... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Tokoh Al-Qaidah Qari Yasin Gugur, Taliban: Kami Kehilangan Seorang Guru

Foto: Taliban

KIBLAT.NET, Islamabad – Taliban Pakistan membenarkan bahwa salah satu tokoh senior Al-Qaidah, Qari Muhammad Yasin gugur akibat serangan drone AS. Kepergiannya menjadi duka mendalam bagi Taliban.

Qari Muhammad Yasin terbunuh akibat serangan drone milik Amerika Serikat di daerah Laman, Paktika pada Ahad, 19 Maret 2017 lalu. Pernyataan ini dikeluarkan oleh juru bicara Taliban Pakistan, Mohammad Khurasani.

“Kami Taliban Pakistan, turut berduka yang mendalam atas syahidnya para korban dan seorang sahabat sekaligus guru terhormat,” ungkap Khurasani seperti dilansir The Long Journal, pada Rabu (22/03).

Menurut penuturan Khurasani, Yasin merupakan orang kepercayaan dan pelatih yang amat dihormati pejuang-pejuang Taliban. Bagi Taliban, Yasin merupakan seorang sahabat.

“Yasin adalah salah satu sahabat terdekat Shaheed Amjad Farooqi, tokoh terkenal dalam dunia jihad Pakistan,” ungkap Khurasani.

Muhammad Yasin memiliki hubungan dengan Farooqi. Ia disebut-sebut sebagai otak dibalik dua upaya pembunuhan terhadap Presiden Pakistan Pervez Musharraf pada Desember 2003. Farooqi juga dikenal sebagai anggota Sipah-e-Sahab Pakistan, Harakat-ul-Ansar yang kemudian berganti menjadi Harakat-ul-Mujahideen dan Jaish-e-Mohammed.

Yasin memiliki kedekatan dengan Farooqi yang merupakan tokoh kunci kelompok yang dikenal sebagai Punjabi Taliban. Kelompok yang membawahi berbagai faksi jihad Pakistan yang selaras dengan Al-Qaidah. Khurasani menjelaskan bahwa Yasin menjabat sebagai Komandan Punjabi Taliban.

Punjabi Taliban dipimpin oleh Asmatullah Muawiya. Usamah bin Laden mengatakan bahwa kelompok ini merupakan perserikatan sejumlah sayap militer Al-Qaidah.

BACA JUGA  Teroris Penyerang Masjid Selandia Baru Serukan Aksi Supremasi Kulit Putih dari Penjara

Khurasani menceritakan bahwa Muhammad Yasin merupakan seorang pelatih Jihad di bidang elektronik. Murid-muridnya hingga saat ini masih berperan dalam bidang itu.

Khurasani menambahkan bahwa Yasin cukup antusias berpartisipasi dalam berbagai operasi jihad di Pakistan. Termasuk serangan di markas tentara Pakistan (GHQ). Yasin dianggap sebagai otak strategi dan serangan.

Reporter: Syafi’i Iskandar
Sumber: The Long War Journal

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Bentrokan Demo Santa Clara Dipicu Provokasi

Demo penolakan pendirian Gereja Santa Clara Bekasi awalnya damai, dan berubah menjadi ricuh setelah ada provokasi

Sabtu, 25/03/2017 21:10 0

Indonesia

Catat! Ini Jadwal dan Lokasi Ceramah Akbar Dr. Zakir Naik Di Indonesia

Dalam safari dakwahnya, Dr. Zakir Naik setidaknya akan menyambangi lima kota

Sabtu, 25/03/2017 15:44 3

Tarbiyah Jihadiyah

Talbis Musuh dalam Penegakan Syariat Islam

Itulah yang terjadi saat ini. Syiar-syiar Islam tetap ditegakkan. Puasa Ramadhan masih berjalan, bahkan kuota haji ditambah dan didirikan badan-badan pengelola zakat. Masjid-masjid tetap dibangun tetapi inti ajaran Islam diubah secara total, sedang tidak sedikit umat Islam yang tidak menyadarinya.

Sabtu, 25/03/2017 11:04 0

Indonesia

KPK Sebut Uang 100 Juta Siyono Mandek di PPATK

Proses hukum uang dugaan gratifikasi yang melibatkan Densus 88 terkait kematian Siyono dikabarkan terhenti di Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK)

Jum'at, 24/03/2017 22:04 1

Indonesia

Kokam Geruduk KPK, Dahnil Anzar Simanjuntak: Kami Menagih Hutang

'Kawal KPK Berani' oleh Kokam bertujuan untuk menagih hutang yang dijanjikan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi terkait dugaan gratifikasi Densus 88.

Jum'at, 24/03/2017 21:34 0

Indonesia

Pemuda Muhammadiyah ke KPK: Jangan Takut Berantas Korupsi!

Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan kepada seluruh personil KPK agar tidak perlu takut untuk memberantas korupsi. Meskipun ada oknum yang ingin melemahkan KPK.

Jum'at, 24/03/2017 20:04 0

Indonesia

Ma’arif NU: ‘Radikalisasi’ di Sekolah Melalui Kegiatan Keagamaan

Ia menilai bahwa pemahaman radikal yang pertama ditanamkan adalah berkaitan dengan kegiatan yang sudah lumrah di Indonesia. Misalnya menyebut ziarah kubur dan hormat bendera itu syirik.

Jum'at, 24/03/2017 19:30 1

Indonesia

Masjid di Bandung ini Menyediakan Minuman Hangat Gratis bagi Jamaah Jum’at

Adalah Masjid Istiqomah yang menyediakan minuman gratis kepada jamaah shalat Jum'at. Minuman yang disediakan diantaranya adalah kopi, susu, dan teh.

Jum'at, 24/03/2017 18:34 0

Indonesia

Ini Nama-nama Korban Kericuhan Demo Protes Gereja Santa Clara Bekasi

Aksi demontrasi di depan Gereja Santa Clara di Jalan Lingkar Bekasi Utara, Kelurahan Harapan Baru, Bekasi Utara antara aparat dengan massa umat Islam berujung kisruh.

Jum'at, 24/03/2017 18:04 0

Munaqosyah

Pro Kontra Menyolatkan Jenazah Pemilih Pemimpin Kafir

Di sini terjadi penghakiman/vonis nifak terhadap muslim yang memilih orang kafir sebagai pemimpin. Apakah sesederhana itu memvonis orang sebagai munafik? Terlebih vonis itu dilakukan tanpa pengkajian dahulu terhadap objek vonis.

Jum'at, 24/03/2017 18:00 0

Close