.

Selasa, 04/04/2017 07:25 0

Amerika

Jadi Target Pembunuhan, Dua Wartawan Muslim Seret Donald Trump ke Pengadilan

Jurnalis Bilal Abdul Kareem dan Ahmad Muaffaq Zaidan menyakini, AS telah menyimpan nama mereka ke dalam daftar target yang dibunuh.

Selasa, 04/04/2017 04:34 0

Suriah

Derita Kerugian Berat, Rezim Assad Datangkan Ratusan Milisi Syiah ke Hama

Rezim Suriah kehilangan kendaraan dan puluhan personel militernya dalam pertempuran melawan pejuang Suriah pada hari Ahad (02/04) di sejumlah tempat di pedesaan utara Hama. Pejuang Suriah dilaporkan mengalami kemajuan dengan mengontrol daerah-daerah baru di wilayah ini.

Senin, 03/04/2017 19:46 0

Inggris

Meski Disakiti, Muslimah Bercadar Ini Rela Maafkan Penyerangnya

Seorang muslimah di Sunderland (39 tahun) mendapat perlakuan kasar dari Peter Scotter (55 tahun) saat menunggu suaminya bersama putrinya yang berusia 9 tahun. Peter mendekatinya dan melepas cadarnya dengan paksa.

Senin, 03/04/2017 18:41 0

Afrika

Cegah Keinginan Rakyat Gabung Al-Shabab, Somalia Dorong Investasi Asing

Pemerintah Somalia membuka seluas-luasnya bagi pihak asing untuk berinvestasi di negaranya. Walikota Mogadishu, Yussuf Jimale menawarkan insentif baru untuk perusahaan-perusahaan asing, di antaranya meringankan pajak dan mempermudah pendaftaran perusahaan.

Senin, 03/04/2017 14:21 0

Suriah

Tahrir Al-Syam Rilis Pencapaian Militer dalam Dua Bulan Terakhir

Operasi pertama diluncurkan di Daraa, tepatnya pada 12 Februari 2017. HTS dan faksi-faksi lainnya melakukan serangan besar dengan sandi “Al-Maut la Al-Mudzillah”.

Senin, 03/04/2017 10:51 0

Close