... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Wakil Ketua MPR: Aksi 313 FUI Tak Ada Hubungannya dengan Makar

Foto: Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid. (Foto: Imam S.)

KIBLAT.NET, Jakarta – Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid mempertanyakan langkah polisi yang menangkap pemimpin aksi 313 dengan tuduhan makar. Aksi yang dimotori oleh Forum Umat Islam (FUI) itu dinilainya bukan untuk menggulingkan pemerintah.

Wakil ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid menjelaskan makar memiliki terminologi hukum yang jelas. Suatu tindakan disebut sebagai makar jika terkait dengan menggulingkan pemerintah yang sah, atau menciderai presiden atau wakil presiden.

“Namun apa yang dilakukan oleh FUI kan tidak ada hubungannya dengan makar, tapi adalah ingin penegakan hukum terhadap Ahok. Kan Ahok bukan presiden,” kata Hidayat kepada Kiblat.net, di Gedung DPR/MPR Senayan, Jakarta, Senin(3/4).

Terkait teriakan untuk menduduki DPR, Hidayat menambahkan, hal itu juga bukan bagian dari makar. Pasalnya, perbuatan itu bukan aksi secara langsung.

“Bagaimana dikatakan makar, kan DPR juga bukan presiden, dan bukan termasuk menggulingkan pemerintah,” lanjutnya.

Lantas, orang nomor dua di MPR ini juga menjelaskan bahwa wacana untuk pengembalian hukum pada Undang-undang Dasar yang asli merupakan ide politik. Aparat seharusnya tak menghukuminya sebagai tindakan makar.

Seperti diketahui Sekretaris Jenderal Forum Umat Islam (FUI) Muhammad Al Khaththath ditangkap beberapa saat sebelum digelarnya aksi 313, yaitu pada Jumat (31/3) dini hari. Dengan sangkaan pasal 110 juncto pasal 107 tentang pemufakatan jahat menggulingkan pemerintahan yang sah, pimpinan aksi 313 ini diciduk polisi di hotel Kempinski, Jakarta Pusat. Saat ini dia ditahan bersama empat orang lain yang terlibat dalam aksi 313.

BACA JUGA  Generasi Milenial Diminta Waspada Perang Asimetris

“Ini sudah kebablasan, polisi baiknya kembali pada fungsi dasarnya, hanya menegakkan hukum yang berkeadilan” pungkas Hidayat.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Imam S.

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Derita Kerugian Berat, Rezim Assad Datangkan Ratusan Milisi Syiah ke Hama

Rezim Suriah kehilangan kendaraan dan puluhan personel militernya dalam pertempuran melawan pejuang Suriah pada hari Ahad (02/04) di sejumlah tempat di pedesaan utara Hama. Pejuang Suriah dilaporkan mengalami kemajuan dengan mengontrol daerah-daerah baru di wilayah ini.

Senin, 03/04/2017 19:46 0

Inggris

Meski Disakiti, Muslimah Bercadar Ini Rela Maafkan Penyerangnya

Seorang muslimah di Sunderland (39 tahun) mendapat perlakuan kasar dari Peter Scotter (55 tahun) saat menunggu suaminya bersama putrinya yang berusia 9 tahun. Peter mendekatinya dan melepas cadarnya dengan paksa.

Senin, 03/04/2017 18:41 0

Afrika

Cegah Keinginan Rakyat Gabung Al-Shabab, Somalia Dorong Investasi Asing

Pemerintah Somalia membuka seluas-luasnya bagi pihak asing untuk berinvestasi di negaranya. Walikota Mogadishu, Yussuf Jimale menawarkan insentif baru untuk perusahaan-perusahaan asing, di antaranya meringankan pajak dan mempermudah pendaftaran perusahaan.

Senin, 03/04/2017 14:21 0

Suriah

Tahrir Al-Syam Rilis Pencapaian Militer dalam Dua Bulan Terakhir

Operasi pertama diluncurkan di Daraa, tepatnya pada 12 Februari 2017. HTS dan faksi-faksi lainnya melakukan serangan besar dengan sandi “Al-Maut la Al-Mudzillah”.

Senin, 03/04/2017 10:51 0

Video Kajian

Sudah Sholat & Puasa, Tapi Tetap Fasiq ? [Ust. Abu Rusydan]

KIBLAT.NET – Allah SWT berfirman : قُلْ إِنْ كَانَ آبَاؤُكُمْ وَأَبْنَاؤُكُمْ وَإِخْوَانُكُمْ وَأَزْوَاجُكُمْ وَعَشِيرَتُكُمْ وَأَمْوَالٌ...

Senin, 03/04/2017 10:43 0

Afghanistan

Serangan Tak Akurat Jet Afghanistan Tewaskan Satu Keluarga

Serangan tak akurat militer Afghanistan kembali memakan korban sipil. Tak tanggung-tanggung, korban sembilan orang yang merupakan satu keluarga.

Senin, 03/04/2017 10:08 0

Amerika

Dipecat, Penasehat Keamanan AS Michael Flynn Cari Kekebalan Hukum

Mantan penasehat keamanan nasional Presiden Donald Trump, Michael Flynn pada hari Kamis, (30/03) ditawarkan untuk memberikan kesaksian

Senin, 03/04/2017 09:52 0

Suriah

Ulama Suriah: Yang Dilakukan Koalisi AS di Mosul Perang Salib Gaya Baru

Ulama Ahli Hadits Suriah, Syaikh Abdul Razzaq al-Mahdi, menggambarkan bahwa tewasnya ratusan warga Mosul oleh serangan AS adalah perang Salib terhadap Ahlussunnah, akan tetapi dengan tampilan baru. Ia memperingatkan hal itu jangan sampai terjadi di Suriah.

Senin, 03/04/2017 09:25 0

Myanmar

Kelompok Pejuang Rohingya Tantang Aung San Suu Kyi

"Jika kami tidak mendapat hak kami dan apabila 1 juta, 1,5 juta bahkan seluruh bangsa Rohingya harus mati, kami siap mati," tegas Ata Ullah

Senin, 03/04/2017 06:00 0

Irak

Wakil Pemimpin ISIS Dilaporkan Terbunuh

Militer Irak mengklaim Ayad al-Jumaili, yang diyakini sebagai wakil pemimpin Daulah Islamiyah (ISIS), terbunuh dalam serangan udara di Al-Qaim

Ahad, 02/04/2017 22:16 0

Close