Tiga Hari Operasi Hama, Oposisi Berhasil Merebut 11 Desa

KIBLAT.NET, Damaskus – Faksi-faksi oposisi dibawah komando Haiah Tahrir Syam (HTS) pada Selasa (22/03) lalu, telah mendeklarasikan serangan gabungan untuk merebut Hama dari rezim Suriah.

Seperti dilansir Arabi21 pada Jumat (24/03), kurang dari tiga hari, pejuang oposisi telah mencapai desa Qomhana yang berjarak 8 km (5 mil) dari Hama.  Sedangkan menurut Observatarium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, itu menjadi keberhasilah operasi terbesar oposisi Suriah di Bulan ini.

Pejuang oposisi berhasil memperluas wilayahnya hingga hanya beberapa kilometer dari kota Hama dan bandara militer. Direktur Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, Remi Abdurahman menuturkan bahwa serangan oposisi sejak Selasa lalu, berhasil merebut kontrol 11 desa dan kota.

Sedangkan angkatan udara Rusia membombardir sejumlah titik di pintu masuk utara Hama.  Serangan bertujuan untuk memperkuat pertahanan pasukan rezim Suriah  dari pejuang yang semakin mendekat ke kota Hama.

“Sekarang telah dimulai serangan udara dan darat yang fokus menargetkan kelompok-kelompok bersenjata, markas militer dan jalur pasokan,” ungkap sumber militer Suriah.

Reporter: Syafi’i Iskandar
Sumber: Arabi21

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat