... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Jokowi Diminta Klarifikasi Pernyataan Pemisahan Politik dan Agama

Foto: Presiden Joko Widodo

KIBLAT.NET, Jakarta – Pernyataan presiden terkait pernyataan pemisahan agama dengan politik telah memicu polemik dan beragam komentar. Karenanya, Joko Widodo diminta memberikan penjelasan terkait hal itu.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Jokowi menekankan pentingnya kerukunan saat berpidato di Titik Nol Pusat Peradaban Islam Nusantara, Barus, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Jumat (24/3). Dia berpesan agar tak ada pertikaian antarsuku dan antaragama ada pertikaian.

Jokowi pun mengakui masih ada gesekan kecil yang terjadi saat pemilihan kepala daerah. Hal ini tak terlepas dari persoalan suku hingga agama. Ia pun menegaskan persoalan politik dan agama harus dipisah, tidak boleh disatukan.

“Inilah yang harus kita hindarkan. Jangan sampai dicampuradukkan antara politik dan agama, dipisah betul, sehingga rakyat tahu mana yang agama, mana yang politik,” katanya.

Pernyataan itu segera memicu tanggapan beragam dari berbagai kalangan. Muhammadiyah turut memberikan tanggapan dan menegaskan politik tak bisa dipisahkan dari agama.

“Tidak bisa politik secara umum dipisahkan dari agama, dan agama juga tidak bisa dipisahkan dari politik,” kata ketua PP Muhammadiyah Prof. Yunahar Ilyas.

Yunahar pun meminta presiden memberikan penjelasan terkait pernyataannya tersebut. Seharusnya, kata dia, presiden memberikan penjelasan atas apa yang dimaksud.

“Harusnya pak presiden memberikan klarifikasi,” tandasnya.

Reporter: Imam S.
Editor: Wildan Mustofa

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Asia

Yogi Adityanath Dinilai Akan Sukseskan Program Hindutva, India Tanpa Muslim

Hindutva, secara kasar diterjemahkan sebagai "Hinduness", yaitu upaya untuk menciptakan tanah air Hindu yang bebas dari para pemeluk agama selain Hindu.

Rabu, 29/03/2017 13:33 0

Pakistan

Amnesty: Pasukan India Bertindak Sewenang-wenang di Kashmir

Amnesty International mengatakan bahwa pasukan keamanan India menggunakan kekuatan berlebihan dan bertindak sewenang-wenang terhadap para demonstran di Jammu dan Kashmir.

Rabu, 29/03/2017 12:17 0

Irak

Nasib Terduga ISIS di Mosul: Bebas Penuh Luka atau Pulang Tinggal Nama

Menurut laporan portal berita Al-Hayat, yang mengonfirmasi ke lapangan, warga yang dicurigai ditangkap oleh dinas keamanan dua lembaga keamanan pemerintah tersebut untuk diinterogasi. Mereka baru dilepaskan setelah dipastikan tidak ada bukti keterkaitan dengan

Rabu, 29/03/2017 11:21 0

Afghanistan

Taliban Rilis Peta Wilayah yang Dikuasai

Taliban juga mengakui masih ada sejumlah wilayah luas di Afghanistan yang belum mereka kontrol secara penuh. Laporan bertajuk "Prosentase Wilayah yang dikuasai Mujahidin" ini dipublikasikan oleh Komisi Urusan Budaya di bawah Imarah Islam pada hari Ahad (26/03) melalui situs resmi Voice of Jihad.

Rabu, 29/03/2017 10:18 1

Suara Pembaca

Santriwati Penghafal Al-Qur’an Alami Kelainan Pembuluh Darah di Otak, Mari Bantu!

Sarah (13), salah satu santriwati Pondok Pesantren Ummul Mukminin Aisyah Bogor ini dikenal teman-temannya dan para ustadz-ustadzah adalah santri yang penuh semangat. Namun di balik senyum cerianya, Sarah menyimpan sakit yang membuatnya harus istirahat total dari kegiatan belajar.

Rabu, 29/03/2017 08:39 0

Suriah

Pasukan Elit Tahrir Al-Syam Serbu Barak Milisi Hizbullah Lebanon

"Sekelompok anggota unit pasukan elit HTS menyerbu lokasi Hizbullah di pos Al-Kush di kawasan Jurud Falithah di Qalamun barat," kata kantor berita Iba'.

Rabu, 29/03/2017 07:40 0

Yaman

Yaman Mengklaim Tangkap Tokoh Senior Al-Qaidah Semenanjung Arab

Penangkapan terhadap tokoh senior AQAP dilakukan setelah militer Yaman menyerang sebuah rumah di pedesaan Hadramaut

Selasa, 28/03/2017 21:28 0

Rusia

Intensitas Serangan Pejuang Suriah Meningkat, Iran-Rusia Perkuat Kerjasama Militer

Hubungan militer antara Rusia dan Iran semakin meningkat. Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif, mengatakan bahwa Rusia dapat menggunakan pangkalan militer Iran untuk meluncurkan serangan udara terhadap gerilyawan di Suriah.

Selasa, 28/03/2017 20:10 0

Artikel

Neraca Loyalitas, dari Abu Ubaidah bin Jarrah Hingga Donald Trump

elajar dari Abu Ubaidah bin al-Jarrah dan Donald Trump akan betapa pentingnya neraca yang kita gunakan sebagai panduan loyalitas. Salah kita memilih neraca, maka salah pula kita dalam memilih teman.

Selasa, 28/03/2017 19:00 0

Suriah

Kabar dari Salma, Pejuang Suriah Jatuhkan Helikopter Assad di Latakia

Pejuang Suriah berhasil menjatuhkan sebuah helikopter tempur milik rezim Bashar Assad di pedesaan Latakia pada Senin (27/03) pagi. Helikopter terbang setelah menjatuhkan birmil ke kawasan pemukiman warga.

Selasa, 28/03/2017 14:52 0

Close