... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Ditahan Kasus Pengeroyokan Pendukung Ahok, Ruby Tak Diberi Pakaian Menutup Aurat

Foto: Ali Lubis, Wakil Ketua ACTA [sumber: suara.com]

KIBLAT.NET, Jakarta – Ruby Peggi Prima, warga Kalianyar Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, diduga mengalami pelanggaran HAM dalam penahanan di Polres Jakarta Barat. Pemuda yang juga aktif sebagai guru ngaji itu ditahan atas tuduhan mengeroyok pendukung Ahok, pertengahan bulan ini.

Tim Andvokat Cinta Tanah air (ACTA) mengungkapkan bahwa Ruby diperlakukan tidak manusiawi dalam penahanan di Polres Jakbar. Dia digunduli dan hanya dibolehkan memakai celana pendek.

Ali Lubis, Wakil Ketua ACTA yang sekaligus sebagai penasihat hukum Ruby, dalam rilisnya kepada Kiblat.net pada Senin (20/03) mengungkapkan bahwa keluarga sempat menjenguk Ruby dua hari setelah penahanan. Saat itu, sang membawakan pakaian ganti dan juga perlengkapan salat seperti sarung dan sajadah.

“Ibunya Ruby datang ke Polres hari Selasa (14/03), namun oleh polisi nggak dizinkan untuk bertemu, akhirnya barang-barang itu dititipkan ke polisi jaga,” ungkap Ali.

Ia mengatakan bahwa masih di hari yang sama, sekitar pukul 10.00 Ibu Euis datang lagi ke Polres Jakbar, namun kali ini didampingi oleh perwakilan dari ACTA. Lagi-lagi, ia dan kuasa hukum tidak diperkenankan bertemu dengan Ruby.

Esok harinya (Rabu, 15/3), lanjut Ali, ibu Euis kembali mendatangi Polres Jakarta Barat yang juga ditemani pengacara ACTA. Sekitar pukul 16.00, akhirnya sang ibu dijinkan. Setelah menunggu satu jam, orang tua dan anak itu pun bertemu.

“Namun dalam keadaan rambutnya yang sudah di gundul dan barang titipan berupa pakaian ganti serta perlengkapan untuk salat berupa sarung dan sajadah juga dikembalikan oleh Polisi kepada orang tuanya,” jelas Ali.

“Pada saat itu Ibu Euis dan Adik dari Rubby sempat melihat di CCTV ada tahanan salat bercelana pendek sehingga diprotes oleh salah seorang Advokat ACTA. Pihak polisi secara garis besar menyatakan hal tersebut sudah protap dan kalau ACTA mau protes silahkan disampaikan kepada atasan,” pungkasnya.

Polres Jakarta Barat menahan Ruby Peggi Prima pada Senin (13/03) atas dugaan pengeroyokan pendukung Ahok, Iwan. Menurut informasi, pengeroyokan ini akibat tindakan provokasi dari Iwan. Saat itu, Iwan meneriakkan “hidup Ahok” di dekat telinga seorang ibu tua. Sontak saja, provokasi itu menyulut kemarahan sang anak dan sejumlah warga yang ada di lokasi. Pengeroyokan pun tak terhindarkan.

Menurut pengakuan keluarga, Ruby pada saat itu berupaya melerai. Akan tetapi, ia ditahan oleh polisi seusai kejadian. Sementara pelaku pengeroyokan sudah melarikan diri.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Hunef Ibrahim

... shares
Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Somalia

Tragis, Diserang Helikopter Puluhan Pengungsi Somalia Tewas di Atas Perahu

Puluhan pengungsi Somalia tewas di atas perahu setelah diberondong tembakan oleh helikopter dan kapal militer.

Senin, 20/03/2017 21:32 0

Suriah

Terkepung 2 Tahun, Anak-anak Suriah Ini Yakin Ada Celah Untuk Cahaya

KIBLAT.NET – “Sesulit apa pun penderitaan, kita akan menemukan celah untuk cahaya.” Inilah slogan untuk...

Senin, 20/03/2017 20:53 0

Suriah

Ini Daerah Strategis yang Direbut Pejuang Suriah dalam Pertempuran “Ya Ibadullah Utsbutuu”

"Pejuang Faylaq Ar-Rahman bersama faksi pejuang lainnya, melancarkan serangan terhadap pasukan rezim yang berada di timur kota Damaskus. Serangan diluncurkan dari arah kawasan sisi utara Jobar, yang dikendalikan oleh oposisi," kata Wa'il Ulwan, juru bicara Fraksi Faylaq Ar-Rahman yang aktif di Damasku dan pedesaannya, kepada Anadolu Agency.

Senin, 20/03/2017 19:38 0

Iran

Cara Iran Yakinkan Rakyat atas Intervensinya di Suriah

Dalam hal ini, Iran menyebut mereka yang bertempur di Suriah sebagai pembela "kuil suci", mengacu masjid Sayida Zainab di pinggiran selatan Damaskus. Dari sini, sentimen dan citra keyakinan dibangkitkan. Karena bagi penganut Syiah, Sayida Zainab adalah sosok yang diagung-agungkan.

Senin, 20/03/2017 16:53 0

Amerika

Wakil Putra Mahkota Saudi Sebut Trump Teman Sejati Muslim

Wakil Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Mohammed bin Salman tidak percaya bahwa peraturan larangan imigrasi kontroversial Amerika Serikat menyerang Islam secara khusus.

Senin, 20/03/2017 16:13 0

Timur Tengah

Netizen Marah Hastag “Kami Muslim, Kami Penyuka Sejenis” Muncul di Twitter

Para pengguna Twitter marah melihat hastag dukungan terhadap kaum homoseksual muncul di laman mereka. Hal yang paling membuat mereka marah adalah hastag itu telah mengatasnamakan Islam.

Senin, 20/03/2017 15:45 0

Philipina

Pasukan Filipina Serang Dua Desa di Maguindanao, 10 Pejuang Muslim Terbunuh

asukan Filipina telah menembak mati setidaknya 10 pejuang Muslim Bangsamoro dalam serangan selama dua hari dari darat dan udara di tempat persembunyian mereka di provinsi selatan.

Senin, 20/03/2017 15:10 0

Info Event

Hadirilah! Tabligh Akbar: Mewaspadai Kebangkitan Ideologi Anti Islam

KIBLAT.NET – Komunisme sempat “mati suri” pasca runtuhnya Uni Sovyet dan komunis Eropa Timur. Namun...

Senin, 20/03/2017 14:21 1

Amerika

Pangeran Arab Saudi Bertemu Trump, Ini yang Dibahas

Wakil putra mahkota kerajaan Arab Saudi, Mohammed bin Salman bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Gedung Putih pada Selasa (14/03). Selain itu, pangeran Saudi juga bertemu dengan Menteri Pertahanan AS Jim Mattis di Pentagon.

Senin, 20/03/2017 13:14 0

Video Kajian

Tadzkirah : Jangan Remehkan Kebaikan Kecil

KIBLAT.NET – Bisa dicerna oleh akal, sesuatu hal yang kecil memang tak ada harganya. Padahal,...

Senin, 20/03/2017 11:46 0