... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Sidang Ranu dan Anggota LUIS, Kuasa Hukum Sebut Dakwaan Jaksa Lemah

Foto: Sidang kedua Ranu dan pengurus LUIS di PN Semarang.

 

KIBLAT.NET, Semarang – Sidang kedua kasus perusakan Café Social Kitchen yang menyeret jurnalis Ranu Muda dan aktivis Laskar Umat Islam (LUIS) digelar di Pengadilan Negeri Semarang, pada Rabu (29/03/2017) .

Agenda sidang kali ini mendengarkan pembacaan eksepsi atau nota keberatan dari pihak LUIS seperti yang disampaikan salah satu pengacara LUIS, kemarin.

“Hari ini agendanya pembacaan eksepsi,” kata Koordinator Tim Advokasi Nahi Munkar (TASNIM), Anis Priyo Anshori saat dikonfirmasi wartawan Islamic News Agency, kantor berita yang diinisiasi Jurnalis Islam Bersatu (JITU).

Eksepsi atau nota keberatan tersebut dibaca langsung oleh masing-masing ke 12 terdakwa.

Kuasa hukum LUIS  menolak sepenuhnya dakwaan yang dibacakan oleh Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) Semarang. Menurutnya, dakwaan yang dibuat jaksa penuntut umum tidaklah cermat, tidak jelas dan tidak lengkap.

“Bahwa dakwaan jaksa penuntut umum tidak menguraikan kejadian peristiwa secara berurutan, tidak lengkap dan sistematis sehingga menyebabkan JPU menjadi kabur dan tidak jelas,” ucap Dwi Harjanto. SH, salah salah satu pengacara LUIS saat memberikan tanggapan dalam sidang tersebut.

Ketidakjelasan jaksa dalam menyusun dakwaan disebut Dwi merupakan pemerkosaan atau pemaksaan kehendak terhadap hak asasi para terdakwa.

Sebelumnya, aparat kepolisian menangkap Ranu Muda pada Kamis, 22 Desember 2016 sekitar jam 01.00 WIB. Wartawan Panjimas ini ditangkap bersama 5 petinggi Laskar Umat Islam Surakarta usai mengirim surat somasi ke Cafe Social Kitchen. Pasalnya, Café tersebut melanggar aturan penjualan miras dan menggelar tarian telanjang.

BACA JUGA  Kemendagri Nilai Pemblokiran Jalan Atasi Corona Kurang Efektif

 

Reporter: Agus Riyanto/INA
Editor: Fajar Shadiq

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Rusia

Ketika Putin Sanjung Presiden Iran di Moskow

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Iran adalah tetangga yang baik dan mitra yang diandalkan.

Rabu, 29/03/2017 18:14 0

Suriah

Lagi, AS Pasok Milisi Kurdi Suriah Kendaraan Lapis Baja dan Peralatan Militer

Menurut laporan media bahwa rombongan truk yang mengangkut kendaraan dan peralatan militer AS pada Selasa (28/03) telah tiba di wilayah milisi sekutu utama AS di Suriah itu melalui pintu perlintasan Saemalka, yang menghubungkan Suriah dengan wilayah otonom Kurdistan Irak.

Rabu, 29/03/2017 17:44 0

Asia

Yogi Adityanath Dinilai Akan Sukseskan Program Hindutva, India Tanpa Muslim

Hindutva, secara kasar diterjemahkan sebagai "Hinduness", yaitu upaya untuk menciptakan tanah air Hindu yang bebas dari para pemeluk agama selain Hindu.

Rabu, 29/03/2017 13:33 0

Pakistan

Amnesty: Pasukan India Bertindak Sewenang-wenang di Kashmir

Amnesty International mengatakan bahwa pasukan keamanan India menggunakan kekuatan berlebihan dan bertindak sewenang-wenang terhadap para demonstran di Jammu dan Kashmir.

Rabu, 29/03/2017 12:17 0

Irak

Nasib Terduga ISIS di Mosul: Bebas Penuh Luka atau Pulang Tinggal Nama

Menurut laporan portal berita Al-Hayat, yang mengonfirmasi ke lapangan, warga yang dicurigai ditangkap oleh dinas keamanan dua lembaga keamanan pemerintah tersebut untuk diinterogasi. Mereka baru dilepaskan setelah dipastikan tidak ada bukti keterkaitan dengan

Rabu, 29/03/2017 11:21 0

Afghanistan

Taliban Rilis Peta Wilayah yang Dikuasai

Taliban juga mengakui masih ada sejumlah wilayah luas di Afghanistan yang belum mereka kontrol secara penuh. Laporan bertajuk "Prosentase Wilayah yang dikuasai Mujahidin" ini dipublikasikan oleh Komisi Urusan Budaya di bawah Imarah Islam pada hari Ahad (26/03) melalui situs resmi Voice of Jihad.

Rabu, 29/03/2017 10:18 1

Suara Pembaca

Santriwati Penghafal Al-Qur’an Alami Kelainan Pembuluh Darah di Otak, Mari Bantu!

Sarah (13), salah satu santriwati Pondok Pesantren Ummul Mukminin Aisyah Bogor ini dikenal teman-temannya dan para ustadz-ustadzah adalah santri yang penuh semangat. Namun di balik senyum cerianya, Sarah menyimpan sakit yang membuatnya harus istirahat total dari kegiatan belajar.

Rabu, 29/03/2017 08:39 0

Suriah

Pasukan Elit Tahrir Al-Syam Serbu Barak Milisi Hizbullah Lebanon

"Sekelompok anggota unit pasukan elit HTS menyerbu lokasi Hizbullah di pos Al-Kush di kawasan Jurud Falithah di Qalamun barat," kata kantor berita Iba'.

Rabu, 29/03/2017 07:40 0

Yaman

Yaman Mengklaim Tangkap Tokoh Senior Al-Qaidah Semenanjung Arab

Penangkapan terhadap tokoh senior AQAP dilakukan setelah militer Yaman menyerang sebuah rumah di pedesaan Hadramaut

Selasa, 28/03/2017 21:28 0

Rusia

Intensitas Serangan Pejuang Suriah Meningkat, Iran-Rusia Perkuat Kerjasama Militer

Hubungan militer antara Rusia dan Iran semakin meningkat. Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif, mengatakan bahwa Rusia dapat menggunakan pangkalan militer Iran untuk meluncurkan serangan udara terhadap gerilyawan di Suriah.

Selasa, 28/03/2017 20:10 0

Close