... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

Khazanah

Bahkan Burung Pun Menyertainya Saat Berzikir

Foto: Ilustrasi

KIBLAT.NET – Tahun 559 H.

Namanya Muhammad bin Ali bin Abi Manshur Abu Ja’far Al-Ashbahani. Ia bergelar Jamaluddin, wakil gubernur kota Mosul. Ia senang bersedekah dan berbuat baik. Sungguh besar jasanya yang ia tinggalkan bagi kota Mekah dan Madinah.

Ia mengalirkan mata air ke padang Arafah, membangun pabrik-pabrik, membangun masjid Khaif, membangun pagar kota Madinah, membangun jembatan di atas sungai Dajlah di pulau Ibnu Umar dari batu pahatan, besi dan timah, serta membangun banyak lahan ternak.

Setiap hari ia selalu bersedekah di depan pintu rumahnya sebanyak 100 dinar. Ia tebus para tawanan dalam setiap tahunnya dengan harta 10.000 dinar. Ia santuni para ahli fikih dan fakir miskin yang ada di Baghdad dan kotakota lainnya.

Pada tahun 585 H, ia dipenjara. “Seekor burung putih pernah hinggap sebelum kematian Jamaluddin. Burung itu senantiasa menemaninya dan ia senantiasa berzikir kepada Allah sampai meninggal pada bulan Sya’ban tahun 585 H. Setelah itu burung itu pun terbang. Jamaluddin dikuburkan di sebuah tempat yang ia bangun untuk dirinya sendiri di kota Mosul,” tulis ….dalam kitab …. berdasarkan cerita orang yang pernah tinggal bersama Jamaluddin.

Antara ia dan Asaduddin Syirakuh bin Syadzi pernah terjadi persaudaraan. Masing-masing berjanji bahwa siapa di antara keduanya yang meninggal terlebih dahulu, hendaklah yang lain membawa jasadnya ke kota Madinah Al-Munawwarah. Asaduddin pun membawa jasad Jamaluddin dari kota Mosul ke kota Madinah dengan diangkat di atas pundak beberapa orang laki-laki.

Setiap kali melewati suatu daerah, para penduduk daerah tersebut mendoakannya dan memohonkan rahmat untuknya serta memuji kebaikannya. Kemudian ia pun dishalatkan oleh penduduk Mosul, Tikrit, Baghdad, Hillah, Kufah, Fiyad, dan Mekah. Lalu jasadnya dibawa berkeliling di sekitar Ka’bah. Setelah di shalatkan, jasadnya dibawa ke kota Madinah untuk dimakamkan. Yaitu di sebelah timur masjid Nabawi.

“Jarak antara kuburannya dan kuburan Nabi hanya lima belas hasta,” ujar Ibnul Jauzi dan Ibnu Sa’i.

Penulis : Dhani El_Ashim

Diambil dari  Ajaib wa Tharaif Ibrat-Tarikh karya Hasan Ramadhan

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Asia

Pendeta Hindu Ekstremis Anti-Islam Jadi Pemimpin di India

Adityanath adalah tokoh ekstremis Hindu yang kontroversial. Ia dikenal tokoh anti-Islam, di mana Islam sendiri menempati hampir 20 persen dari populasi negara. Adityanath diketahui memiliki senjata api dan pernah menyerukan pemerkosaan terhadap Muslimah yang meninggal dunia.

Rabu, 22/03/2017 15:34 0

Rusia

Frustrasi dan Minim Dukungan, Rusia Mungkin Segera Keluar dari Suriah

KIBLAT.NET – Meskipun Rusia mampu mempertahankan dukungan militer untuk Presiden Basyar Assad, frustrasi telah tumbuh...

Rabu, 22/03/2017 14:52 0

Suriah

Pejuang Suriah Rebut 2 Kota dan Hancurkan 2 Jet Tempur di Hama

Dalam operasi serangan pada Selasa (21/03) tersebut, pejuang berhasil mengambil alih dua kota dan menghancurkan dua jet tempur rezim Assad di pangkalan udara Hama.

Rabu, 22/03/2017 13:47 0

Suriah

Halau Pandangan Jet Tempur Assad, Warga Ghauta Timur Gunakan Strategi Bakar Ban

Warga di Ghauta Timur memiliki strategi khusus untuk menghalau pandangan jet tempur Assad dan Rusia yang menargetkan daerah pemukiman di sana. Diketahui, serangan di wilayah tersebut kian intens seiring kemajuan pejuang Suriah di Damaskus timur.

Rabu, 22/03/2017 13:13 0

Inggris

Selain AS, Inggris dan Kanada Juga Terapkan ‘Electronic Ban’ dari Negara Timteng

Inggris dilaporkan juga mengadopsi larangan perangkat elektronik -seperti laptop atau kamera- dalam penerbangan dari beberapa negara-negara Timur Tengah dan Afrika Utara.

Rabu, 22/03/2017 12:38 0

Afghanistan

Serangan Taliban Tewaskan 6 Anggota Intelijen Afghanistan

Setidaknya enam anggota unit intelijen Afghanistan tewas ketika bom mobil Taliban menargetkan pos militer di provinsi Helmand selatan. Serangan ini diakui oleh juru bicara Taliban, Qari Yusouf Ahmadi.

Rabu, 22/03/2017 12:01 0

Indonesia

Polisi Juga Diminta untuk Memproses Hukum Iwan Batak

Dalam kasus ini, Komisioner Komnas HAM, Maneger Nasution mengatakan bahwa polisi hendaknya berlaku adil dan profesional dalam bertugas. Dalam hal penegakan hukum, hendaknya menindak semua yang diduga melakukan tindakan pidana.

Rabu, 22/03/2017 10:50 0

Suriah

Biadab! Kekerasan Seksual Telah Digunakan sebagai Taktik Penindasan di Suriah

KIBLAT.NET – Perkosaan sistematis, kekerasan seksual dan pelecehan telah dilakukan oleh pasukan propemerintah di Suriah,...

Rabu, 22/03/2017 10:19 0

Video Kajian

Generasi Kebangkitan Islam Menurut Sayyid Quthb

KIBLAT.NET –  Sayyid Quthb merupakan seorang ulama Mesir ternama  yang sudah menulis banyak buku. Banyak...

Rabu, 22/03/2017 09:42 0

Indonesia

Jadi Saksi Pihak Ahok, KH Ahmad Ishomuddin Sebut Sikap Keagamaan MUI Picu Demo

KH Ahmad Ishomuddin juga menyebut sikap keagamaan MUI jadi pemicu laporan masyarakat terkait penistaan agama yang dilakukan Ahok

Rabu, 22/03/2017 09:15 0

Close