... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Ini Enam Faksi Oposisi Suriah yang Aktifkan Kembali Front Hama

KIBLAT.NET, Hama – Pejuang Suriah meluncurkan serangan baru di kota Hama pada Selasa (21/03). Setidaknya enam faksi oposisi terlibat dalam pertempuran ini. Sandi yang digunakan “Wa Qul I’malu”.

Keenam faksi itu terdiri dari Islamis dan faksi di bawah naungan Free Syrian Army (FSA). Mereka adalah Hai’ah Tahrir Al-Syam (HTS), Al-Hizb Al-Islami At-Turkistani (keduanya faksi Islamis), Jisyun Nasr, Jaisy Idlib Al-Hurr, Jaiysul Izzah dan Faksi Abna’ Al-Syam (empat sisanya di bawah FSA). Namun HTS dilaporkan menjadi pemain inti.

Portal berita pro oposisi Suriah, enabbaladi.net, melaporkan bahwa pejuang HTS, Jaisyun Nasr, Jaisy Idlib Al-Hurr dan Al-Hizb Al-Islami At-Turkistani menggulirkan pertempuran di persimpangan timur Hama. Sementara faksi sisanya bergerak dari sisi barat laut kota tersebut.

Serangan yang diluncurkan sangat cepat sehingga berhasil mengontrol banyak titik. Bom Instisyhad dari pejuang HTS di basis militer Suriah menjadi penanda pertempuran dimulai.

Berdasarkan laporan pada Rabu siang (22/03), sejumlah kota dan titik penting yang berhasil dibebaskan, kota Shuran, Khathab, Ruhbah sekaligus sejumlah markas militer di sekitarnya, Subin dan Asy-Syair. Kota-kota ini berada di pedesaan Hama barat laut.

Tidak hanya itu, pejuang juga mendominasi kontrol di jalan lintas kota yang menghubungkan Hama dan Muharridah. Pejuang juga mulai mendekati kota-kota lainnya yang mengarah ke pusat Hama.

Kantor media HTS menjelaskan bahwa tujuan utama pertempuran Hama memasuki pusat kota. Selanjutnya membuka jalan menuju wilayah oposisi di pedesaan Homs Utara, yang terkepung.

BACA JUGA  PBB Kecam Penggunaan Senjata Terlarang oleh Rezim Assad

Faksi-faksi pejuang Suriah mundur dari Hama pada April 2013 silam. Militer rezim berhasil merebut kota itu setelah jalur-jalur utama di pinggiran kota diputus. Tak ada pasokan logistik dan amunisi dari wilayah lain memaksa pejuang menarik diri.

Pertempuran Hama ini diluncurkan beberapa hari setelah operasi di Damaskus. Sejumlah media menyebut, operasi “Wa Qul I’malu” ini bertujuan mengurangi tekanan rezim di ibukota.

Reporter: Sulhi El-Izzi
Sumber: enabbaladi.net

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Tazkiyah

Bahkan Burung Pun Menyertainya Saat Berzikir

Namanya Muhammad bin Ali bin Abi Manshur Abu Ja’far Al-Ashbahani. Ia bergelar Jamaluddin, wakil gubernur kota Mosul. Ia senang bersedekah dan berbuat baik. Sungguh besar jasanya yang ia tinggalkan bagi kota Mekah dan Madinah.

Rabu, 22/03/2017 17:33 0

Tazkiyah

Ngaku Muslim Tapi Masih Mencari Tuntunan Selain Islam?

Al-Qur’an adalah kalamullah yang diturunkan sebagai penyempurna bagi kitab-kitab samawi sebelumnya. Ia merupakan sumber ajaran umat islam. Petunjuknya menyeluruh mencakup seluruh aspek hidup manusia. Karena itu, tak pantas bagi seorang mukmin merasa ada yang kurang dengan al-Qur’an lalu mencari petunjuk lain dari kitab-kitab sebelumnya.

Rabu, 22/03/2017 11:26 0

Indonesia

Polisi Juga Diminta untuk Memproses Hukum Iwan Batak

Dalam kasus ini, Komisioner Komnas HAM, Maneger Nasution mengatakan bahwa polisi hendaknya berlaku adil dan profesional dalam bertugas. Dalam hal penegakan hukum, hendaknya menindak semua yang diduga melakukan tindakan pidana.

Rabu, 22/03/2017 10:50 0

Video Kajian

Generasi Kebangkitan Islam Menurut Sayyid Quthb

KIBLAT.NET –  Sayyid Quthb merupakan seorang ulama Mesir ternama  yang sudah menulis banyak buku. Banyak...

Rabu, 22/03/2017 09:42 0

Indonesia

Jadi Saksi Pihak Ahok, KH Ahmad Ishomuddin Sebut Sikap Keagamaan MUI Picu Demo

KH Ahmad Ishomuddin juga menyebut sikap keagamaan MUI jadi pemicu laporan masyarakat terkait penistaan agama yang dilakukan Ahok

Rabu, 22/03/2017 09:15 0

Indonesia

Yayasan Keadilan Untuk Semua Sambut Positif Kedatangan IHH

Kedatangan IHH ke Indonesia memperjelas bahwa tuduhan Kapolri soal dana GNPF MUI disalurkan ke kelompok teroris tidak benar

Rabu, 22/03/2017 08:12 0

Indonesia

Merasa Terganggu Atas Tuduhan Kapolri, Alasan IHH Datang Ke Indonesia

Kapolri diminta klarifiksi pernyataan yang menuduh IHH salurkan dana bantuan kemanusiaan ke kelompok teroris di Suriah

Rabu, 22/03/2017 07:39 0

Indonesia

DPR Minta Kepolisian Teliti Soal IHH

DPR akan segera menyurati Kapolri soal informasi tentang IHH

Rabu, 22/03/2017 07:24 0

Indonesia

Fadli Zon: Hubungkan IHH dengan Teroris, Suatu Hal yang Berbahaya

Fadli Zon: Hubungkan IHH dengan Teroris, Suatu Hal yang Berbahaya

Selasa, 21/03/2017 20:08 0

Indonesia

IHH Temui DPR RI Klarifikasi Tuduhan Dana Teroris

Oleh karena itu, Fadli Zon mengaku akan mengirimkan surat kepada kepolisian tentang klarifikasi dan keberatan yang dilayangkan oleh IHH.

Selasa, 21/03/2017 19:28 0

Close